Jenis Ikan Laut

Indonesia merupakan negara yang memiliki kawasan maritim yang sangat luas, tentunya memiliki sumber daya laut yang sangat melimpah. Dengan luas laut yang membentang dari Sabang sampai Merauke, banyak sekali jenis ikan laut yang banyak hidup di lautan indonesia.

Kira kira, ikan apa sajakah yang kamu tahu dan sudah pernah mengonsumsinya? Daripada penasaran, langsung saja ke topik pembahasan di bawah :

Jenis Jenis Ikan Laut yang Banyak Dikonsumsi Masyarakat Indonesia

1. Ikan Tongkol

Ikan Tongkol Segar

Jenis ikan laut yang pertama ini, pastinya sudah tidak asing di telinga kalian semua, ya ikan ini memang sangat populer di indonesia.

Ikan ini banyak disukai dan dikonsumsi oleh kebanyakan masyarakat kita, biasanya ikan ini dipasarkan dalam bermacam varian, mulai dari ikan segar, asin, asap (fufu), asin rebus (pindang)

2. Ikan Bandeng

Ikan Bandeng Segar

Ikan yang kedua ini juga merupakan ikan konsumsi yang populer, tak hanya di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara, karena merupakan daerah penyebaran ikan ini.

Ikan yang hidup di perairan payau dan pantai ini bisa ditemukan dengan mudah di pasar pasar tradisional maupun supermarket.

Tentunya jika ikan sudah masuk ke pasar supermarket harga ikan bandeng lebih mahal lagi, namun untuk masalah kualitas, tidak perlu diragukan lagi.

3. Ikan Bawal

Ikan Bawal

Ikan ini termasuk ikan air payau, yang bisa hidup di Air tawar dan juga air laut. Ikan ini masuk ke daftar ikan laut yang paling banyak dikonsumsi masyarakat indonesia.

Ikan ini banyak dipasarkan dalam bentuk segar dengan harga yang lumayan tinggi. Namun manfaat yang didapat dengan mengonsumsi ikan ini sebanding kok, karena ikan ini memiliki citarasa yang lezat dan memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk tubuh.

4. Ikan Kembung

Ikan Kembung

Ikan ini merupakan ikan yang berasal dari keluarga ikan tuna, cakalang dan juga tongkol, namun ukurannya lebih kecil daripada yang lain.

Dan secara harga ikan kembung juga jauh lebih murah. Dengan harga yang relatif murah, kamu sudah bisa mengonsumsi ikan ini.

Ikan Kembung bisa dibuat aneka olahan masakan, diantaranya yang paling sering adalah digoreng, dipepes, ataupun dibuat pesmol ikan kembung.

5. Ikan Tenggiri

Ikan Tenggiri

Ikan ini juga sangat terkenal di indonesia, bahkan saat ini ikan ini menjadi komoditas ekspor.

Ikan Tenggiri banyak diolah menjadi pempek, tahu, bakso, kerupuk, siomay, tekwan, otak otak dan aneka olahan ikan lainnya. Citarasa yang lezat membuat banyak orang menyukai ikan.

6. Ikan Sarden

Ikan Sarden Segar

Jika mendengar nama ikan sarden pastinya kita akan membayangkan ikan yang biasa dijual dalam kalengan, namun tentunya citarasa yang didapatkan berbeda jika mengonsumsi olahan ikan yang masih segar.

Tentu ikan yang masih segar, tidak mengandung bahan pengawet dan zat kimia lainnya, selain itu manfaat yang terkandung di dalam ikan, jauh lebih baik, karena belum hilang karena tidak melalui berbagai proses pengolahan.

7. Ikan Salmon

Ikan Salmon

Ikan salmon juga termasuk ikan yang cukup banyak dikonsumsi masyarakat indonesia, ikan salmon kerap kali dibuat menjadi aneka olahan masakan yang enak dan lezat.

Selain itu, salmon juga dipercaya sebagai sumber protein yang baik, serta kandungan omega 3 dalam salmon baik untuk meningkatkan kemampuan daya ingat otak.

8. Ikan Teri

Ikan Teri Jengki

Walaupun ukurannya kecil, namun jangan salah ikan ini mempunyai banyak sekali manfaat loh, salah satunya banyak yang menyebutkan baik untuk kesehatan jantung, tulang dan juga mampu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

Ikan Teri sangat mudah ditemukan di pasar tradisional, dalam kondisi segar, kering ataupun yang sudah diolah menjadi ikan asin.

Ikan Teri sangat dikenal dengan olahan masakan yang sangat fenomenal yaitu untuk dicampurkan dengan sambal maupun kacang.

9. Ikan Kakap

Ikan Kakap Merah

Ikan ini juga merupakan favorit masyarakat indonesia. Ikan kakap terdapat 2 jenis, yaitu Kakap Merah dan Kakap Putih. Namun yang paling banyak ditemukan di pasaran hanya kakap merah, dan harganya juga lebih murah.

Selain itu para chef profesional pun banyak yang lebih memilih kakap merah daripada putih, karena lebih mudah dimasak dan mudah dipadukan dengan aneka bumbu masakan.

10. Ikan Tuna

Ikan Tuna

Indonesia merupakan salah satu penghasil ikan tuna paling besar di dunia, dan menjadi komoditas ekspor yang menggiurkan di negeri kita.

Ikan Tuna segar, selain dibuat untuk bahan olahan Sushi dan Sashimi, juga kerap kali diolah dengan kuah kuning, saus teriyaki, sup, saus tiram, tongseng, dan juga bumbu balado.

11. Ikan Cakalang

Ikan Cakalang

Ikan ini mirip dengan ikan tongkol dan memiliki warna yang lebih terang, sehingga banyak yang menyebutnya dengan nama Ikan Tongkol Putih, namun kamu bisa dengan mudah membedakannya dari bentuk tubuhnya yang lebih berisi daripada tongkol.

Olahan masakan favorit dari ikan ini adalah Cakalang rica rica suwir, Cakalang sambal dabu dabu, Cakalang santan pedas, Cakalang suwir pedas, Cakalang Kecap pedas, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Jenis Jenis Ikan Air Tawar

12. Ikan Kerapu

Jenis ikan laut yang ke sebelas adalah ikan kerapu, ikan yang rasanya lezat dan gurih ini, memiliki cukup banyak peminatnya. Ikan ini biasanya dipasarkan dalam bentuk segar, kering, hingga asinan. Harganya pun beragam.

13. Ikan Makarel

Ikan Makarel Segar

Ikan Makarel juga menjadi salah satu ikan laut yang cukup banyak diminati oleh sebagian masyarakat indonesia.

Ikan yang ukurannya kecil panjang ini dikenal memiliki kandungan asam lemak omega 3 dan omega 6 yang cukup tinggi. Ikan ini juga banyak dijual dalam bentuk segar, fillet, asinan, hingga yang sudah dikeringkan.

Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.