Ikan Air Tawar

Diposting pada

Ikan Air Tawar merupakan jenis ikan yang paling sering kita temui di sekitar kita, daripada ikan laut.

Umumnya hampir semua ikan air tawar bisa dikonsumsi dan bisa menjadi sumber protein yang sangat baik untuk tubuh manusia.

Ada banyak sekali macam macam ikan yang bisa dikonsumsi, mulai dari yang paling terkenal diantaranya adalah ikan lele, ikan gurame, ikan patin, ikan mujair dan lain sebagainya.

Dan pada kesempatan ini Suka Ikan akan membahas mengenai Jenis Jenis Ikan Air Tawar yang paling banyak dikonsumsi masyarakat indonesia.

1. Ikan Lele

Ikan Lele

Seperti kita tahu ikan lele menjadi ikan yang paling banyak dikonsumsi, oleh karena itu banyak sekali orang yang berlomba lomba membudidayakan ikan lele.

Ikan Lele memiliki ciri khas yang cukup ikonik, yaitu memiliki kumis yang panjang. Ikan ini sering diolah dengan cara digoreng, dibakar ataupun olahan ikan lele lainya.

Ada banyak alasan yang membuat ikan ini banyak disukai oleh banyak orang, selain dagingnya yang lembut dan enak, harga ikan lele juga terbilang cukup murah.

2. Ikan Patin

Ikan Patin

Ikan air tawar yang satu ini merupakan salah satu ikan lokal asli indonesia. Ikan yang memiliki bentuk tubuh memanjang, dengan warna tubuh putih perak dengan punggung yang berwarna kebiruan.

Ikan ini juga cukup banyak dikonsumsi oleh masyarakat indonesia, banyak sekali olahan ikan patin yang enak dan lezat, mengingat harga ikan patin tidak terlalu mahal, ikan ini dapat menjadi pilihan ikan konsumsi di rumah.

3. Ikan Gurame

Ikan Gurame

Ikan yang satu ini juga termasuk ke dalam salah satu ikan air tawar konsumsi yang disukai oleh banyak orang.

Ciri ciri fisik ikan ini adalah memiliki bentuk tubuh pipih dan melebar, serta mempunyai sisik yang cukup rapat.

Ikan ini memiliki daging yang sangat padat dan terdapat duri duri yang cukup besar, yang berada di tengah tubuhnya, karena ukurannya yang besar, saat memakan ikan ini akan lebih mudah memisahkan duri dengan daging ikannya.

4. Ikan Mas

Ikan Mas

Untuk jenis ikan air tawar ini sendiri terdapat 2 jenis, yaitu ikan mas hias dan ikan mas konsumsi.

Bentuk tubuh ikan mas konsumsi tegak dan pipih, memiliki ukuran sisik normal dan sirip yang panjang.

Tesktur daging ikan ini yang lembut, membuat ikan ini cocok diolah menjadi gulai dan pepes ikan mas.

5. Ikan Bawal

Ikan Bawal Air Tawar

Ikan yang masih satu keluarga dengan ikan piranha ini memiliki bentuk tubuh yang pipih dan lebar, dengan warna tubuh hitam dan oranye.

Ikan Bawal memiliki testur daging yang cukup tebal dan dengan duri halus yang cukup banyak di tubuhnya, jadi apabila mengonsumsi ikan ini harus lebih berhati hati.

6. Ikan Mujair

Ikan Mujair Segar

Ikan yang satu ini juga dikenal memiliki rasa yang sangat nikmat apabila diolah menjadi berbagai masakan, makanya tak heran ikan ini menjadi ikan yang banyak diminati oleh kebanyakan orang.

Ikan ini merupakan ikan yang banyak ditemukan di perairan air tawar, namun ikan ini juga dapat hidup di air payau. Bahkan saat ini ikan mujair sudah banyak dibudidayakan dan menghasilkan ikan yang berkualitas.

7. Ikan Sidat

Ikan Sidat

Jika kamu belum tahu yang namanya ikan sidat, pasti akan mengira bahwa ikan ini adalah belut, karena memang bentuk tubuhnya sangat mirip.

Perbedaan yang cukup mudah untuk diamati antara ikan sidat dengan belut adalah pada bagian kepalanya.

Pada ikan sidat bentuk kepalanya pipih serta memiliki kumis pendek. Sedangkan belut, tidak memiliki kumis dan bentuk kepalanya cenderung runcing ke depan.

8. Ikan Gabus

Ikan Gabus

Ikan yang satu ini juga banyak ditemui di sungai sungai, rawa maupun danau.

Bentuk tubuhnya lumayan besar, memiliki kepala menyerupai kepala ular dan warna tubuhnya hitam keabuan dengan adanya bercak putih di seluruh tubuhnya.

Ikan ini banyak dicari karena dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, selain itu rasa daging ikan ini juga lembut dan gurih.

9. Ikan Nila

Ikan Nila

Ikan Nila memang masih satu jenis dengan ikan mujair, jadi tak heran warna dan bentuk tubuhnya sangat mirip dan banyak kesulitan membedakannya.

Ikan ini juga sangat populer dan menjadi ikan favorit banyak orang, selain itu harga ikan nila juga masih cukup terjangkau dibanding ikan ikan lain.

10. Ikan Tawes

Ikan Tawes

Ikan Tawes atau Ikan Lawak merupakan jenis ikan air tawar yang banyak ditemukan di sungai dan anak anak sungai, hingga di waduk waduk.

Ikan ini memiliki perawakan yang cukup besar dan memiliki teskstur daging yang cukup tebal.

Ikan air tawar ini sangat enak apabila dijadikan olahan pecak ikan tawes, ikan tawes pedas manis, maupun di goreng dan dibakar.

11. Ikan Betok

Ikan Betok

Ikan ini umumnya banyak ditemukan di sungai kecil, parit, persawahan, rawa, dan juga kolam kolam terbuka.

Meskipun ikan ini tidak sepopuler ikan yang lain, bagi mereka yang umumnya tinggal di daerah pedesaan pasti familiar dengan nama ikan ini.

Ikan yang sangat mudah ditemukan, terutama di daerah pesawahaan ini juga ternyata memiliki citarasa yang enak dan gurih.

Baca Juga : Ikan Hias Air Tawar

Demikian tadi sudah kami bahas mengenai Daftar Ikan Air Tawar yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, dari daftar yang sudah disebutkan di atas, kamu paling suka makan ikan yang mana gaes?

Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.