Neon Tetra merupakan ikan yang paling banyak diminati karena keindahan warnanya yang dapat menyala dan merupakan ikan yang paling populer untuk digunakan di dalam aquascape.

Karena selain indah dan cantik, ikan ini juga memiliki sifat yang tenang dan tidak merusak. Tentunya, ikan ini menjadi pilihan terbaik bagi kamu yang mempunyai aquascape dan ingin menambah keindahannya dengan ikan hias cantik yang satu ini.

Ikan cantik ini juga merupakan ikan yang dikenal sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya, jadi tidak sulit untuk memelihara ikan hias yang satu ini.

Asal Usul dan Habitat Neon Tetra

Neon Tetra yang merupakan jenis ikan hias ai tawar, ikan hias cantik ini merupakan ikan yang asalnya dari perairan Amerika Selatan tepatnya di sekitar lembah Amazon.

Termasuk anak sungai dari Solimões yang memiliki suhu air diantara 20 hingga 26° C (68 ° F dan 79). Ikan ini memiliki nama latin Paracheirodon innesi, yang merupakan ikan hias air tawar dari keluarga Characin (Characidae).

Ciri Ciri Ikan Neon Tetra

Ciri Ciri Ikan Neon Tetra

Ikan ini merupakan ikan hias yang suka berkelompok, ukuran badannya relatif kecil yang hanya sekitar 4 sampai 5 cm saja.

Salah satu ciri khas paling menonjol dari ikan ini adalah waranya yang mengkilap dan bisa telihat meskipun dalam keadaan gelap.

Pada bagian punggung ikan berwarna gelap, sedangkan tubuhnya memiliki warna merah kecoklatan, dan bagian perutanya terlihat berwarna perak.

Serta, sepanjang tubuhnya, terdapat garis membentang mulai dari belakang mata hingga ke pangkal ekornya.

Kesulitan Memelihara Ikan Neon Tetra

Ikan Hias Neon Tetra merupakan yang sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, yang terpenting adalah kondisi akuarium tetap terjaga kebersihannya dan makanan tetap tercukupi.

Untuk masalah makanan, ikan ini merupakan ikan yang bisa memakan apa saja yang ada di dalam akuarium. Namun sebaiknya jangan terlalu sering memberikan pakan alami, karene berseiko akuarium menjadi cepat keruh.

Cara Memelihara Neon Tetra di Akuarium

Cara Memelihara Ikan Neon Tetra

Perawatan Ikan Hias ini tidak membutuhkan penangan khusus yang rumit, kamu cukup mempersiapkan akuarium yang cukup luas atau tergantung jumlah ikan yang akan dipelihara.

Pasanglah filter yang mampu membersihkan akuarium dengan baik, hal ini sangat penting karena apabila air keruh, resko serangan berbagai macam penyakit menjadi lebih besar.

Karena di habitat aslinya ikan ini hidup di tempat yang gelap dan dasarnya banyak berserakan akar akar pohon dan tanaman di sekitar sungai.

Untuk mengakali hal ini, pilihan terbaik adalah menambahkan tanaman akuatik, desain sedemikian rupa supaya ikan neon bisa berlindung di sekitarnya, tempatkan di dasar dan sudut sudut akuarium.

Cara Memijahkan Ikan Neon Tetra

Persiapkan Akuarium khusus untuk pemijahan, isikan dengan air sekitar 10 liter untuk 1 pasang neon tetra dan 20 liter jika ingin memijah beberapa pasang ikan.

Usahakan akuarium ini tidak terpapar cahaya atau setidaknya taruh ditempat yang minim cahaya, atau bisa dengan menutupi akuarium.

Dan untuk tanaman, kamu bisa menaruh lumut, hal ini berujuan agar ikan neon betina bisa lebih nyaman dalam bertelur di sana. Dan juga berikan tanaman akuatiuk untuk berlindung ikan betina saat akan mengeluarkan telur.

Sebaiknya kamu melakukan pemijahan, dimulai malam hari, karena ikan akan mulai berkembangbiak pada pagi hari buta.

Setelah pemijahan berhasil, segera pisahkan induk ikan neon dari akuarium tersebut, karena dikhawatirkan indukan akan memakan telurnya sendiri.

Kemudian kurangi air di dalam akuarium, atur ketinggian air setidaknya 7 hingga 10 cm saja. Setelah itu bibit ikan tidak boleh terkena cahaya, karena masih sangat sensitif dan dikhawatirkan bisa mematikan bibit ikan tersebut.

Setelah sekitar 7 hari larva ikan mulai keluar dari telurnya dan mulai berenang kesana kemari dan pastikan tidak terdapat lendir di permukaan air akuarium, supaya juvenile ikan bisa bernafas dengan mudah.

Berikan makan juvenile dengan infusoria dan kuning telur, dan jangan memberikan secara berlebihan. Setelah sekitar 14 hari, mulai tambahkan air secara bertahap.

Dan jangan menggunakan filter akuarium, karena 8ikan masih berukuran sangat kecil, sangat rentan ikan akan tersedot masuk ke dalam akuarium.

Makanan Ikan Neon Tetra

Makanan Ikan Neon Tetra

Untuk membantu tumbuh kembang ikan, kita harus memberinya dengan asupan makan yang bernutrisi.

Karena ikan ini merupakan ikan hias kecil yang mungil, tentunya kamu harus memberikan pakan yang ukurannya kecil juga, seperti jentik nyamuk, cacing darah, atau bisa juga memberikan pakan khusus neon tetra.

Makanan Alami Ikan Neon Tetra

1. Cacing Sutra

Makanan Alami Ikan Neon Tetra - Cacing Sutra

Kandungan protein yang terkandung dalam cacing sutra sangat baik untuk membantu pertumbuhan ikan neon supaya sehat dan lebih cepat besar. Pakan alami ini juga sangat baik diberikan untuk burayak / anakan ikan neon tetra.

2. Cacing Darah

Pakan Ikan Neon Tetra - Cacing Darah

Makanan alami yang satu ini juga baik untuk pertumbuhan neon tetra loh, apalagi sangat bagus untuk menambah kecantikan ikan hias.

Selain manfaatnya yang sangat baik untuk ikan hias, cacing darah juga cukup mudah untuk ditemukan di toko ikan hias.

3. Artemia

Artemia

Pakan yang satu ini merupakan spesies dari udang renik yang dikenal dalam bahasa inggris dengan sebutan brine shrimp. Makanan ini juga sangat baik untuk membantu pertumbuhan ikan dan menjaga kekebalan ikan dari serangan penyakit.

Namun untuk menemukan pakan alami ikan hias yang satu ini bisa dibilang gampang gampang susah.

4. Kutu Air

Kutu Air

Pakan yang satu ini memang menjadi makanan alami yang paling umum diberikan, selain itu neon tetra juga sangat menyukainya.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Neon Tetra

Pakan Pabrikan / Pakan Buatan

1. Tetra Bits

Pakan Tetra Bits

Merk pakan ikan hias ini merupakan produk yang berkualitas dan sangat baik untuk ikan neon tetra. Warna, bentuk dan aroma, bahan baku sudah menggunakan kualitas terbaik.

Tetra Bits sudah lama dikenal dan menjadi pakan ikan hias terbaik untuk berbagai macam ikan hias, salah satunya neon tetra. Salah satu keunggulan Tetra Bits adalah mampu meningkatkan warna ikan menjadi lebih cantik dan menarik.

2. XTera

Pakan Tetra Bits

Merk makanan ikan neon tetra ini juga masuk ke dalam kategori pakan yang berkualitas dan sangat baik untuk ikan hias neon, serta mampu meningkatkan keagresifan dan kecantikan ikan.

3. PK – BIT

Pakan Tetra Bits

Nah yang ketiga ini juga menjadi rekomendasi pakan ikan neon tetra yang berkualitas dan mampu meningkatkan kecantikan ikan hias neon tetra.

Tips Memberi Makan Ikan Neon Tetra

Dalam memberikan makan, tentunya memberikan makan sesuai usianya, jika ikan masih burayak berikan makan kecil seperti kuti air dan cacing sutra.

Dan setelah sudah cukup dewasa barulah memberikan makan ikan dengan makanan alami lainnya atu dengan memberikan pakan pabrikan.

Dalam memberikan makanan juga tidak boleh berlebihan, karena bersiko mengganggu kesehatan ikan, selain itu bisa mengotori akuarium dan menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya.

Sebaiknya memberikan makan tidak boleh terlalu sering, untuk ikan neon tetra, sebaiknya berikan makanan cukup 2 kali sehari saja.

Nah sudah tahu kan pakan yang bagus untuk ikan neon tetra apa saja? Muali dari Pakan alami hingga pakan pabrikan memiliki keunggulan dan kekurangannya masing masing.

Makanan alami, memang menjadi pilihan yang tepat dan sangat bagus untuk ikan neon tetra, namun jika memberikannya terlalu sering, bisa menimbulkan berbagai serangan bakteri berbahaya yang menyebabkan berbagai macam penyakit ikan neon tetra.

Untuk itu sebaiknya memberikan makanan alami dan pakan pabrikan selang seling, selain itu juga agar ikan neon tetra tidak bosan dengan makanan yang itu itu saja.

Ikan Yang Cocok dengan Neon Tetra

Ikan Yang Bisa Digabung dengan Neon Tetra

Karakteristik ikan ini adalah memiliki sifat yang tenang, namun meskipun begitu ikan hias ini merupakan ikan yang suka hidup berkelompok.

Tapi jangan sekali kali menggabungkan ikan neon tetra dengan ikan yang bersifat agresif dan berukuran lebih besar, karena beresiko akan dimakan oleh ikan tersebut.

Ikan yang cocok digabungkan dengan ikan neon seperti ikan platy, ikan guppy, ikan molly dan ikan hias kecil lainnya yang bersifat tenang.

Baca Juga : Daftar Ikan Hias yang Suka Bergerombol

Penyakit Ikan Neon Tetra

Sebenarnya ada banyak sekali penyakit yang dapat menyerang ikan hias neon tetra, namun kali ini hanya akan dibahas beberapa saja yang paling sering ditemui.

1. Neon Tetra Disease (NTD)

Penyakit Ikan Neon Tetra Disease
Ilustrasi Ikan Neon Tetra Terkena Penyakit Neon Tetra Disease

Penyakit yang diakibatkan oleh parasit Pleistophora hyphessobryconis ini merupakan penyakit yang sangat mudah menyebar, penyebabnya adalah karena pakan ikan yang tidak berkualitas, serta terjadinya penumpukan pakan di dasar akuarium.

Parasit ini tergolong sangat ganas dan berbahaya, serta pergerakannya sangat cepat. Apabila ikan sudah terkena penyakit ini, akan dengan mudah menyebar ke seluruh tubuh.

Gejala

Tanda ikan terkena serangan parasit ini adalah dengan ditandai dengan :

  • Warna ikan memudar
  • Nafsu makan menurun.
  • Pertumbuhannya menjadi sangat lamban
  • Terdapat bintik bintik hitam pada tubuh ikan
  • Badan ikan akan mengalami pengurusan secara drastis
  • Ikan akan malas berenang dan cenderung akan diam di dasar akuarium.

Cara Mengobati

  • Sebaiknya pisah ikan yang sudah terkena NTD ke akuarium khusus untuk dilakukan pengobatan
  • Setelah itu berikan obat obatan anti infeksi untuk menghilangkan parasit yang ada di dalam akuarium neon tetra tersebut.
  • Caranya kamu harus memberikan obat pembersih hama parasit, seperti Prodac Aquamedik untuk mencegah parasit menyebar ke ikan ikan yang lain.
  • Selanjutnya untuk mengatasi ikan yang sudah terkena penyakit NTD cukup dengan memberikan obat anti parasit dan bakteri PRODAC Sanfish Ooodiny Cry yang sangat cocok untuk membasmi parasit Pleistophora hyphessobryconis.

Cara Mencegah

Untuk mencegah penyakit yang satu ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Jagalah kualitas air agar tetap terjaga kebersihannya, gunakanlah filter yang mampu membersihkan akuarium dengan baik.
  • Jangan berikan pakan ikan hidup terlalu sering, karena dapat memicu berbagai bakteri hidup menyerang ikan hias.
  • Tidak memberikan pakan secara berlebihan, supaya tidak ada penumpukan di dasar akuarium.
  • Lakukan penggantian air secara rutin agar pH air tetap stabil untuk neon tetra.

2. Penyakit White Spot

Penyakit White Spot Neon Tetra
Ilustrasi Ikan Neon Tetra Terkena Penyakit White Spot

Penyakit ikan neon tetra ini disebabkan oleh parasit protozoa “Ich” (ichthyophthiriasis). Yang menyerang kulit ikan neon dan bisa menyebar dengan cepat. karena parasit ini mampu menggandakan diri.

Gejala

  • Adanya bintik putih kecil seperti garam yang menempel pada kulit ikan neon
  • Ikan tidak bisa tenang dan terlihat sering menggosok gosokan tubuh ke dinding akuarium ataupun ke benda benda disekitarnya.
  • Sirip Ikan biasanya akan menyusut, yang dimaksud di sini adalah sering menutupkan sirip, karena sedang menahan rasa sakit akibat parasit.
  • Kehilangan nafsu makan, jika ikan tidak mau makan atau memuntahkan pakan yang diberikan, bisa jadi ini merupakan salah satu pertanda ikan terkena gejala white spot.

Cara Mengobati

  • Rendam ikan dengan memeberikan larutan methylin blue dan tambahkan garam secukuonya. Rendamlah selama 2 hari, biasanya penyakit sudah mulai beranjak sembuh.
  • Namun apabila penyakit sudah masuk kategori parah, coba biarkan selama 1 minggu atau lebih. Namun biasanya antara hidup dan mati.

Cara Mencegah

  • Selalu jaga kebersihan akuarium dan jangan menaruh tanaman yang sulit untuk dibersihkan di dalam akuarium, karena bisa menjadi sarang betumbuhnya berbagai macam parasit berbahaya.
  • Jaga agar air akuarium tidak sampai keruh, gunakan filter yang dapat menyaring kotoran dengan baik dan selalu ganti air setiap sebulan sekali. Mengganti air akuarium cukup 50% nya saja, jangan diganti semua.
  • Jangan sampai ikan stress, karena salah satu faktor pemicu bintik putih pada ikan neon tetra adalah karena stress. Biasanya faktor stres dikarenakan ikan tidak tenang dan selalu dikejar ikan hias lain.

Meskipun ikan hias ini dikenal tidak mudah terserang penyakit, namun tidak menutup kemungkinan ikan ini bisa dengan mudah terserang bermacam penyakit apabila perawatannya kurang baik.

Beberapa penyakit yang menyerang ikan ini adalah Neon Tetra Disease (NTD), dan White Spot dan keduanya merupakan penyakit yang berbahaya untuk ikan hias.

Penyakit NTD merupakan penyakit yang disebabkan oleh parasit Pleistophora hyphessobryconis, yang muncul akibat penumpukan makanan ikan di dasar akuarium.

Sedangkan penyakit white spot atau sering disebut penyakit bintik putih, merupakan penyakit yang disebabkan karena bakteri yang menempel pada kulit ikan.

Baca Juga : Ikan Parrot

Biasanya penyakit ini dikarenakan oleh kotoran ikan di dalam akuarium yang membuat air keruh dan mengakibatkan tumbuhnyadi dalam akuarium.

Meskipun Ikan Neon Tetra merupakan ikan yang mudah untuk dipelihara, namun kebesihan akuarium tetap menjadi perhatian utama.

Karena dengan air akuarium yang kotor akan membuat banyak penyakit yang bersarang dan sangat beresiko menyerang ikan yang kamu pelihara.

Ikan Neon Tetra

Cara Budidaya Ikan Neon Tetra

Kali ini kami akan menjelaskan Bagaimana Cara Budidaya Ikan Neon Tetra dengan Mudah untuk para pemula. Cara membudidayakan yang dijelaskan kali ini sangat gampang...
Rigi
4 min read

Warna Ikan Neon Tetra Pudar

Ikan Neon Tetra merupakan jenis ikan yang cantik dan sangat mempesona, kecantikan warna ikan ini ditambah dengan sisiknya yang bisa menyala. Namun apa jadinya,...
Rigi
1 min read

Harga Ikan Neon Tetra

Bagi kamu para pecinta ikan hias, pastinya sudah tidak asing lagi dengan ikan neon tetra, ikan hias kecil yang memiliki keunikan yang sangat khas....
Rigi
2 min read