Harga Ikan Aligator

Diposting pada

Akhir akhir ini banyak sekali orang yang tertarik memelihara ikan predator dan salah satunya adalah jenis Ikan Aligator.

Memang ikan ini sering menjadi pilihan, salah satunya adalah karena harga ikan aligator cukup ramah kantong untuk masyarakat indonesia.

Bisa dibilang tidak terlalu mahal maupun terlalu murah, dan selain itu ikan ini juga termasuk ikan hias yang cukup tangguh dan tidak mudah mati.

Nah bagi kamu yang ingin memelihara ikan ini, pastinya kamu harus mengetahui jenis dan juga harga ikan aligator di pasaran berapa.

Dan kali ini Suka Ikan akan membahasnya secara tuntas, baiklah langsung saja, berikut ulasannya :

Jenis Ikan Aligator

1. Ikan Aligator Gar (Atractosteus Spatula)

Ikan Aligator Gar

Ikan ini merupakan jenis ikan aligator yang terbesar, ukurannya bisa mencapai 3 m dan berat hingga 140 kg.

Dan merupakan ikan aligator yang paling sering diperjualbelikan, dengan ukurannya yang jumbo, maka kamu perlu mempersiapkan aquarium ataupun kolam yang cukup besar pula.

2. Ikan Aligator Platinum (Leucistic)

Ikan Aligator Platinum

Ikan Aligator jenis platinum ini merupakan jenis ikan aligator yang paling cantik.

Mempunyai warna putih perak mulus dan mengiklat tanpa adanya bercak warna lain sama sekali.

Dengan warna yang begitu cantik, membuat ikan ini terlihat sangat istimewa, apalagi jenis ini termasuk spesies yang langka.

Karena ikan ini merupakan spesies yang mengalami kelainan, jadi tidak mudah untuk membudidayakannya dan mendapatkan warna ikan yang sempurna.

3. Ikan Aligator Longnose Gar (Lepisosteus Osseus)

Ikan Aligator Longnose Gar

Sesai dengan nama ikan ini, yatu memiliki moncong yang panjang, jenis ini banyak ditemui di kawasan perairan Amerika Utara dan Tengah.

Meski ikan ini memiliki moncong yang panjang dan terlihat menyeramkan, namun pada zaman dahulu, ikan predator ini sering dikonsumsi oleh masyarakat setempat.

Dan saat ini di indonesia ikan ini cukup banyak peminatnya, bukan untuk dikonsumsi, melainkan dijadikan sebagai ikan hias di dalam aquarium.

4. Ikan Aligator Shortnose Gar (Lepisosteus Platostomus)

Ikan Aligator Shortnose Gar

Ikan ini merupakan kebalikan dari jenis Longnose gar, karena ikan aligator Shornose ini memiliki moncong yang kecil dan pendek.

Ikan ini asalnya dari perairan lembah Missisipi dan Smissouri, dimulai dari Montana hingga ke batat, dari perairan sungai Ohio di bagian timur, hingga ke Gulf Coast di bagian selatan.

Ikan ini lebih kecil dibandingkan dengan ikan aligator lainnya, panjangnya hanya mencapai sekitar 60 cm saja. Ikan ini sangat menyuai ikan kecil, serangga dan ktustasea sebagai makanan pokoknya.

5. Ikan Aligator Spotted Gar (Lepisosteus oculatus)

Ikan Aligator Spotted Gar

Ikan Aligator ini memjadi ikan yang paling unik daripada jenis lain, mengapa demikian karena ikan ini memiliki corak yang unik, dengan warna dasar silver dan corak bintik bintik berwarna hitam di seluruh tubuh bagian atasnya.

Dikabarkan jenis ikan ini saat ini sudah langka dan cukup sulit untuk dibudidayakan, maka tak heran harga ikan aligator ini saat ini cukup mahal.

6. Ikan Aligator Florida Gar (Lepisosteus Platyrhincus)

Ikan Aligator Florida Gar

Hampir sama dengan jenis spotted gar di atas, ikan ini juga memiliki warna silver dan dihiasi dengan corak bintik bintik berwarna hitam di seluruh tubuhnya.

Hanya saja jenis Florida bintik bintik nya cukup sedikit, namun ukurannya agak besar.

7. Ikan Aligator Tropical Gar (Atractosteus Tropicus)

Ikan Aligator Tropical Gar

Tropical gar atau lebih sering disebut dengan nama Ikan Aligator Tropis merupakan ikan yang berasal dari perairan yang membentang dari selatan Mexico hingga ke Costa Rica.

Di alam liarnya. ikan ini bisa tumbuh hingga panjangnya mencapai 1,25 meter dan bila dipenangkaran atau dibudidayakan ukurannya tidak sampai segitu.

Perawakan ikan ini sangat mirip dengan ikan Longnose gar yang sudah disebutkan di atas, namun yang menjadi ciri khas pembedanya adalah dari moncongnya yang terlihat lebih lebar dan pendek.

8. Ikan Aligator Cuban Gar (Atractosteus Tristoechus)

Ikan Aligator Cuban Gar

Jenis ikan aligator ini pertama kali ditemukan di Kuba Barat dan di Isla De La Juventud, ikan ini merupakan ikan hias air tawar yang hidup di perairan tropis dengan suhu antara 18 – 23 derajat celcius.

Panjang ikan ini hanya bisa mencapai sekitar 1 hingga 2 meter saja. Di alam liarnya ikan ini biasa hidup di perairan air tawar, sungai hingga rawa rawa.

Dan lagi lagi, sayangnya ikan alogator ini juga masuk ke dalam ikan yang terancam punah.

Dan saat ini sudah mulai dilakukan penangkaran dan kabar baiknya ikan ini termasuk ikan yang mudah pemeliharaan dan cara membudidayakannya, dengan rentang usia yang bisa mencapai puluhan tahun.

Daftar Harga Ikan Aligator Saat Ini

Jenis Ikan AligatorHarga Ikan AnakanHarga Ikan Dewasa
Aligator GarRp 20.000 – Rp 30.000Rp 100.000 – Rp 250.000
Aligator PlatinumRp 40.000 – Rp 60.000Rp 300.000 – Rp 600.000
Aligator Longnose GarRp 30.000 – Rp 50.000Rp 150.000 – Rp 350.000
Aligator Shortnose GarRp 25.000 – Rp 40.000Rp 125.000 – Rp 300.000
Aligator Spotted GarRp 80.000 – Rp 150.000Rp 400.000 – Rp 1200.000
Aligator Florida GarRp 60.000 – Rp 120.000Rp 350.000 – Rp 900.000
Aligator Tropical GarRp 35.000 – Rp 60.000Rp 250.000 – Rp 500.000
Aligator Cuban GarRp 30.000 – Rp 50.000Rp 150.000 – Rp 450.000

Baca Juga : Makanan Ikan Aligator

Demikian Artikel tentang Jenis dan Harga Ikan Aligator Terbaru yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian semua.

Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.