Ikan Louhan Stres

Sama seperti manusia yang kerap kali mengalami stres, begitu juga dengan ikan louhan yang bisa juga mengalami stres. Ada banyak faktor penyebab ikan louhan stres, mulai dari lingkungan hingga perawatan ikan louhan yang kurang baik.

Jika dibiarkan begitu saja, akibatnya bisa fatal dan bukan tidak mungkin akan berujung pada kematian.

Untuk itu, kamu harus mengetahui gejala atau ciri ciri ikan louhan yang stres seperti apa, supaya bisa segera dilakukan perawatan.

Ciri Ciri Ikan Louhan Stres

Ikan Louhan Sakit
  1. Biasanya nafsu makan ikan louhan akan berkurang, bahkan menurun secara drastis. Yang biasanya mau makan dengan lahap, bisa tidak mau makan sama sekali.
  2. Yang kedua, bisa kamu lihat dari fisik ikan, ikan yang sedang stres biasanya warnanya pucat dan memudar.
  3. Ikan louhan juga akan terlihat gelisah, terbukti jika dia akan kaget jika ada sesuatu yang mendekatinya, misalnya saja saat kamu mendekati aquarium ikan seperti kelabakan dan ketakutan.
  4. Selanjutnya, ciri cirinya bisa terlihat dari jenongnya, yang tadinya menonjol bulat ideal bisa berubah dan kempis.
  5. Dan yang terakhir, apabila ikan sedang stres biasanya ikan akan cenderung sering menyediri di sudut kolam.

Nah itulah tadi, beberapa ciri ciri umum ikan louhan stres, atau mungkin kamu punya gejala lain bisa tulis tulis di kolom komentar ya.

Nah setelah mengetahui ciri ciri ikan louhan stres, selanjutnya Suka Ikan akan membahas bagaimana cara untuk mengobatinya.

Cara Mengatasi Ikan Louhan Stres

1. Jaga Suhu Aquarium dengan baik

Salah satu faktor penyebabnya adalah karena ia tidak nyaman dengan suhu air aquarium saat ini, atau karena suhu tidak stabil yang sering berubah ubah.

Untuk mengatasinya kamu bisa memasang water heater untuk mengontrol suhu air supaya ideal untuk hidup ikan louhan, yaitu sekitar 28 sampai 31 derajat celcius.

2. Pantau Kondisi Keasaman Air Aquarium

Pada kondisi air yang terlalu asam, dapat menyebabkan ikan menjadi tidak nyaman dan stres.

Untuk itu kamu perlu mengontrol kondisi keasaman air aquarium, kamu bisa menggunakan alat bernama pH meter.

Apabila kondisi air memang terlalu masam, kamu bisa memberi air rendaman daun ketapang, secukupnya saja guna menaikan pHnya.

Dan jangan terlalu banyak, karena dapat menyebabkan air menjadi keruh.

3. Pindahkan ke Aquarium karantina

Jika sudah dilakukan beragam penanganan tadi, ikan tak kunjung membaik, kamu bisa mencoba memindahkan ikan louhan ke aquarium lain untuk dilakukan karantina.

Siapkan aquarium yang benar benar ideal untuk ikan louhan, dan juga pasang perlengkapan aquarium secara lengkap, mulai dari filter hingga lampu aquarium.

Dengan memasang lampu aquarium juga dapat memberikan efek positif untuk mengurangi stres pada ikan.

Baca Juga : Harga Ikan Louhan

4. Berikan Makanan Secara Teratur

Salah satu faktor yang paling cepat mempengaruhi ikan louhan supaya bisa cepat membaik adalah dengan memberinya makanan yang bernutrisi. Daftar rekomendasi makanan ikan louhan, bisa kamu Baca pada artikel ini.

Apabila ikan belum mau makan juga, sebaiknya kamu memberinya obat penambah nafsu makan ikan ataupun multivitamin tertentu untuk menunjang nafsu makan ikan.

Nah Demikian tadi sedikit Tips Cara Mengobati Ikan Louhan Stres dengan mudah, semoga dapat bermanfaat dan ikan yang kamu pelihara bisa sembuh total.

Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.