Makanan Ikan Louhan

Diposting pada

Setiap orang yang memelihara ikan louhan pastinya menginginkan ikan louhannya tumbuh lebih cepat dan jenongnya bisa cepat muncul dan besar. Agar ikan louhan bisa tumbuh lebih cepat dan pertumbuhannya ideal, tentunya kamu harus memberikan makanan ikan louhan yang bagus dan berkualitas.

Tentunya tidak semua makanan ikan louhan bisa dicerna dengan baik oleh si ikan, ada sebagian makanan yang kurang cocok untuk ikan louhan dan bisa berdampak menurunkan kualitas warna dan jenong ikan louhan.

Dan kali ini Suka Ikan sudah merangkum beberapa jenis makanan yang telah terbukti baik untuk mempercepat pertumbuhan ikan louhan. Apakah itu? Yuk simak penjelasannya sampai akhir artikel ini.

Ikan Hias Louhan

Jenis Makanan Ikan Louhan

Pemberian makanan pada ikan louhan memang sangatlah penting kaitannya untuk mempercepat pertumbuhannya, selain itu yang tidak kalah penting adalah untuk membantu sistem kekebalan tubuh supaya tidak mudah terkena serangan penyakit.

Dalam memberikan makan pada ikan louhan juga tidak boleh sembarangan harus diperhatikan takarannya, jangan sampai kurang ataupun berlebihan.

Ada 2 jenis makanan untuk ikan louhan, yaitu makanan yang alami dan makanan yang buatan atau pabrikan.

Makanan Alami Ikan Louhan

Ada banyak makanan alami yang baik untuk ikan louhan, diantaranya adalah : cacing, kelabang, ikan kecil, udang, dan jangkrik dan lainnya.


1. Cacing

Cacing Tanah

Sudah tidak perlu diragukan lagi, jika cacing memang sangat baik untuk makanan ikan louhan supaya cepat besar dan jenong.

Makanan ini menjadi makanan pilihan terbaik bagi banyak orang, karena dengan harga yang murah sudah dapat mendapatkannya.

Namun dengan harga yang murah, sudah bisa mendapatkan banyak manfaat yang baik untuk membantu pertumbuhan sang ikan.

2. Kelabang

Kelabang

Kalau dengan hewan yang satu ini pastinya kalian akan merasa ketakutan, karena hewan yang satu ini merupakan hewan kecil yang dikenal ganas.

Namun ternyata kelabang bisa membantu memerahkan dan mempercantik warna si ikan louhan.

3. Ikan Kecil

Ikan Kecil

Kandunga lemak yang terdapat pada ikan kecil sangat bagus untuk memberikan nutrisi dan sangat bagus untuk membantu pertumbuhan ikan louhan dan tentunya supaya ikan jenongnya bisa cepat tumbuh besar.

4. Udang

Udang

Mengapa udang juga baik untuk ikan louhan? Yaitu karena kandungan beta carotene pada udang lah yang dapat membantu mempercantik warna ikan louhan.

Namun dalam memberikan makanan udang ini, jangan langsung diberikan kepada ikan louhan bersihkan dan buang sungut sungut pada udang, karena beresiko melukai mulut ikan louhan.

5. Jangkrik

Jangkrik

Bukan hanya burung yang suka makan jangkrik, ternyata ikan louhan juga menyukainya dan kabar baiknya pemberian jangkrik pada ikan louhan yang mampu merangsang perumbuhan ikan louhan, utamanya untuk pertumbuhan sirip, ekor dan pastinya jenong ikan louhan.

Baca Juga : Ikan Hias Air Tawar Unik dan Langka

Makanan Pabrikan

Jenis makanan untuk ikan louhan yang kedua ini adalah makanan yang sudah diolah sedemikian rupa dan umumnya makanan yang sudah siap dan tinggal kita berikan kepada ikan louhan, makanan ini biasanya berbentuk pelet.


1. Pelet Okiko Platinum Head Huncher

Pelet Okiko Platinum Head Huncher

Pakan pabrikan yang pertama ini adalah makanan yang difokuskan untuk membantu menumbuhkan jenong ikan louhan, pelet ini memiliki kandungan protein yang sangat tinggi.

Selain kandungan proteinnnya yang tinggi, pakan ini juga mengandung spirulina yang dapat membantu pertumbuhan ikan louhan dengan cepat. Untuk harga peletnya sendiri sekitar Rp 35.000 an untuk 100gramnya.

2. Pelet Tetra Louhan

Pelet Tetra Louhan

Pakan yang selanjutnya ini juga sangat baik untuk membantu menumbuhkan jenong ikan louhan serta membantu pembentukan sel warna merah pada tubuh ikan.

Dengan kandungan nutrisi di dalam pelet ini yang memang dikhusukan untuk ikan louhan pelet ini sangat baik untuk diberikan pada ikan louhan yang dapat membantu mempertajam warna dan membantu mempercantik warna ikan louhan.

Harga pelet Tetra Louhan ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 75.000 dengan isi 250 gram.

3. Pelet Akari Super Red Louhan

Pelet Akari Super Red Louhan

Pelet dari Akari ini juga memiliki kandungan protein yang tinggi yang dapat membantu memperbesar jenong dan membantu pertumbuhan tubuh ikan.

Serta juga terdapat kandungan astaxanthin yang bermanfaat pada ikan louhan untuk mencerahkan warna merah pada ikan louhan. Selain itu juga terdapat kandungan garlic dan juga vitamin c untuk membantu sistem kekebalan tubuh ikan dan anti stres.

Harga Palet Akari Super Red Louhan ini dijual seharga Rp 35.000 untuk ukuran 100 gram.

4. Pelet Yukari Super Red

Pelet Yukari Super Red

Selanjutnya pelet dari Yukari ini juga cukup baik untuk ikan louhan, meskipun bukan khusus untuk ikan louhan, namun dapat sangat membantu pertumbuhan ikan dan pembentukan jenong pada ikan.

Pelet ini juga mengandung astaxanthin dan juga probiotik yang berfungsi untuk mencerahkan warna pada ikan louhan.

Untuk harganya sendiri pelet ini sekitar Rp 120.000 per 300 gramnya.

Baca Juga : Harga Ikan Louhan

Tips agar Ikan Louhan Lebih Cepat Jenong

Ikan Louhan Jenong

Sebenarnya ada banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ikan louhan, salah satunya yang berdampak cukup besar adalah dari segi pemberian makanan.

1. Berikan Makanan secara Rutin

Pemberian makan secara rutin pada ikan louhan tentunya agar ikan tidak kurus dan bisa tumbuh lebih cepat. Sebaiknya berikan makan 2 kali sehari, pada pagi dan sore hari.

Dan juga jangan berlebihan, karena memberikan makanan yang berlebihan akan membuat banyak yang tersisa dan dapat mengotori akuarium.

2. Jagalah Kebersihan Akuarium

Nah kaitannya dengan kebersihan akuarium, sebaiknya pasangi filter akuairum yang dapat menyaring kotoan akuarium dengan baik, agar kondisi akuarium tetap terjaga.

Dengan kondisi akuarium yang bersih tentunya akan sulit bertumbuhnya penyakit di dalam akuarium dan pastinya ikan akan mampu bertumbuh dengan baik.

3. Buat Akuarium yang Nyaman

Buat desain sedemikian rupa hingga menyerupai kondisi di alam liar, sepertim menambahkan kerikil dan tumbuhan, namun dalamm meberikan tumbuhan jangan yang dapat dimakanoleh ikan.

Selain itu juga jangan lupa untuk memasang lampu akuarium untuk menggantikan cahaya matahari dan nyalakan lampu sewajarnya jangan dinyalakan terus menerus selama 24 jam.

Dengan ini ikan louhan tidak mudah stres dan dapat merangsang ikan supaya lebih cepat tumbuh besar.


Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.