Ikan Black Ghost

Diposting pada

Ikan Black Ghost atau yang kerap kali juga disebut ikan Bulu Ayam, karena bentuk tubuhnya yang mirip dengan bulu ayam.

Black Ghost (Apeteronotus Albifrons) merupakan ikan yang berasal dari sungai Sungai Amazon dan Suriname.

Ikan Black Ghost

Karakteristik Ikan Black Ghost

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia, ikan ini bernama Ikan Hantu Hitam, namun ikan ini bukan ikan yang agresif.

Ternyata ikan ini memiliki sifat yang kalem, bahkan sangat jarang menampakan tubuhnya, dia lebih sering menghabiskan waktunya bersembunyi di balik batu atau tempat yang bisa untuk bersembunyi.

1. Apakah Ikan Black Ghost Predator

Apakah Ikan Black Ghost Predator?

Dari penjelasan di atas sudah cukup menggambarkan bahwa ikan ini memiliki sifat tenang dan tidak agresif dan bahkan yang mengejutkan ikan ini malah memiliki sifat pemalu.

Memang dari namanya kita mengira ikan ini ganas bahkan mungkin merupakan salah satu jenis ikan hias predator, namun hal tersebut salah besar.

Apalagi ikan ini memiliki ukuran muluta yang kecil, jadi kecil kemungkinan bisa memangsa ikan ikan lainnya. Jadi dapat dikatakan bahwa ikan hias black ghost bukan ikan predator”.


Ikan hias ini tidak bisa tumbuh terlalu besar, ukuran ikan ini hanya bisa mencapai sekitar 50cm an saja.

2. Mampu Menghasilkan Listrik

Meski ikan ini sifatnya kalem, namun jangan salah ternyata ikan ini mampu memnghasilkan listrik dengan tegangan lemah (kurang dari 1 volt/cm) dan frekuensinya antara 0,1 sampai 10 kHz.

Tegangan listrik tersebut dihasilkan dari organ tubuhnya, yaitu bagian ekor dan dikeluarkan ke seluruh tubuhnya, tegangan listrik ini digunakannya untuk mendeteksi mangsa ataupun mengetahui objek makanan di sekitarnya.

Selain untuk berburu dan mencari makanan, tegangan listrik ini juga digunakan untuk dapat berkomunikasi dengan ikan bnlack ghost lain.

3. Tempat yang Disukai Black Ghost

Karena sifat ikan ini yang pemalu dan banyak mbghabiskan waktunya untuk bersembunyi, tempat persembunyiannya biasanya di tempat tempat pojokan atau di sela sela benda yang ada di dalam akuarium, seperti bebatuan ataupun objek lainnya.

Sebutan Ikan Black Ghost

Ikan ini memiliki cukup banyak sebutan, yang menggambarkan karakteristik tubuhnya yang unik, sebutan tersebut anta lain :

1. Ikan Bulu Ayam

Pemberian nama ini, karena bentuk tubuhnya yang memanjang dan berwarna hitam sehingga menyerupai bentuk bulu ayam.

2. Ikan Listrik

Ternyata pemberian nama ini, bukan karena alasan. Ikan ini ternyata mampu menghasilkan listrik, biasanya digunakan untuk mencari makanan.

3. Ikan Pisau

Karena bentuk tubuhnya yang panjang dan juga pipih, sebagian orang juga menyebutnya ikan pisau.

4. Ikan Penari Balet

Pemberian nama ini karena pada saat ikan berenang menerupai seseorang yang sedang menari balet.

5. Ikan Bendera

Nama lain black ghost selanjutnya dikarenakan bentuk tubuhnya yang memanjang dan siripnya yang bergerak layaknya bendera yang tengah berkibar.

6. Ikan Setan Hitam

Nama ini adalah berdasarkan terjemahan namanya dari nama aslinya black ghost.


Jenis Jenis Ikan Black Ghost

1. Ikan Black Ghost

Ikan Black Ghost

Jenis ini merupakan yang paling populer dan banya disukai oleh banyak orang, ciri khasnya adalah memiliki warna dasar hitam dan ada sedikit corak berwarna putih pada bagian ekor dan kepalanya.

2. Brown Ghost

Ikan Brown Ghost

Jenis ini sangat mirip dengan black ghost memiliki warna yang gelap hanya saja jenis ini memiliki corak warna kecoklatan.

3. White Ghost

Ikan White Ghost

Seperti namanya ikan ini memiliki warna tubuh berwarna putih polos di seluruh tubuhnya, tanpa adanya goresan warna apapun.

Makanan Ikan Black Ghost

Ikan ini cenderung akan memakan apa saja yang bisa dimakannya, namun yang harus menjadi catatan adalah ukuran mulutnya kecil, jadi hanya bisa memakan pakan yang ukurannya kecil pula.

Kamu bisa memberikan ikan ini dengan makanan alami seperti cacing atau jika tidak ingin repot mencarinya cukup berikan pelet juga tidak masalah.

Perawatan Ikan Black Ghost

Berdasarkan pengalaman pribadi, ikan ini cukup tangguh dan bisa beradaptasi dengan lingkungan baru mereka. Jadi cara merawat ikan hias ini tidak sesulit yang dikira banyak orang.

Dan kedua, ikan ini tidak suka hidup pada air yang keruh, meskipun ikan hias ini menyukai akuarium yang gelap namun tidak dengan kondisi air akuarium yang keruh.

Untuk menjaga kebersihan akuarium kamu, lakukan penggantian air akuarium setidaknya 2 bulan sekali, atau kurang jika dirasa airnya sudah terlalu kotor.

Cara Membedakan Ikan Black Ghost Jantan dan Betina

Ikan Black Ghost Jantan dan Betina

Membedakan ikan black ghost jantan dengan yang betina memang cukup sulit, mengingat keduanya memiliki fisik yang sangat mirip.

Cara yang paling mudah untuk mengidentifikasinya adalah dari bentuk tubuhnya, ikan jantan mempunyai ukuran tubuh yang lebih panjang dan warnanya lebih cerah daripada ikan betina.

Baca Juga : Ikan Botia

Penyakit Ikan Black Ghost

Salah satu penyakit yang paling umum menyerang ikan ini adalah white spot, karena warna dasarnya yang berwarna hitam, apabila ikan ini terkena penyakit ini akan dapat terlihat dengan jelas. Karena akan terdapat bintik bintik berwarna putih pada tubuh ikan.

Tanda tanda ikan ini terkena white spot adalah ikan akan terlihat malas untuk bergerak dan seringkali akan menggosok gosokan tubuhnya ke objek lain atau dinding akuarium.

Selain itu tanda lainnya ikan terlihat megap megap, karena kesulitan menggunakan organ insangnya, karena serangan white spot ini juga terkadang menyerang insang ikan.

Dalam kondisi yang sudah parah penyakit ini, bintik putih tadi dapat berubah menjadi bisul dan dapat pecah sewaktu-waktu.

Demikian artikel tentang ikan black ghost yang dpaat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.


Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.