Cara Merawat Ikan Louhan

Ikan Louhan termasuk salah satu ikan hias air tawar yang sangat populer di indonesia karena memiliki bentuk tubuh yang unik nan indah. Keunikan ikan ini adalah, karena memiliki jenong dikepalanya.

Dengan keunikan dan keindahan wananya, ikan louhan menjadi primadona banyak orang, bahkan meskipun harga jualnyanya mahal, banyak yang rela merogoh kocek dalam dalam untuk bisa membelinya.

Ikan Louhan Cantik

Tentunya jika kamu menginginkan ikan louhan yang cantik dan sehat, serta memiliki jenong yang bagus dan ideal, kamu harus mengetahui cara merawatnya.

Cara Merawat Ikan Louhan, tidak sesulit yang dibayangkan, masih 11 12 dengan ikan hias pada umumnya.

Nah sebelum itu, kamu harus mempersiapkan berbagai macam alat untuk memelihara ikan louhan, diantaranya adalah sebagai berikut :

Peralatan yang Dibutuhkan

1. Aquarium

Akuarium

Untuk memelihara ikan hias ini, persiapkan aquarium yang cukup luas atau bandingkan dengan ukuran ikan yang akan dipelihara.

Kami rekomendasikan, kamu menggunakan aquarium dengan ukuran 90 x 40 x 50 cm, untuk ikan ukuran sedang / besar.

Pengen tahu Daftar Harga Aquarium? Cek artikel ini.

2. Filter Aquarium

Filter Aquarium

Untuk menjaga kebersihan aquarium, sebaiknya kamu memasang filter, hal ini untuk menjaga kebersihan aquarium.

Karena biasanya sisa sisa makanan dan kotoran ikan akan dapat dengan cepat mengotori aquarium, dengan menambahkan filter setidaknya mengurangi kondisi air cepat keruh.

Bingung mau beli filter aquarium? Yuk cek daftar harga filter aquarium terbaru.

3. Aerator

Aerator Pompa Udara Aquarium

Aerator sangat berguna untuk menyuplai kebutuhan oksigen ikan, louhan juga termasuk ikan yang membutuhkan oksigen, supaya tetap sehat.

Pilihlah aerator yang mampu menyemburkan banyak udara, namun memakan daya listrik yang kecil, supaya tidak boros.

Baca Juga : Harga Ikan Louhan

4. Lampu Aquarium

Lampu Aquarium

Dalam memelihara ikan hias, penerangan sangat diperlukan, selain untuk menambah keindahan di dalam aquarium, lampu juga bagus untuk kesehatan ikan.

Pengen beli lampu aquarium, belum tahu harganya? Yuk cek di artikel Harga Lampu Aquarium.

5. Tanaman Hias

Tanaman Plastik Aquarium

Supaya mirip dengan habitat aslinya, kamu bisa menambahkan tanaman hias ke dalam aquarium. Untuk seorang pemula, sebaiknya pasang tanaman plasti saja terlebih dahulu, karena tidak memerlukan perawatan dan mudah untuk membersihkannya.

Cara Merawat Ikan Louhan yang Benar

Ikan Louhan Jenong

1. Pemberian Makanan

Supaya ikan louhan bisa cepat tumbuh besar, kamu harus memberikan makanan yang kaya akan nutrisi.

Serta kamu juga harus memberikan makanan ikan louhan secara teratur, supaya ikan tetap sehat dan warna ikan lebih cantik, serta yang paling kamu harapkan pastinya adalah ikan memiliki jenong yang besar dan bagus.

Baca juga pada artikel makanan untuk ikan louhan, klik di sini.

2. Kontrol Kondisi Aquarium

Dalam memelihara ikan louhan, kamu harus sering sering mengecek kondisi aquarium, mulai dari suhu, ph air, hingga kebersihannya.

Untuk memantau suhu air aquarium, kamu bisa menggunakan thermometer, sedangankan untuk memantau pH air, kamu bisa memakai pH meter, normalnya pH air berada pada angka kisaran 6 – 8.5.

3. Menjaga Kebersihan Aquarium

Meskipun sudah dipasangi filter aquarium, bukan berarti kamu tidak perlu membersihkannya lagi. Tugas kamu selanjutnya adalah memantau filter aquarium supaya tetap bekerja dengan baik serta membersihkan lumut yang ada di dalam aquarium.

Selain itu juga kamu harus mengganti air setiap 1 bulan sekali atau 1 bulan dua kali, atau bisa juga lebih sering jika kondisi air aquarium dirasa sudah sangat keruh.

Baca Juga : Cara Mengatasi Ikan Louhan Stres

Dalam mengganti air aquarium, kamu tidak perlu mengganti seluruh airnya, cukup ganti 1/4nya saja dari total seluruh volume air.

Nah Demikian tadi, artikel tentang Cara Merawat Ikan Louhan di Aquarium, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.