Cara Mempercepat Pertumbuhan Ikan Louhan

Ikan louhan adalah jenis ikan hias yang terkenal dengan jenongnya, atau bagian yang membulat di kepala ikan tersebut.

Semakin besar jenong tersebut maka harganya pun akan semakin mahal, tak heran jika banyak pecinta ikan yang melakukan segala cara untuk membuat jenong ikan louhan miliknya semakin besar.

Ikan Louhan Jenong

Jenong di bagian kepala ikan louhan tersebut tidak terdapat pada ikan hias lainnya, itulah sebabnya ikan louhan ini dianggap ikan yang unik dan menarik.

Bukan itu saja, para pecinta ikan pasti ingin memiliki ikan louhan yang pertumbuhannya pesat disertai ukuran jenong yang semakin besar.

Ada beberapa cara ampuh untuk mempercepat pertumbuhan ikan louhan yang bisa anda praktekan.

Pertumbuhan yang cepat pada ikan louhan dapat dilihat dari ukuran jenong yang semakin besar, warna yang terlihat solid yang cepat keluar dari tubuhnya.

Dengan memberi pakan yang bergizi dan alami pada ikan louhan tersebut, serta munculnya mutiara yang menyebar di seluruh tubuhnya semakin tampak jelas dan warnanya semakin cemerlang.

Jumlah mutiara tersebut juga akan semakin bertambah khususnya di bagian kepala ikan, dan di bagian hidung dan mulut ikan louhan tersebut.

Jika ciri-ciri tersebut sudah muncul pada ikan louhan milik anda maka bisa dipastikan ikan louhan anda sudah memperlihatkan pertumbuhan yang bagus dan cepat. Nilai jualnya pun akan semakin mahal karena ciri fisiknya sangat bagus.

Cara Ampuh Mempercepat Pertumbuhan Ikan Louhan

Ikan Louhan Cantik

1. Gunakan Akuarium yang Cukup Besar dari Ukuran Ikan

Hal pertama adalah, perhatikan ukuran akuarium milik anda yang menjadi tempat ikan hidup ikan louhan.

Minimal ukuran akuarium tersebut 3 x lebih besar dari ukuran louhan itu sendiri. Panjang akuarium itu harus 3 x lebih panjang dari panjang ikan louhan, ukuran minimal lebarnya yaitu 40 cm, sedangkan untuk ukuran tingginya minimal 50 cm.

Baca Juga : Harga Aquarium Terlengkap!

2. Mengontrol pH air di Dalam Akuarium

Jika air tempat ikan louhan itu berkualitas buruk maka hal itu akan menghambat pertumbuhannya.

Anda bisa menggunakan alat ukur Ph air untuk mengecek kualitas dari air tersebut.Alat tersebut akan mengecek kandungan hidroksida dan hidrogen di dalam air, ukuran Ph yang pas pada air adalah sekitar 7-8.

3. periksa Suhu air Secara Berkala

Periksa suhu di dalam air, jangan sampai air menjadi terlalu dingin karena hal itu dapat mempengaruhi pertumbuhan ikan louhan tersebut.Gunakan alat pengukur suhu air atau termometer, suhu yang pas dan tepat berkisar di angka 28-30 derajat celcius, tidak kurang dan juga tidak lebih.

4. Menggunakan Filter di Dalam Akuarium

Penggunaan filter di dalam akuarium dapat mempercepat pertumbuhan ikan louhan milik anda, kegunaan filter adalah untuk membersihkan akuarium dari segala kotoran.

Filter ini juga akan berguna dalam membuat racun dari asam nitrat atau ammonia. Filter juga ampuh dalam meningkatkan kebersihan kolam yang baik bagi pertumbuhan ikan louhan.

Cek juga, Daftar Harga Filter Aquarium pada artikel ini.

5. Memasang Lampu Akuarium

Memasang lampu akuarium dengan posisi yang tepat, akan memberikan dampak positif pada ikan louhan anda.

Yakni mempercepat pertumbuhan ikan louhan tersebut, dan berakibat positif juga pada warna tubuh dan ukuran jenongnya. Gunakan lampu akuarium yang tidak terlalu terang tapi juga jangan terlalu gelap.

Jenis lampu tersebut bisa anda dapatkan di toko-toko ikan hias, biasanya terdapat banyak pilihan warna, sesuaikan dengan selera.

Perhatikan juga tingkat kecerahan lampu tersebut, sesuaikan dengan ukuran akuarium anda agar tingkat kecerahannya pas dan enak dipandang.

Baca Juga : Harga Ikan Louhan

Demikianlah tadi Tips Cara Mempercepat Pertumbuhan Ikan Louhan supaya lebih cepat besar dan jenong, yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini.

Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.