Harga Ikan Louhan

Diposting pada

Pastinya kamu sudah sangat familiar dengan ikan louhan dan mengetahui bawha harga ikan louhan sangat mahal, selain itu Louhan juga menjadi salah satu ikan hias terpopuler di indonesia saat ini.

Ketenaran ikan louhan karena ikan hias ini memiliki warna yang cantik dan keunikan tersendiri, yaitu mempunyai jenong atau benjolan di kepalanya.

Harga ikan louhan akan semakin mahal jika ukuran jenongnya semakin besar dan ideal. Namun jika sudah terlalu besar, harganya akan turun karena jenong ikan louhan yang terlalu besar dilihat kurang bagus dan menjadi pertanda ikan louhan sudah terlalu tua.

Selain itu ikan louhan juga memiliki corak warna yang cantik danmenarik untuk dilihat. Maka tak heran, jika banyak orang yang jatuh hati dan ingin memelihara ikan louhan.

Saking terkenalnya ikan ini, kali ini Suka Ikan tertarik untuk membahas mengenai Daftar Harga Ikan Louhan di Pasaran saat ini. Pastinya kalian penasaran bukan? Yuk simak artikelnya sampai akhir.

Ciri Ciri Ikan Louhan yang Bagus dan Berkualitas

Ikan Louhan Cantik dan Berkualitas

Jika kamu membeli ikan louhan, tentunya ingin mendapatkan ikan yang cantik dan pastinya sehat kan?

Sebelum itu, kamu harus mengetahui betul, ikan louhan yanb berkualitas seperti apa, biar tidak salah beli dan akhirnya menyesal karena ikan louhan langsung jatuh sakit bahkan tiba tiba mati.


Karena terkadang ada saja penjual ikan louhan nakal dan berikut beberapa ciri ciri ikan louhan yang bagus, salah satunya adalah :

1. Mempunyai Warna yang Cerah

Ikan yang memiliki warna cerah itu pertanda ikan tersebut sehat dan tidak sedang sakit suatu apapun. Dengan cara inilah merupakan cara yang paling mudah dan simpel untuk mengetahui ikan louhan yang baik.

2. Mempunyai Pola Sisik yang Rapi

Yang kedua harus kamu perhatikan adalah dari sisiknya, sisik yang rapi pertanda ikan yang sehat dan tidak cacat.

Apabila sisik banyak yang rontok atau tidak beraturan, biasanya ikan sedang terkena penyakit atau baru timbul gejala gejala akan terserang penyakit.

3. Sirip Atas dan Bawah Besarnya Seimbang

Kita bisa juga melihat bagus tidaknya ikan louhan dari siripnya, apabila siripnya tidak seimbang antara atas dan bawah bisa mengindikasikan ikan bermasalah dengan pertumbuhan dan kurang ideall untuk kamu pelihara.

4. Warna Mata Cerah dan Pandangan Tajam

Cara ini juga sangat efektif untuk melihat ikan louhan yang sehat, karena ikan yang sedang sakit matanya akan terlihat sayu dan pandangannya tidak tajam.

5. Jenong Louhan Proporsional

Nah, untuk maslaah jenong ini sepertinya menjadi prioritas yang harus sangat diperhatikan, karena bagus tidaknya ikan dilihat dari jenongnya.

Perhatikan bentuk jenongnya, jangan sampai ada luka atau bentuknya bessar sebelah dan sebagainya.

Baca Juga : Yuk! Kenali Jenis Jenis Ikan Hias Air Tawar

Jenis Ikan Louhan

1. Ikan Louhan Kamfa

Ikan Louhan Kamfa

Jenis ini sangat populer saat ini, pasalnya louhan jenis ini merupakan ikan yang berasal dari indonesia dan singapura. Dan saat ini sudah berkembang sangat pesat, hasil dari pembudidayaan para peternak yang terus dilakukan.

Ciri khas dari jenis ini ialah memiliki warna merah merona dan dihiasi corak bintik bintik berwarna putih yang hampir di seluruh tubuhnya dan bintik hitam di bagian tengah tubuhnya.

Louhan Kamfa juga sering disebut dengan nama Louhan Mutiara karena warnanya yang mencolok dan menyala. Dan karena inilah harga ikan louhan kamfa menjadi sangat mahal.

Saat ini ikan louhan jenis kamfa biasanya dijual seharga Rp 3.500.000 an per ekornya, harga tersbeut merupakan harga standar. Dan tidak menutup kemungkinan lebih mahal lagi harganya.

Yang sangat mempengaruhi kenaikan harganya adalah dari segi corak warna dan jenong yang dimiliki, sementara itu untuk harga louhan kamfa yang masih anakan sekitar Rp 800.000 an.

2. Ikan Louhan Cencu

Ikan Louhan Cencu

Jenis ini memiliki warna yang lebih beragam dari jenis kamfa tadi, perpaduan warnanya mulai dari merah, kuning, putih hingga coklat.

Dan untuk harga louhan jenis ini tidak cukup mahal, masih sangat murah jika dibandingkan dengan jenis kamfa tadi.

Harga Ikan Louhan Cencu Dewasa dijual seharga Rp 750.000 per ekornya dan untuk anakannya dijual dengan harga Rp 150.000 an per ekornya.

3. Ikan Louhan Bonsai

Ikan Louhan Bonsai

Sesaui dengan namanya, ikan ini memiliki tubuh yang kecil, nemun kalau urusan kecantikan tidak kalah saing lah dengan jenis louhan lainnya.

Meskipun ukurannya yang kecil, namun ikan louhan jenis ini banyak sekali yang mencarinya untuk menghiasi akuarium.

Untuk harga ikan louha jenis Bonsai ini untuk ikan yang sudah cukup dewasa biasanya dijual seharga Rp 800.000 per ekornya. Sedangkan untuk yang masih anakan sekitar Rp 250.000 an saja.

4. Ikan Louhan Golden Base

Ikan Louhan Golde Base

Jenis louhan yang satu ini memiliki warna tubuh dominan kuning, dengan warna jenong kuning kemerahan. Dan yang sangat membedakan dengan jenis louhan lainnya adalah ikan ini tidak memiliki corak warna hitam sama sekali.

Untuk harganya, jenis ini lumayan tinggi dibandingkan dengan jenis louhan lain. Ikan Louhan Golden Base dewasa dijual seharga Rp 1.800.000 per ekornya dan untuk anakan louhan golden base harganya sekitar Rp 400.000 an saja.

5. Ikan Louhan Golden Red

Ikan Louhan Golden Red

Jenis yang selanjutnya juga merupakan ikan louhan yang sangat populer di indonesia dan menjadi salah satu ikan louhan termahal.

Ciri khasnya yang memiliki warna merah keemasan dari ujung kepa hingga ekornya ini memang sangat mempesona dan menarik perhatian mata yang melihatnya.


Untuk harganya sendiri sekitar Rp 3.000.000 an dan untuk ikan louhan golden red anakan, biasanya hanya dijual sekitar Rp 600.000 an.

6. Ikan Louhan Rainbow King

Ikan Louhan Rainbow King

Seperti namanya, ikan ini memiliki perpaduan beberapa warna layaknya pelangi. Perpaduan warna tersebut terdiri dari 5 warna berbeda yang membuat ikan ini sangat cantik.

Karena keistimewaan louhan ini, tak heran jika harganya juga tidak mau kalah dengan jenis ikan louhan lain yang juga fantastis, harganya sekitar Rp 3.000.000 an dan untuk ikan anakannya sekitar Rp 600.000 an.

Baca Juga : Makanan Ikan Louhan

7. Ikan Louhan SRD (Super Red Dragon)

Ikan Louhan Super Red Dragon

Ikan Louhan Super Red atau yang lebih akrab disebut Ikan Louhan SRD ini merupakan jenis louhan yang berasal dari Thailand. Jenis ini merupakan hasil perkawinan silang antara ikan louhan cencu dengan jenis ikan chicild.

Ciri khas dari jenis ini adalah ukuran kepalanya yang berbeda cukup jauh dari ukuran tubuhnya, serta merah merona hampir di seluruh tubuhnya dan lebih dominan di bagian kepalanya.

Harga Ikan louhan ini per ekornya biasanya dijual seharga Rp 1.500.000, apabila corak warna dan jenongnya lebih bagus, bisa lebih mahal lagi dari harga tersebut.

Selanjurnya untuk harga anakan Ikan Louhan SRD dijual sekitar Rp 400.000 an per ekornya.

8. Ikan Louhan SRS (Super Red Synspilum)

Ikan Louhan Super Red Synspilum

Jenis louhan ini juga asalanya dari Thailan dan sering dijuluki Louhan Kamfa versi Thailand. Ciri khasnya adalah mempunyai kombinsai warna merah edan orange yang sempurna dan tidak memiliki bintik bintik seperti jenis lain.

Selain karena keindahannya, jenis louhan ini juga sangat diminati karena memiliki daya tahan tubuh yang cukup baik dari berbagai macam serangan penyakit, daripada jenis jenis louhan lainnya.

Untuk harganya sendiri masih di angka 2 jutaan, bisanya dibanderol dengan harga sekitar Rp 2.500.000 per ekornya dan untuk anakan sekitar Rp 400.000 an.

9. Ikan Louhan SRT (Super Red Texas)

Ikan Louhan Super Red Texas

Meskipun nama ikan ini bernama Super Red Texas, namun jangan salah, jenis ini tidak berasal dari texas melainkan berasal dari thailan loh.

Namun pemberian nama tersebut diberikan, karena ikan ini merupakan hasil dari perkawinan silang antara ikan jenis texas chicild abu abu dengan louhan golden red.

Dari persilangan itu, menghasilkan perpaduan warna yang cantik dari induknya, yaitu memiliki warna merah merona dan dihiasi bintik putih, yang mertaa di seluruh tubuhnya.

Namun sangat disayangkan jenis ini berbeda dengan jenis louhan lain yang memiliki ukuran jeonong yang bisa tumbuh besar, jenis louhan SRT ini tidak bisa mempunyai jenong yang cukup besar, meski sudah berusia dewasa.

Dan untuk harganya sekitar Rp 2.300.000 an per ekornya dan untuk anakan, sekitar Rp 600.000 an.

10. Ikan Louhan Strom

Ikan Louhan Strom

Jenis louhan yang satu ini sepertinya masih cukup asing di kalangan masyarakat indonesia. Pasalnya jenis ini adalah ikan hasil pembudidayaan yang dilakukan para pecinta ikan hias di Thailand dan belum menyebar secara menyeluruh.

Banyak orang yang mulai tertarik dengan kecantikan ikan louhan strom dan ingin memelihara ikan hias ini. Ciri khas dari ikan ini adalah memiliki 3 corak warna berbeda, ysitu merah, biru dan silver.

Harga ikan louhan Strom di pasaran sekitar Rp 2.500.000 an, sedangkan untuk harga anakannya dijual sekitar Rp 650.000 an saja.

11. Ikan Louhan Kamalau (Kamfamalau)

Ikan Louhan Kamalau (Kamfamalau)

Lagi lagi jenis louhan ini juga berasal dari negeri tetangga Thailand, namun untuk jenis ini memiliki corak warna yang sedikit berbeda. Ciri khasnya ikan ini memiliki warna merah dan merah mudah.

Pada bagian jenognya hingga pertengahan tubuh warnanya merah muda, dan dibagian tubuh belakang sampai ekor berwarna merah keputihan dan pada ujung ujung erkonya berwarna hitam.

Untuk harganya sendiri masih cukup rendah daripada jenis jenis louhan lain, untuk ikan louhan Kemalau dewasa dijual seharga Rp 700.000 an dan untuk anakannya Rp 150.000

Daftar Harga Ikan Louhan Semua Jenis Terlengkap

Jenis Ikan LouhanHarga DewasaHarga Anakan
Ikan Louhan Kamfa Rp 3.500.000 Rp 800.000
Ikan Louhan Cencu Rp 750.000 Rp 150.000
Ikan Louhan Bonsai Rp 800.000 Rp 250.000
Ikan Louhan Golden Base Rp 1.800.000 Rp 400.000
Ikan Louhan Golden Red Rp 3.000.000 Rp 600.000
Ikan Louhan Rainbow King Rp 3.000.000 Rp 600.000
Ikan Louhan SRD (Super Red Dragon) Rp 1.500.000 Rp 400.000
Ikan Louhan SRS (Super Red Synspilum) Rp 2.500.000 Rp 400.000
Ikan Louhan SRT (Super Red Texas) Rp 2.300.000 Rp 500.000
Ikan Louhan Strom Rp 2.500.000 Rp 600.000
Ikan Louhan Kamalau (Kamfamalau) Rp 700.000 Rp 150.000

Baca Juga : Ikan Manfish

Demikian Informasi Daftar Harga Ikan Louhan yang dapat kami sampaikann, semoga dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian.


Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.