Cara Memelihara Ikan Guppy

Diposting pada

Ikan Guppy menjadi salah satu jenis ikan hias kecil yang sangat disukai untuk menghiasai aquarium, ya karena ikan ini memiliki corak warna yang begitu mempesona.

Ikan ini termasuk ikan hias yang memiliki harga lumayan mahal, terlebih lagi jika corak warna ikan unik dan langka pastinya harga ikan guppy tersebut akan sangat fantastis.

Nah jika kamu baru pertama kali memelihara ikan hias guppy, sebaiknya kamu mengetahui cara memelihara ikan hias guppy dengan benar, supaya kamu tidak salah dalam memberikan perawatan pada ikan

1. Persiapkan Akuarium yang Pas

Akuarium untuk Ikan Guppy

Sebelum memelihara ikan guppy sebaiknya persiapkan akuarium yang sekiranya mampu menampung ikan dan cukup luas untuk ikan berenang kesana kemari.

Jangan sampai akuarium yang kamu pakai untuk memeliharanya terlalu kecil dan sempit, karena sangat mengganggu pergerakan ikan dan bisa membuat ikan stres.

2. Buat Suasana Akuarium seperti di Alam Bebas

Aquascape

Berikan tanaman atau hiasan lain di dalam akuarium, lebih bagus lagi taruhlah tanaman hidup, namun untuk menambahkannya memerlukan keahliasn khusus dan biasanya dilakukan oleh orang yangsudah profesional.

Dengan memberikan hiasan ikan layaknya di alam bebas membuat ikan bisa hidup lebih damai. Seni menghias akuarium seperti ini dinamakan Aquascape.

Baca Juga : Rekomendasi Ikan Hias yang Cantik Untuk Aquascape

3. Atur Kualitas Air dengan baik

Mengatur Kualitas Air Akuarium

Salah satu hal yang harus diutamakan agar bisa memelihara ikan guppy supaya tidak mati adalah dengan menjaga kualitas air.

Ikan guppy sangat cocok pada suhu normal antara 25 – 28 derajat celcius dan dengan pH antara 7,5 sampai 8.

4. Berikan Asupan Makanan yang Cukup dan Bergizi

Makanan Ikan Guppy

Untuk menjaga kesehatan ikan, tentunya pemberian makan pada ikan guppy harus diberikan secara teratur, selain itu pemberian makanan yang bergizi juga dapat membantu mempercepat pertumbuhan ikan dan pembentukan corak warna ikan guppy kamu.

Dan yang tidak boleh kamu sepelekan adalah jangan memberikan makanan hidup yang belum kamu bersihkan terlebih dahulu, pastikan sampai kemu benar benar yakin makanan yang kamu masukan bersih dan higienis.

Karena memberikan makanan hidup yang tidak higienis sangat beresiko menimbulkan berbagai macam penyakit yang bisa kapan saja menyerang dan dapat mempersingkat umur ikan guppy yang kamu pelihara.

Baca Juga : Daftar Ikan Guppy yang Memiliki Harga Paling Mahal

5. Ganti Air Akuarium secara Teratur

Akuarium Ikan

Ikan guppy sangat sensitif dengan kondisi air yang kotor dan keruh, untuk itu sebaiknya lakukan penggantian air setiap 2 sampai 4 minggu sekali.

Untuk meminimalisir air agar tidak cepat kotor, sebaiknya pasang filter aquarium yang mampu menyaring sisa sisa makanan dan kotoran ikan guppy.

6. Jangan Menggabungkan Ikan Guppy dengan Ikan Agresif dan Predator

Memelihara Ikan Guppy

Ikan Guppy merupakan ikan yang sansitif, apalagi jika ikan guppy masih anakan, makanya jangan sekali kali menggabungkannya dengan ikan yang memiliki sifat dasar agresif.

Karena hal ini akan mengganggu ikan guppy dan biasanya akan mengakibatkan ikan menjadi stress dan bukan tidak mungkin bisa menyebabkan kematian.

Demikian artikel Cara Memelihara Ikan Guppy yang benar, semoga bisa bermanfaat dan membantu. Jangan lupa untuk share artikel ini, jika bermanfaat.

Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.