Umur Ikan Guppy

Diposting pada

Ketika Kamu sedang asyik-asyiknya, senang-senangnya menikmati keindahan ikan guppy lalu tiba-tiba ikan hias mini tersebut mati, tentunya kecewa sekali, bukan?

Kamu tidak sendirian, banyak juga para penggemar ikan guppy yang mengalami hal tersebut. Mereka pun bertanya-tanya.

Ikan Guppy

Berapa sih umur hidup ikan guppy?

Pada dasarnya ikan guppy adalah ikan hias yang mudah perawatan dan pemeliharaannya. Ikan hias ini juga mudah dibudidayakan, dan Umur ikan guppy bisa mencapai 1 sampai 3 tahun.

Namun ada beberapa masalah yang membuat ikan guppy Kamu cepat mati. Mungkin saja Kamu mengalami masalah ini. Berikut ini akan kita bahas masalah tersebut dan cara mengatasinya.

Hal-Hal Yang Memengaruhi Umur Hidup Ikan Guppy

Ikan Guppy

Jika ingin umur ikan guppy yang Kamu nikmati keindahannya lebih lama dam mencapai batas maksimal, maka perhatikan beberapa poin penting ini.

1. Perhatikan Suhu Air

Ikan guppy dikenal sebagai ikan hias yang mampu mentolerir suhu air. Namun tidak boleh terlalu rendah juga.

Suhu air yang terlalu tinggi akan membuat ikan mengalami metabolisme tinggi lalu banyak makan, cepat tumbuh namun juga cepat mati. Namun ikan guppy juga bisa mengalami stres akibat air yang suhunya cukup tinggi.

Idealnya, ikan guppy akan hidup dengan baik dalam suhu antara 25-280C. Di atas itu ikan guppy akan mudah stres dan mati. Sebaliknya jika di bawah suhu tersebut maka ikan guppy akan lambat pertumbuhannya, serta ekor tidak akan membuka secara sempurna.


2. Jaga Ikan Agar Tidak Stres

Hal yang memengaruhi tingkat stres ikan guppy adalah perubahan suhu mendadak, pencahayaan, pakan yang kurang tepat, dan kepadatan dalam tempat pemeliharaan.

Jika ingin umur ikan guppy yang kamu miliki mencapai batas maksimal, maka perhatikanlah hal-hal tersebut.


Jangan meletakkan akuarium pada tempat yang mudah berubah suhunya secara mendadak. Berilah makanan yang bervariasi dan bergizi.

Perhatikan juga kepadatan ikan hias dalam akuarium. Jangan sampai terlalu banyak. Sebagai patokan, untuk akuarium berukuran 40 x 40 x 60 cm sebaiknya diisi maksimal 50 ekor ikan guppy. Sedangkan jika dicampur dengan ikan lainnya maka harus lebih besar lagi.

3. Perhatikan Kualitas Air Aquarium

Kualitas air dalam akuarium tempat Kamu memelihara ikan guppy berpengaruh pada pertumbuhan, warna ikan dan kesehatannya.

Karena itu sebelum dimasukkan dalam aquarium, sebaiknya air dalam akuarium telah diendapkan paling tidak 2 hari.

Perhatikan juga kebersihan air aquarium. Gunakan sistem aerasi yang baik namun jangan terlalu kuat agar ikan tidak ikut tersedot sehingga ekornya rusak.

Tidak hanya aerasi saja, air dalam aquarium setidaknya seminggu sekali harus diganti. Tidak semuanya, cukup buang 1/3 airnya lalu tambahkan air baru dalam akuarium.

  1. Untuk ukuran pH atau keasaman air
  2. ikan guppy senang dengan pH sekitar 7.
  3. Ikan guppy juga senang dengan air aquarium yang diberi satu sendok garam untuk satu galon air.

4. Hindari Perkawinan Sedarah

Ternyata ikan guppy tidak boleh “menikah” dengan saudaranya. Tapi ini berdasarkan pengalaman sebagian pemilik ikan guppy.

Jadi dalam pemeliharaan ikan guppy, jika sampai beranak maka harus dipisahkan anakan jantan dan betina dan jangan sampai terjadi perkawinan antar sesama peranakan satu induk.

Baca Juga : Harga Ikan Guppy

Sebenarnya berapa lama umur ikan guppy itu tergantung cara kita memeliharanya asal tidak sakit ikan guppy bisa hidup lebih dari 3 tahun. nah cara-cara di atas bisa Kamu terapkan agar umur hidup ikan guppy bisa lebih panjang.

Demikianlah beberapa hal yang membuat umur ikan guppy bisa mencapai batas maksimal dan tidak gampang mati.

Dengan perawatan dan perhatian serta pengalaman memelihara ikan guppy maka Kamu akan lebih teliti dan mendapat pengalaman baru. semoga bermanfaat !!


Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.