Penyakit Ikan Guppy

Salah satu resiko terbesar dalam budidaya ikan hias adalah resiko terserangnya penyakit, seperti halnya ikan guppy yang cukup rentan terhadap berbagai macam penyakit, apabila tidak dirawat dengan baik.

Banyak jenis penyakit ikan guppy yang cepat menular dan tidak kunjung sembuh biasanya akan mengakibatkan ikan guppy cepat mati.

Untuk itu kamu harus mengetahui ciri ciri guppy yang sedang sakit dengan itu kamu bisa mencoba melakukan pengobatan pada ikan tersebut

Ciri Ciri Ikan Guppy sedang Sakit

Ikan Guppy terkena Penyakit

Ikan yang sedang sakit akan dengan mudah dilihat, beberapa ciri cirinya diantaranya adalah :

  • Ikan sering berdiam diri di dasar akuarium
  • Atau ikan sering diam di permukaan akuarium
  • Pergerakan Ikan Sangat Lamban (Loyo)
  • Warna Ikan tidak cerah (pucat)

Daftar Penyakit Ikan Guppy dan Cara Mengobatinya

Penyakit Kutu Jarum

Penyakit ini merupakan salah satu faktor penyebab kematian ikan yang cukup besar, pasalnya jika ikan terkena penyakit ini biasanya sulit untuk diselamatkan.

Penyakit ini juga mudah untuk menular ke ikan lainnya, jika salah satu ikan terindikasi terkena penyakit ini, sebaiknya segera pisahkan dan lakukan pengobatan sesegera mungkin.

Cara Mengobati penyakit ini :

Gunakan cairan abate ataupun bisa juga dengan menaruh akuarium ke tempat yang terpapar sinar matahari, karena penyakit ini tidak bisa berkembang bila ada cahaya matahari.

Baca Juga : Daftar Ikan Guppy dengan Harga Termahal

Penyakit White Spot

Penyakit white spot sangat mudah dikenali, karena perubahan pada sisik ikan sangat terlihat jelas, yaityu munculnya bintik bintik putih pada tubuh ikan.

Biasanya jika ikan terkena white spot seluruh tubuh ikan gatal dan ikan tidak akan tenang dan akan berenang ke sana ke mari sambil menggosok gosokan tubuhnya.

Cara Mengobati Penyakit Ini :

Segera pisahkan ikan yang terjangkit penyakit ini, dan berikan obat anti jamur seperti methilybe blue atau bisa juga dengan produk lainnya yang bisa kamu temui di toko toko ikan hias.

Penyakit Kembung

Penyakit ini merupakan penyakit peradangan usus ikan, tanda tandanya dapat terlihat perut ikan membengkak dan biasanya ikan akan berdiam diri di dasar akuarium, karena ikan sulit untuk berenang.

Cara Mengobati penyakit ini :

Pisahkan ikan yang sedang sakit kembung, taruh di akuarium yang telah diberi garam inggris, dengan takaran “1 sendok teh garam inggris untuk 1/2 liter air bersih”

Setelah itu jangan langsung dimasukan ikan guppy yang sedang sakit, biarkan mengendap sekitar 3 jam. Setelah itu baru masukan ikan ke dalamnya.

Baca Juga : Ikan Hias Aquascape yang Bagus dan Cantik

Penyakit Jamur Mulut

Penyakit ini akan sangat mengganggu ikan, karena ikan guppy akan kesulitan untuk mengonsumsi makanan. Ciri cirinya terlihat pembengkakan pada bagian mulut dan berwarna putih.

Selain menyebabkan kesulitan makan, penyakit yang disebabkan oleh jamur ini juga bisa mengganggu pernafasan juga.

Cara Mengobati penyakit ini :

Masukan ikan ke akuarium terpisah dan berikan auremycin, dengan takaran 25mg untuk 1 galon air, lalu tambahkan 2 tetes metopen, dan 1 tetes obat merah.

Biarkan selama 3 hari, jika tidak ada perubahan ganti air dan berikan obat yang sama, lakukan sampai benar benar sembuh.

Penyakit Kutu Ikan

Gejala ikan terkena penyakit ini adalah ikan akan gelisah dan tidak bisa tenang, serta menurunnya nafsu makan ikan. Penyakit ini disebabkan oleh parasit Copepoda.

Cara mengobati penyakit ini :

Campurkan 4 tetes kalium permanganate dengan 4 liter air bersih dan lakukan penggantian 1 minggu sekali, sampai ikan benar benar terbebas dari kutu ikan.

Nah demikian tadi, di atas adalah beberapa jenis penyakit yang seringkali ditemui menyerang ikan guppy,

Baca Juga : Cara Mudah Memelihara Ikan Guppy

Untuk menjaga agar ikan tetap terhindar dari serangan berbagai macam penyakit, kebersihan akuarium dan asupan makanan ikan guppy harus sangat diperhatikan.

Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.