Penyakit Ikan Oscar

Diposting pada

Meskipun ikan oscar merupakan ikan predator yang cukup kebal terhadap penyakit, namun ada beberapa penyakit yang dapat sangat mematikan terhadap ikan oscar.

Munculnya bermacam penyakit yang menyerang ikan hias oscar diakibatkan karena kurangnya perhatian terhadap kebersihan akuarium.

Tentunya apabila akuarium kotor, akan mendatangkan berebagai macam penyakit yang dapat menginfeksi ikan secara cepat dan biasanya sangat mudah menular ke ikan lain.

Beberapa penyakit ikan oscar yang paling sering ditemui adalah HITH, White Spot, Sisik Lepas, dan Jamuran.

Sebagian besar penyakit di atas disebabkan oleh akuarium yang kotor, karena dalam air yang kotor terdapat banyak sekali bakteri yang akan tumbuh dan dapat menjadi bibit penyakit.

Macam Macam Penyakit Ikan Oscar

Ikan Oscar Sedang Sakit

Banyak pendapat yang mengatakan jika ikan oscar sangat jarang terkena penyakit mungkin masih dapat diteloreansi. Pasalnya para petani ikan memeliharanya dengan menjaga ketat keberesihan kolam dan membereikan makanan yang berkualitas.

Namun tak dapat dipungkiri, meskipun kita sudah menjaga kebersihan air dengan baik, tetap saja ada bakteri yang masuk dan menjadi bibit penyakit pada ikan oscar yang kita pelihara.

Nah untuk itu kita harus selalu berjaga-jaga, minimal kita memahami penyakit apa yang menyerang ikan oscar dan mengetahui bagaimana cara mengobatinya.

Dan berikut di bawah ini beberapa penyakit yang sereing kita temui menyerang ikan hias oscar, simak penjelasannya di bawah ini :

Penyakit HITH

Ikan Oscarb Terkena HITH

Faktor penyebab penyakit oscar yang satu ini adalah karena faktor lingkungan dan pemberian makanan yang kurang tepat.

Penyakit ini dapat berkembang pesat, apabila ikan kekurangan nutrisi makanan berkepanjangan, namun tidak menutup kemungkinan ada faktor lain yang mendorong penyakit ini bisa berkembang lebih cepat.

Selain itu faktor lain yang menyebabkan munculnya penyakit ini adalah karena kandungan oksigen di dalam akuarium kurang karena terlalu banyaknya ikan yang ada, sehingga memenuhi ruang yang ada di dalam akuarium.

Gejala Penyakit HITH

Gejala awal yang muncul, biasanya adanya bulatan kecil pada bagian wajah, insang dan mulut ikan. Jika penyakit tidak segera diobati, maka lubang tersebut akan membesar dan bernanah.

Jika sudah masuk tahap yang parah, bulatan tersebut akan berubah menjadi lubang yang akan terus mengeluarkan nanah di kepala.

Apabila sudah memasuki fase parah, biasanya ikan akan menjadi lesu dan nafsu makannya akan berkurang secara drastis.

Apabila sudah masuk ke fase ini biasanya akan berujung pada kematian, apabila tidak ditangani dengan baik.

Pengobatan Penyakit HITH

Cara mengobati penyakit ini adalah dengan ruti mengganti 30 persen dari volume air secara rutin setiap tiga hari sekali.

Dan berikan makan secara rutin, jika biasanya diberi 2 kali sehari, sekarang berikan makan ikan oscar 3 kali sehari, hal ini sangat membantu penyembuhan penyakit.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Oscar dengan Mudah

Penyakit Jamuran

Ikan Oscar Terkena Jamuran

Penyakit ini sepertinya memang sangat umum menyerang hampir semua jenis ikan, tidak pandang bulu ikan apa yang ada di dalam akuarium.

Penyakit ini biasanya muncul apabila pada tubuh ikan terdapat luka pada tubuh ikan, sehingga bakteri akan menempel dan mengakibatkan tumbuhnya jamur.

Bukan hanya menyerang ikan oscar yang terluka, penyakit jamur ini juga sangat beresiko dapat menyerang telur telur ikan yang ada di dalam akuarium yang sama.

Untuk itu jangan pernah memilih indukan oscar yang sedang terkena penyakit jamuran, pilihlah ikan yang sehat dan tidak terkena penyakit apapun.

Jamur yang menyerang ikan hias oscar biasanya adalah jenis Saprolegina dan Achlya. Kedua jenis jamur ini ukurannya sangat kecil dan tidak mungkin bisa dilihat dengaan mata telanjang, umtuk melihatnya kita membutuhkan bantuan mikroskop.

Gejala Penyakit Jamuran

Apabila ikan terkena jamuran, biasanya pada sisik sisiknya akan terlihat dengan jelas, apalagi jika teredapat luka makan penyakit ini akan sangat cepat berekembang.

Nafsu makan ikan oscar akan menurun dan ikan sering menggosok gosokan ikan ke benda di sekitar atau ke dinding akuarium.

Pengobatan Penyakit Jamuran

Ada dua cara untuk mengobati penyakit ini, yaitu :

  1. Mengobati dengan menggunakan obat merah (Mercurochrome) 0,2% dan oleskan pada bagian tubuh ikan yang terkena penyakit jamuran dengan menggunakan bantuan kapas bersih.
  2. Larutkan Malacytgreen 0,2% sebanyak 20ml ke dalam 20 liter air bersih dan rendam ikan yang terkena penyakit ke dalamnya selama 1/2 sampai 1 jam.

Baca Juga : Ikan Pemakan Lumut dan Kotoran Lainnya

Penyakit White Spot

Penyakit White Spot

Penyakit white spot atau yang biasa disebut dengan penyakit bintik putih disebabkan karena serangan protozoa bernama Ichtyyopthirus multiffilis (disebut ich).

Gejala Penyakit White Spot

Tanda ikan oscar kamu terkena penyakit ini adalah munculnya bintik putih pada bagian tertentu dan biasanya lama kelamaan akan menyebar ke seluruh tubuh ikan.

Namun sebelum bintik muncul, biasanya sudah ada tanda tanda yang muncul terlebih dahulu, seperti : banyaknya lendir pada sisik ikan oscar, frekuensi pernafasan ikan meningkat drastis, warna ikan pucat.

Pengobatan Penyakit White Spot

Untuk mengobati penyakit ini, gunakan 2 metode pengobatan di bawah ini :

  1. Larutkan zat Chloramine 1% sebanyak 20ml ke dalam air bersih sebanyak 20 liter air, kemudian rendamlah ikan ke dalamnya selama 1 hari penuh.
  2. Larutkan zat Merurochrome 2% sebanyak 10ml ke dalam 22,5 liter air bersih dan masukan ikan yang terkena white spot ke dalamnya selama 5 menit, lakukan seminggu sekali sampai ada perubahan atau penyakit berkurang.

Penyakit Sisik Lepas

Penyakit Ikan Oscar

Penyebab utama terjadinya pelepasan sisik ikan oscar adalah karena aktifitas mekanis yang tidak sesuai.

Misalnya menaruh ikan oscar di dalam akuarium dengan jmulah ikan yang melebihi kapasitas hingga ikan berdeesak desakan dan ikan akan bergesekan dengan sesama ikan oscar lainnya.

Maka hal ini menyebabkan gesekan yang tentunya lama kelamaan akan menyebab rontoknya sisik ikan. Dan masih banyak faktor lain yang menyebabkan rontoknya sisik ikan.

Selain itu apabila sisik ikan rontok biasanya menimbulkan luka dan dapat menyebabkan munculnya penyakit jamuran dan menyebar di seluruh sisik ikan.

Tentunya jika sisik ikan rontok akan mengurangi keindahan si ikan dan akan menjatuhkan harga ikan oscar.

Pengobatan Terhadap Sisik yang Lepas

Apabila terdapat sisik ikan yang mengelupas, sebaiknya berikan pengobatan yang tepat. Berikan larutan Methelene Blue ke dalam akuarium, supaya tidak muncul bakteri yang menyebabkan penyakit jamuran.

Baca Juga : Daftar Makanan Ikan Oscar Terbaik

Pencegahan Penyakit Ikan Oscar

Merawat Akuarium Ikan Oscar agar Tetap Bersih

Tentunya semua orang yang memelihara atau membudidaya ikan oscar tidak menginginkan ikannya terkena serangan penyakit.

Untuk mencegah berbagai jenis penyakit yang mungkin bisa datang, selalu jaga kebersihan air akuarium, jangan sampai air menjadi keruh.

Karena kotoran di dalam akuarium dapat memicu banyaknya penyakit yang dapat menyerang ikan hias kamu kapan saja dan jika kita tidak segera mengobatinya dapat berujung ikan akan mengalami kematian.

Demikian artikel tentang Bermacam Penyakit Ikan Oscar dan Cara Mengobatinya, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan membantu kalian semua.

Aapabila ada masukan atau pertanyaan seputar artikel ini, silahkan kirimkan melalui kolom komentar yang teresedia di bawah ini.

Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.