Penyakit White Spot

Diposting pada

Ada beragam penyakit yang bisa menyerang ikan hias, salah satunya penyakit white spot, penyakit ini seringkali menyerang ikan hias air tawar.

Salah satu penyebab yang paling utama adalah karena masalah kebersihan akuarium. Akuarium yang keruh dan kotor menjadi pemicu utama hampir semua penyakit.

Ikan Hias Terkena White Spot

Sebelumnya, udah pada tahu apa itu penyakit white spot? Secara singkatnya penyakit ini adalah yang menyebabkan bintik bintik putih pada kulit / sisik ikan dan apabila dibiarkan akan bertambah banyak.

Dan jangan dianggap remeh, jika dibiarkan terus menerus lama kelamaan akan mengganggu kehidupan ikan dan bukan tidak mungkin juga akan mengakibatkan kematian.

Lalu, bagaimana cara mengatasi penyakit white spot yang seringkali meresahkan para pemelihara ikan hias ini? Silahkan disimak baik baik ulasannya di bawah ini :

1. Tingkatkan Oksigen dengan Memberi Aerator

Aerator Akuarium

Pada dasarnya ikan hias memerlukan yang namanya oksigen, yang ternyata dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ikan.

Selain itu kualitas hidup sang ikan juga menjadi lebih baik lagi dan bisa mengurangi resiko ikan hias stres.


Penyakit white spot bisa menyebabkan ikan hias kesulitan untuk bernafas, untuk itu sistem aerasi yang baik dapat membantu pernafasan ikan.

Dan apabila ikan belum terkena white spot dengan cara ini akan mengurangi resiko ikan terjangkit penyakit white spot.

2. Berikan Metil Biru (Methylene Blue)

Methylene Blue

Para pembudidaya ikan hias, biasanya menggunakan obat ini untuk mengobati ikan yang terkena jamur, protozoa dan mikroorganisme lain.

Metil biru ini sangat mudah ditemui di toko toko ikan, wujudnya cair dan berwarna biru dan untuk harganya sendiri cukup murah.

Namun dalam menggunakannya kamu tidak boleh terlalu banyak, untuk akuarium kecil ukuran 20 cm an cukup berikan 1 – 2 tetes saja.

Sebaiknya jangan langsung teteskan metil biru ke dalam air akuarium, campur kan terlebih dahulu dengan sedikit air, baru kemudian kamu bisa memasukannya dan juga jangan di 1 tempat masukan secara merata ke seluruh bagian akuarium.

3. Atur Suhu Air Sekitar 30 derajat Celcius

Heater Akuarium

Selanjutnya yang perlu kamu perhatikan untuk mengatasi penyakit white spot pada ikan hias adalah dengan mengedalikan suhu air. Atur suhu air sekitar 30 derajat celcius.

Suhu air yang tinggi ternyata dapat mempersulit parasit penyebab white spot menggandakan diri, selain itu parasit yang sudah ada juga lama kelamaan akan mati pada suhu yang tinggi.

Namun kamu juga harus memperhatikan suhunya jangan terlalu tinggi, alih alih ingin membasmi bakteri penyebab white spot justru ikan yang kamu pelihara malahan yang ikutan mati.


4. Berikan Garam Ikan

Garam Ikan

Cara ini sepertinya, cara yang paling umum atau sering dilakukan, mengingat caranya sangat simpel dan tidak memerlukan banyak biaya.

Caranya kamu cukup memasukan garam ikan secukupnya ke dalam akuarium pengobatan yang berisi ikan hias yang sedang diobati. Atau bisa juga diberikan ke akuairum biasa namun dengan dosis yang lebih rendah untuk menghindari penyakit white spot tumbuh.

5. Beri Daun Ketapang

Daun Ketapang Untuk Ikan Hias

Selain tips yang sudah saya sebutkan di atas, pengobatan ikan yang terkena white spot bisa juga dengan menggunakann daun ketapang.

Dengan cara ini tentunya kamu tidak perlu mengeluarkan biaya, karena kamu bisa mencarinya, banyak biasanya pohon ketapang tumbuh di pinggiran jalan raya, atau yang lebih banyak berada di pinggiran pantai karena merupakan habitat aslinya.

Daun ketapang memang dipercaya dapat mengobati banyak penyakit ikan hias, fungsi dari daun ketapang ini adalah untuk menurunkan pH air, selain itu ternyata juga dapat berguna untuk mengobati penyakit white spot.

Cara menggunakannya sngat mudah, kamu cukup menaruh daun ketapang ke dalam air akuarium dan berikan ganjalan batu kecil agar daun tidak naik ke atas.

Lama kelamaan air akan berubah menjadi kecoklatan yang berarti zat dari daun ketapang sudah mudal menyebar yang dapat membantu menghilangkan bakteri penebab white spot.

Setelah 3 hari, cobalah untuk mengganti air tadi, kuras dan gantilah dengan air yang baru.

6. Kuras 1/4 Air dari Total Air Akuarium

Menguras Akuairum

Tips merawat ikan hias yang satu ini cukup efektif untuk mengurangi resiko ikan terkena penyakit white spot karena dapat membuang bakteri jahat dari dalam akuarium.

Namun dalam menguras akuarium jangan terlalu seirng, karena akan menghilangkan zat klorin di dalam akaurium yang dapat mengakibatkan ikan menjadi stres.

7. Berikan Makanan yang Bersih dan Higienis

Pelet Ikan Hias

Tips agar ikan terhidanr dari serangan penyakit seperti white spot adalah dengan memberikan makanan yang bersih dan higienis, apabila kamu masih baru belajar memelihara ikan hias, sebaiknya berikan pelet ikan hias saja.

Namun apabila ikan yang kamu pelihara adalah ikan predator, karena makanannya harus lebih sering diberi pakan alami atau yang masih hidup.

Untuk mengurangi resiko penyebaran penyakit, sebaiknya lakukan karantina terlebih dahulu selama sehari, sebelum ikan untuk pakan ikan predator kamu berikan.

Tentunya memberikan makanan berupa pelet ikan sangat lebih aman dari resiko penyebaran bakteri, dan sangat efektif untuk mencegah penyebaran penyakit white spot.

Demikian artikel Tentang Penyakit White Spot yang seringkali menjengkelkan saat memelihara ikan hias. Dan tentunya dengan perwatan dan pengobatan yang baik terhadap ikan yang terkena penyakit bisa mengurangi resiko kematian akibat white spot.


Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.