Ikan Pembersih Akuarium

Diposting pada

Saat memiliki akuarium, pastinya lama kelamaan akan tumbuh banyak lumut dan juga banyak kotoran yang menempel di dinding kaca akuarium, tentunya untuk mengatasi hal ini kamu memerlukan ikan pembersih akuarium untuk membantu membersihkannya.

Tentunya semakin tebal lumut dan kotoran tersebut akan mengurangi keindahan akuarium jika dilihat. Tentunya tidak mungkin kan sering sering membersihkan lumut secara manual, tentu dengan cara ini akan mengganggu ikan yang tinggal di akuarium tersebut.

Namun jangan khawatir, untuk mengatasi akuarium yang tercemar karena tumbuhnya lumut, alga dan juga kotoran lainnya, dapat dengan mudah diatasi dengan menambah peliharaan di dalam akuarium tersebut.

Tidak semua ikan bisa melakukan ini, hanya jenis ikan pembersih kaca dan kotoran akuarium yang bisa melakukannya, beberapa jenis ikan tersebut ialah : Ikan CAE, Ikan SAE, Ikan OTO, Ikan Corydoras, Ikan Brushmouth, Ikan Pleco, Ikan Siamese Flying Fox.

Daftar ikan di atas dapat membantu kamu menjaga kebersihan akuarium dan mengurangi jumlah kotoran yang ada di dalam akuarium.

Pasti penasaran kan, ikan di atas seperti apa? Tenang di bawah ini Suka Ikan sudah menguraikan secara lengkap ikan ikan di atas.

Daftar Ikan Pembersih Kaca Akuarium dari Lumut, Alga dan Kotoran Lain

1. Ikan CAE (Chinesse Algae Eater)

Ikan CAE (Chinesse Algae Eater)

Ikan yang pertama ini memiliki warna kuning keemasan, tentunya dengan memelihara ikan ini bukan hanya sebagai ikan pembersih saja namun bisa juga dijadikan ikan hias yang multifungsi.


Ikan ini termasuk ke dalam ikan herbivora atau Pemakan tumbuhan, ikan jenis ini juga sangat suka memakan lumut dan kotoran akuarium.

Namun ikan ini juga bisa mengganggu dan memakan ikan lain yang ukurannya lebih kecil, sebaiknya pisahkan ikan ini jika ukurannya telah lebih besar dari ikan hias yang ada di akuarium.

2. Ikan SAE (Siamese Alga Eater)

Ikan SAE (Siamese Alga Eater)

Selanjutnya ada ikan SAE, ikan jenis ini juga sangat populer digunakan sebagai ikan pembersih dan pemakan alga serta kotoran kotoran lainnya yang ada di dalam akuarium.

Berbeda dengan ikan CAE yang bisa menyerang ikan kecil lain, ikan ini bisa dicampur dengan ikan hias kecil lain. Dan selain pemakan lumut, SAE juga memakan cacing pipih yang mengganggu di dalam akuarium yang dapat mengganggu kesehatan ikan.

3. Ikan OTO (Otocinclus Affinis)

Ikan OTO (Otocinclus Affinis)

Jenis ikan pemakan lumut yang satu ini ukurannya lebih kecil dari kedua ikan di atas, ukurannya hanya sekitar 5 cm saja. Namun meskipun ukurannya kecil, ternyata kecil kecil cabe rawit loh.


Karena ikan ini sangat tangkas dalam membersihkan akuarium dari kotoran yang membandel dan hidup di dalamnya, tentunya ikan ini sangat direkomendasikan sebagai pembersih akuarium deh.

Ikan OTO juga cinta damai, jadi bisa digabungkan dengan berbagai jenis ikan hias akuarium lainnya. Akan tetapi untuk mendapatkannya cukup susah, karena hal inilah harganya pun lumayan mahal.

4. Ikan Corydoras

Ikan Corydoras

Ikan yang satu ini cukup unik loh, dalam bahasa yunani, Corydoras memiliki arti : Cory artinya helm dan doras artinya kulit. Ikan ini merupakan ikan yang termasuk ke dalam keluarga lele yang merupakan subfamily Coradinae.

Nah ikan yang satu ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai ikan pembersih akuarium, karena ikan ini sangat suka memakan lumut dan alga, selain itu juga biasanya akan memakan sisa sisa makanan dari ikan lain yang ada di dasar akuarium.

Ukurannya yang cukup kecil, tentunya sangat cocok untuk dimasukan ke dalam akuarium dengan berbagai jenis ikan hias lainnya dan tidak akan mengganggu karena sifatnya sangat pendiam.

Baca Juga : Ikan Corydoras

5. Ikan Pleco (Bristlenose Plecos)

Ikan Pleco (Bristlenose Plecos)

Di indonesia ikan ini sering disebut dengan nama ikan sapu sapu. Ikan ini sangat dikenal sebagai ikan yang dapat memakan kotoran dan sangat membantu dalam urusan kebersihan akuarium.

Sifat ikan pleco, sangat beragam ada yang aktif dan ada yang pasif, tentunya dalam menaruh ikan ini pastikan tidak sembarangan digabung dengan ikan kecil yang memiliki sifat sensitif tehdapat lingkungan sekitar.

6. Ikan Brushmouth

Jenis ikan pembersih akuarium yang selanjutnya adalah brushmouth, yang merupakan ikan yang masih sejenis dengan ikan pleco atau sapu sapu.

Ikan ini sangatlah bagus untuk dijadikan pembersih kotoran dan alga di dalam akuarium, bahkan ikaan ini sangat sering menempel di dinding dan tumbuhan yang ada di dalam akuarium.

Tentunya tingkat kebersihannya bisa terjamin, apabila memelihara ikan ini deh. Selain itu warna ikan ini juga cukup menarik tentunya bisa menambah keindahan akuarium kamu.

7. Ikan Siamese Flying Fox

Ikan Siamese Flying Fox

Ikan ini pemakan kotoran yang satu ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai ikan pembersih kaca aquascape, selain itu ukurannya kecil dan warnanya juga cukup menarik. Jenis ikan Siamese ini juga bisa digabungkan dengan ikan hias lainnya.

Nah sudah tahu kan sekarang apa saja ikan pembersihakuarium yang dapat membersihkan lumut, alga dan kotoran lain yang menempel di kaca akuarium. Semoga bermanfaat!


Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.