Ikan Hias Kecil Bergerombol

Diposting pada

Banyak sekali jenis ikan hias yang cantik dan menawan, namun tidak semua jenis ikan hias bisa hidup bergerombol atau bersama tanpa saling menyerang.

Nah sebelum memelihara ikan hias, tentunya kita harus mengetahui ikan apa saja yang bisa digabungkan dengan ikan hias lainnya, supaya tidak berkelahi di dalam akuarium.

Biasanya ikan hias kecil yang bisa dicampur memliki harga yang murah, selain itu warnanya juga sangat beragam, dari yang satu warna hingga warna warni.

Kenapa Ikan Hias Suka Bergerombol?

Ikan suka bergerombol, tentnya ada penyebabnya dan berikut beberapa alasan kenapa ikan suka berkelompok daripada hidup sendirian / menyendiri.

  • Ikan akan merasa lebih aman dari serangan ikan lain atau predator
  • Lebih Mudah menemukan jodoh, apabila hidup bersama dengan kelompok.
  • Bahkan beberapa jenis ikan yang suka berkelompok ini, akan mati jika hidup sendirian di akuarium, mungkin karena kesepian jadi tidak nafsu makan.

Ikan Hias Kecil Bergerombol yang Mudah Dipelihara

1. Ikan Platy

Ikan Platy

Ikan hias ini merupakan salah satu ikan hias yang cantik dan memiliki warna yang sangat beragam, yang merupakan hasil perislangan antar ikan platy.  Ikan platy juga merupakan ikan hias kecil bergerombol loh.

Baca Juga : Cara Memelihara Ikan Platy

2. Ikan Guppy

Ikan Guppy Blue Moscow Albino

Salah satu ikan yang paling direkomendasikan jika ingin memeiliki ikan hias yang cantik namun dengan harga yang cukup murah adalah Ikan Guppy.

Sekilas ikan ini mirip dengan ikan cupang, jika orang awam melihatanya pasti akan menamai ikan guppy dengan ikan hias cupang.

Selain ikan ini memiliki corak warna yang cantik cantik, seperti halnya ikan cupang, ternyata ikan hias cantik yang satu ini juga sangat suka hidup secara bergerombol loh.

Baca Juga : Ikan Guppy Termahal

3. Ikan Molly

Ikan Molly

Ikan hias ini merupakan ikan yang cocok untuk kamu yang ingin mulai belajar memelihara ikan hias, selain ikannya cantik memelihara ikan ini juga tidak sesulit yang kamu bayangkan.

Ikan ini sangat mudah untuk dipelihara dan pastinya tidak mudah terkena penyakit. Namun dengan catatan kamu harus menjaga kebersihan akuarium ya.

4. Ikan Pedang

Ikan Pedang

Nah ikan yang satu ini merupakan ikan hias yang sangat populer karena keindahan ekornya, ekor ikan ini memiliki cirikhas yaitu memanjang dan lancip mirip dengan pedang. Warna ikan pedang juga sangat beragam dan tentunya warnanya juga sangat menarik.

5. Ikan Zebra

Ikan Zebra

Ikan hias kecil mungil, yang satu ini cukup unik nih. Warna ikan ini bercorak hitam putih, seperti hewan zebra. Ikan ini sangat zinta damai dengan ikan hias lain

Jadi apabila ingin memeelihara ikan ini dengan ikan hias lainnya its oke, bisa menambah keciantikan akuarium kamu deh.

Namun ikan ini merupakan ikan yang agresif, ikan hias ini sangat suka melompat ke atas, jadi jika ingi memelihara ikan hias ini, kamu harus mempersiapkan penutup akuarium ya, biar ikan ga lompat keluar.

6. Ikan Neon Tetra

Ikan Neon Tetra

Nah ikan yang satu ini juga merupakan ikan yang sangat disukai oleh para pecinta ikan hias, biasanya ikan ini dijadikan sebagai hiasan aquascape.

Hal ini dikarenakan ikan ini memiliki karakteristik sisik yang bisa menyala, jadi akan menambah nilai keindahan di dalam aquascape kamu.

Neon Tetra juga merupakan ikan yang mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya, jadi tidak ada perawatan khusus yang harus kamu lakukan jika memelihara ikan hias yang satu ini.

Meskipun ikan ini sangat suka bergerombol, namun kamu jangan menggabungkan ikan ini dengan ikan hias yang ukurannya jauh lebih besar ya.

Mengingat ikan ini ukurannya sangat kecil, tentunya dikhawatirkan ikan neon tetra akan dimakan oleh ikan hias lain. Jika ingin menggabungkan, pilihlah ikan yang ukurannya masih seimbang. sepeti halnya ikan guppy dan molly.

7. Ikan Cupang

Ikan Cupang

Kamu pasti menganggap ikan ini tidak bisa digabungkan dengan ikan apapun, hal ini karena ikan ini terkenal sangat agresif, namun ternyata tidak demikian.

Ikan hias cupang, bisa digabungkan dengan ikan hias lainnya. Namun ikan tersebut ukurannya harus lebih besar darinya, mungkin takut kalau sama ikan yang lebih besar.

Selain itu kamu juga bisa loh menaruh sesama ikan cupang di dalam 1 akuarium, namun harus dengan perbandingan 1 : 3 antara jantan dan betina.

8. Ikan Cardinal Tetra

Ikan Cardinal Tetra

Jika dilihat sekilas, ikan ini memang sangat mirip dengan ikan neon tetra, yang sudah dibahas sebelumnya di atas. Namun kedua ika ini merupakan ikan yang berbeda.

Ikan ini memiliki tubuh yang kecil, masih seukuran dengan ikan neon tetra, untuk karakteristik ikan juga hampir sama, keduanya merupakan ikan hias kecil bergerombol dan bahkan tidak bisa hidup sendirian di dalam akuarium.

9. Ikan Harimau Sumatera

Ikan Harimau Sumatera

Ikan yang satu ini memiliki corak tubuh seperti harimau sumatera, belang oranye dengan hitam. Ikan jenis ini juga merupakan ikan yang hidup berkelompok secara bersama.

Namun ikan ini sekarang sangat sulit ditmui, bahkan dikabarkan ikan hias cantik yang satu ini terancam punah karena diakibatkan kerusakan lingkungan.

Ikan Black Ghost

Ikan Black Ghost

Ikan yang satu ini merupakan ikan yang sangat unik, jika dibandingkan dengan jenis lain yang sudah disebutkan di dalam artikel ini.

Ada banyak nama panggilan untuk ikan yang satu ini, mulai dari ikan bendera, ikan bulu ayam, hingga ikan listrik, ya karena ikan hias ini mampu mengalirkan arus listrik.

Ikan ini juga suka berkelompok, hanya saja tidak terlalu terlihat karena ikan ini juga agak malu malu dan biasanya berkelompok di tempat tempat yang tersembunyi.

Ikan Lemon

Ikan Lemon

Ikan hias yang satu ini juga merupakan ikan yang cinta damai dan sangat suka hidup berkelompok atau bergerombol.

Ciri khas dari ikan ini adalah memiliki warna kuning di hampir seluruh tubuhnya, selain pada siripnya yang memiliki corak warna hitam.

Perawatn ikan ini juga sangat mudah dan tidak memerlukan perawatan yang sulit, yang terpenting air akuarium tetap bersih dan makanan tercukupi ikan lemon akan terus hidup sehat.

Ikan Mas Koki

Ikan Mas Koki

Ikan jenis ini merupakan ikan yang sangat populer, ikan ini bisa hidup berdampingan dengan ikan jenis apapun. Namun perlu digaris bawahi, ikan hias yang satu ini tidak cocok untuk hiasan aquascape, karena sifatnya yang agresif dan merusak.

Maka jangan sekali kali menaruhnya ke dalam aquascape, jika tidak ingin dirusak oleh ikan ini, jika ingin memelihranya pelihara ikan dalam akuarium biasa dengan hiasan secukupnya.

Ikan Komet

Ikan Komet

Nah ikan ini merupakan keturunan dari ikan mas koi, jadi sudah dapat dipastikan ikan ini bisa hidup bergerombol dengan berbagai jenis ikan hias.

Namun sepertinya sifat merusak dari ikan mas koki masih tertanam dalam diri ikan komet. Jadi ikan sebaiknya dipellihara dalam akuarium biasa, jangan paksakan memasukannya ke dalam auascape.

Demikian tadi Daftar Ikan Hias Kecil yang Suka Hidup Begerombol dan bisa Dicampurkan dengan Ikan Hias lainnya, semoga bisa bermanfaat untuk kamu yang akan memelihara ikan hias.

Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.