Ikan Zebra

Diposting pada

Di indonesia masih sangat jarang yang mengetahui nama Ikan Zebra ini. Namun karena corak warnanya yang menarik, belakangan ini ikan ini mulai banyak yang memeliharanya.

Ikan zebra ini sangat cocok untuk menjadi ikan hias aquascape, karena bentuknya kecil dan memiliki warna yang cantik dan begitu menarik.

Ikan ini termasuk ke dalam jenis ikan hias air tawar, Ikan Zebra juga biasa disebut dengan nama Ikan Striped Danio atau Zebrafish.

Karakteristik

Ikan Zebra

Zebra Danio (Danio rerio) merupakan ikan yang masuk ke dalam keluarga Cyprinidae.

Ikan ini memiliki beragam warna, yang menjadi ciri khas ini adalah terdapat corak garis horizontal di sepanjang tubuhnya.

Dengan tubuh yang ramping, ikan ini memiliki karakter yang cukup agresif dan biasa berenang ke sana kemari.

Hampir sama dengan ikan neon tetra, ikan hias zebra juga sangat suka bergerombol dalam banyak kelompok, kesan keindahan akan nampak terlihat jika ikan ini hidup dalam jumlah banyak dalam 1 akuarium.

Habitat Asal Ikan Zebra

Ikan Hias Zebra

Ikan hias yang satu ini, banyak ditemukan di perairan sungai gangga yang melintasi beberapa negara.


Terutama di anak Sungai Gangga, sepanjang daerah pesisir Coromandel, dari Callucatta sampai ke Nepal, Pakistan dan Bangladesh.

Ikan ini bisa ditemukan di berbagai habitat, mulai dari perairan yang tenang sampai perairan tetap / tidak mengalir, terutama pada di Sungai, Danau, serta lahan Persawahan yang memiliki sustrat lumpur.

Ikan ini biasanya memakan zooplankton dan serangga serangga kecil, atau binatang lain yang ukurannya sesuai dengan mulutnya yang cukup kecil.

Cara Memelihara Ikan Zebra

Ikan Zebra Danio termasuk ke dalam jenis ikan hias tropis, maka sangat cocok untuk kamu yang ingin belajar memelihara ikan hias, karena perawatannya cukup mudah.

Baiklah berikut beberapa keperluan dan cara merawat ikan zebra danio :

1. Persiapkan Aquarium

Siapkan Aquarium ukuran sedang, sesuaikan dengan berapa ikan yang akan dipelihara, jangan terlalu sempit karena dapat mengganggu keberlangsungan hidup ikan.

2. Masukan Kerikil Kecil Ke Dalamnya

Ikan hias ini sangat menyukai adanya kerikil atau komponen lain di dasar aquarium. Tambahkan kerikil kerikil kecil setidaknya 1 sampai 2 cm.

3. Tambahkan Air

Tambahkan air, gunakan air yang belum terkena zat kimia, bisa menggunakan air sumur atau air PDAM (perhatikan air mengandung kaporit / tidak). Setelah itu diamkan air, setidaknya 12 jam lamanya.

4. Masukan Ikan Zebra Danio ke Dalam Aquarium

Nah setelah menunggu air yang tadi dimasukan di endapkan, sekarang saatnya memasukan ikan ke dalamnya.


Masukan setidaknya 5 ekor ikan, karena mengingat ikan ini merupakan ikan sosial dan gemar berkelompok, karena jika dipelihara sendirian, seringkali ikan akan merasa kesepian dan bahkan bisa berujung kematian.

5. Beri Makan Secara Teratur

Supaya ikan bisa tetap bertahan hidup di dalam aquarium, kamu harus teratur dalam memberinya makanan, karena bila kurang dalam memenuhi nafsu makan ikan zebra bisa bisa ikan akan kurus dan bukan tidak mungkin ikan akan mengalam kematian.

Baca Juga : Daftar Makanan untuk Ikan Hias

6. Selalu Jaga Suhu Aquarium

Ikan ini bisa bertahan hidup dalam suhu sekitar 18 hingga 24 derajat celcius, untuk itu kamu harus memperhatikan betul suhu aquarium kamu.

Untuk menjaga suhu, kamu bisa memasang pemanas aquarium, penggunaan pemanas ini juga dapat membantu mendorong ikan untuk berkembangbiak.

7. Bersihkan Aquarium Secara Berkala

Air yang kotor dan keruh dapat mengganggu kehidupan ikan zebra, untuk itu kamu harus membersihkan aquarium secara rutin.

Apabila ikan sudah mulai terlihat keruh maka segeralah untuk membersihkannya dan mengganti air aquarium dengan yang baru.

Dalam mengganti air aquarium, tidak perlu mengganti keseluruhannya, cukup ganti 1/4 nya saja dan kamu juga tidak perlu mengeluarkan kerikil yang ada di dalam.

Kamu hanya perlu membersihkan kotoran yang ada di bawahnya, bisa menggunakan siphon untuk menyedot kotoran yang berada di bawah kerikil.

Selain mengganti air, sebelum itu kamu juga perlu membersihkan kaca dari lumut dan kotoran sisa sisa makanan.

Ikan Yang Bisa Digabungkan dengan Ikan Zebra

Ikan Zebra Cantik

Ikan ini memang ikan yang damai dan mudah bergaul dengan ikan hias lain. Namun karena sifatnya yang agresif, beberapa kasus ikan ini akan menggigit ekor ikan lainnya yang lebih besar, seperti ikan cupang, ikan manfish, dan ikan guppy.

Nah jika kamu ingin menggabungkan ikan ini dengan ikan lain, sebaiknya gabungkan dengan ikan kecil, seperti : Ikan Molly, Black Ghost, Neon Tetra, dan Platy.

Perbedaan Ikan Zebra Jantan dan Betina

Ikan Zebra Jantan dan Betina
  • Warna ikan pejantan lebih cerah dan menarik, sedangkan warna ikan betina agak gelap.
  • Bentuk tubuh ikan pejantan lebih ramping daripada ikan betina, bahkan apabila ikan betina sudah gonad (sudah masuk masa siap kawin perutnya akan terlihat lebih bundar).

Makanan Terbaik Untuk Ikan Zebra

Pelet Ikan Hias

Mengingat ikan zebra ukurannya kecil, ukuran mulutnya juga terbilang cukup kecil. Maka kamu harus memberinya dengan makanan yang kecil kecil pula.

Kamu bisa memberikan pelet yang kecil, kamu bisa memberikan pelet ikan cupang karena ukurannya kurang lebih sama.

Namun selain pelet, kamu juga bisa memberinya pakan, seperti :

  • Cacing Sutra
  • Daphnia
  • Microworm
  • Artemia
  • Kutu Air

Demikian Artikel tentang Ikan Zebra Danio dan Perawatannya, semoga bisa bermanfaat.


Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.