Makanan Ikan Hias

Diposting pada

Buat kamu pecinta ikan hias pastinya yang pertama perlu di perhatikan adalah makanannya.

Asupan makanan merupakan bagian paling penting bagi ikan hias, untuk menunjang pertumbuhan dan kesehatan ikan.

Ada banyak pilian jenis pakan yang bisa kamu berikan, diantaranya adalah : pakan alami, segar, hingga buatan.

Ikan Platy sedang Makan

Selain itu, kamu juga perlu memberinya variasi makanan untuk selaingan. Untuk keseharian, kamu bisa memberinya pelet dan sebagai selingan kamu bisa memberinya pakan hidup.

Dan dalam memberikan pelet, kamu juga harus memperhatikan ukuran pelet yang akan diberikan, sesuaikan dengan ukuran mulut dan kebiasaan ikan.

Karena, kalau ukurannya terlalu besar, pakan tidak akan bisa dimakan oleh ikan dan bisa membuat pelet menggenang dan dapat mengotori aquarium.

Agar kamu bisa mendapat referensi dalam memberikan pakan ikan hias yang tepat dan berkualitas berikut ini penjelasan mengenai Makanan Ikan Hias Air Tawar :

Makanan Alami Ikan Hias

Berikut ini beberapa jenis makanan alami untuk ikan hias yang bagus :

1. Jentik Nyamuk

Jentik Nyamuk

Jentik nyamuk memiliki banyak kandungan protein yang berfungsi untuk membantu ikan hias dalam proses reproduksi. Selain itu, banyak ikan hias kecil yang menyukainya.

2. Kutu Air

Kutu Air

Makan ikan hias ini memiliki kandungan protein yang berguna untuk mencerahkan warna ikan hias.

3. Cacing Sutra

Cacing Sutra

Selain kutu air, kandungan protein dalam cacing sutera juga bermanfaat untuk mencerahkan warna ikan hias, utamanya untuk ikan ikan hias kecil, seperti : Ikan Neon, Guppy, Molly dan lainnya.

4. Artemia

Artemia

Pakan jenis udang kecil ini biasanya diberikan untuk ikan hias yang masih berukuran kanak-kanak atau bayi (burayak). Sehingga dalam memberikan pakannya harus sesuai takaran dan ukuran mulut ikan hias tersebut.

Makanan Segar Ikan Hias berupa Sayuran

Selain pakan alami berupa hewan, kamu juga bisa memberi pakan ikan hias dengan makanan atau sayuran segar. Berikut adalah beberapa diantaranya :

1. Timun

Timun

Timun sangat baik untuk ikan hias karena berfungsi sebagai vitamin yang dapat menambah gizi dan energi bagi ikan hias.

Selain itu, timun juga berguna sebagai penambah nafsu makan untuk ikan hias sehingga pertubuhannya menjadi lebih baik.

2. Wortel

Wortel

Wortel memiliki warna orange yang menandakan wortel memiliki kandungan gizi berupa beta karoten.

Kandungan tersebut memiliki fungsi yang sama seperti kutu air dan cacing sutera yakni dapat mencerahkan warna tubuh ikan hias.

Tekstur wortel yang padat dan keras tentunya sulit untuk dikonsumsi oleh ikan hias. Maka dari itu wortel perlu dipotong kecil-kecil sampai lembut, supaya bisa dimakan oleh ikan.

3. Kacang Polong

Kacang Polong

Kacang polong baik untuk diberikan pada ikan hias, pemberian pakan ini dapat membantu meningkatkan stamina pada ikan hias.

Dalam memberikan pakan ini kepada ikan hias, kamu perlu melembutkan terlebih dahulu kacang polong tersebut agar ikan hias bisa dengan mudah memakannya.

Makanan Buatan untuk Ikan Hias

1. Pelet

Pelet Ikan Hias

Pelet adalah pakan untuk ikan yang sudah sangat populer di masyarakat. Perlu diketahui, ada dua jenis pelet untuk ikan hias, yakni : pelet apung dan pelet tenggelam.

Tekstur dari pelet ini padat, maka biasanya diberikan untuk pakan ikan hias yang sudah dewasa.

2. Flake

Flake

Bentuk flake berupa lembaran dan perlu dihancurkan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi oleh ikan hias.

Flake merupakan jenis pakan yang sifatnya mengapung. Jadi, jenis pakan ini sangat cocok untuk ikan hias yang suka berenang di permukaan air.

3. Tablet

Makanan Ikan Hias Tablet

Makanan ikan hias yang berbentuk seperti obat ini memilik tekstur padat. Jenis pakan ini diberikan untuk ikan hias yang sudah dewasa dan memiliki kebiasaan berenang dengan cara bergerombol.

Kenapa pakan jenis tablet lebih cocok untuk ikan yang bergerombol? Jawabanya karena tekstur tablet yang padat membuatnya sukar untuk hancur dan tentunya sangat pas untuk dimakan secara bersama – sama sembari menikmati serpihan tablet yang sedikit demi sedikit mulai hancur.

4. Granule

Granule memiliki bentuk bulat dan sangat padat. Sifat jenis pakan yang satu ini cepat tengglam di air maka dari itu sangat cocok untuk ikan hias yang suka berada di dasar air.

Tips Memberi Makan Ikan Hias

Memberi makan ikan, sebenarnya merupakan hal yang mudah, namun apakah cara yang kamu lakukan sudah tepat? Dan berikut Suka Ikan memiliki beberapa tips dalam memberi pakan ikan hias.

1. Ketahui Jenis Ikan yang Kamu Pelihara

Sebelum memutuskan membeli pakan, kamu harus mengetahui ikan tersebut merupakan jenis Herbivora (Pemakan Tumbuhan dan Sayuran), Karnivora (Pemakan Daging), atau Omnivora (Pemakan Segala).

Karena setiap jenis ikan, memiliki makanan kesukaan masing masing, dan sebaiknya kamu memberikannya dan kamu juga harus mempertimbangkan porsi yang akan diberikan, supaya ikan tidak kekenyangan ataupun kelaparan karena kekurangan makan.

2. Pastikan Ukuran Pakan Ikan Sesuai

Banyak ikan yang mempunyai bentuk mulut yang kecil, jika Kamu menggabungkan beberapa jenis ikan dan ukuran mulutnya berbeda beda, sebaiknya kamu memberikan pakan yang ukurannya besar dan kecil, supaya semua ikan bisa memakannya.

3. Berikan Pakan Sedikit Demi Sedikit

Dalam memberikan pakan pada ikan hias, sebaiknya berikan pakan sedikit demi sedikit, biarkan sampai pakan yang diberikan habis baru diberikan pakan lagi.

Jangan memberinya pakan banyak sekaligus, karena bisa membuat banyak pakan yang tersisa dalam aquarium dan bisa mengakibatkan air menjadi cepat keruh jika banyak pakan yang tersisa.

4. Sebarkan Pelet Sehingga Setiap Ikan Mendapatkan Porsi yang Merata

Ikan ikan yang cenderung berdiam diri, akan kalah dalam urusan porsi makanan, untuk mengatasi hal itu sebaiknya kamu memberi pakan secara menyebar, supaya semua ikan bisa mendapatkan makanan sesuai porsinya.

5. Persikasalah Kandungan yang Ada dalam Pakan Ikan

Sebelum memutuskan membeli pakan kemasan, kamu sebaiknya memperhatikan kandungan yang ada di dalam produk pakan ikan tersebut.

6. Atur Jadwal Pemberian Pakan

Sama halnya dengan manusia, ikan juga harus ada jadwal makannnya, supaya tidak kekurangan makan, maupun kekenyangan karena keseringan makan.

Pemberian pakan ikan hias, sebaiknya berikan antara 2 – 3 x sehari, antara Pagi Siang dan Sore / Malam Hari.

Note :
Buat kamu yang ingin memberikan makanan buatan untuk ikan hias sebaiknya disesuaikan terlebih dahulu dengan kebutuhan ikan hias yang kamu pelihara.

Kamu juga bisa mengkombinasikan makanan ikan hias buatan dengan pakan alami agar ikan hias tidak bosan dan nafsu makan ikan tetap terjaga.

Demikianlah informani mengenai Makanan Ikan Hias yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat menambah referensi kamu dalam memberikan pakan untuk ikan hias yang kamu pelihara.

Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.