Ikan Hias Aquascape

Diposting pada

Ikan Hias kian hari, makin diminati. Terlebih semenjak berkembangnya komunitas pecinta aquascape, peminat ikan hias kecil semakin meningkat pesat.

Banyak yang menjadikan Aquascape menjadi hiasan di pojokan rumah atau hanya untuk sekedar untuk hobi belaka.

Karena keberhasilan sebuah Aquascape dilihat dari keindahannya, tentunya dalam memilih ikan untuk dimasukan ke dalam aquascape tidak boleh asal.

Berikut Suka Ikan akan bahas daftar ikan hias yang bagus dan pastinya cantik untuk dipelihara di dalam aquascape.

Ikan Hias Aquascape Terindah dan Tercantik

1. Neon Tetra

Ikan Neon Tetra

Ikan hias kecil ini merupakan salah satu jenis ikan hias aquascape terindah yang sangat digemari para pegiat aquascape. Ukurannya yang kecil dan memiliki warna yang cantik menambah keindahan di dalamnya.

Untuk harganya, ikan ini cukup terjangkau, harga per ekornya sekitar Rp 2.000 sampai Rp 5.000 per ekornya.

Baca Juga : Harga Ikan Neon Tetra

2. Cardinal Tetra

Ikan Cardinal Tetra

Ikan ini sekilas seperti neon tetra, namun sebenarnya berbeda. Banyak orang yang masih kesulitan membedakan kedua jenis ikan ini.


Secara garis besar warna ikan ini hampir sama, dengan warna dasar biru yang dapat mengkilat apabila terkena cahaya.

Karakteristik ikan ini sangat suka bergerombol dan inilah yang menjadi alasan cardinal tetra dan neon tetra menjadi primadona hingga saat ini.

Untuk harga ikan cardinal tetra masih setara dengan ikan neon, sekitar Rp 2.000 sampai Rp 5.000an saja.

3. Ikan Guppy

Ikan Hias Guppy

Ikan hias yang satu ini merupakan ikan yang memiliki corak warna yang sangat beragam dan keindahan warna yang mencolok.

Tentunya ikan ini menjadi primadona dan dengan keindahannya, banyak jenis ikan ini yang memiliki harga cukup fantastis.

Ya, meskipun ukurannya kecil sama seperti ikan hias lainnya namun ikan aquascape ini merupakan ikan hias termahal diantara yang lain.

Harga ikan ini saja banyak yang menginjak ratusan ribu, bahkan ada yang harganya menyentuh jutaan. Tentunya keindahan ikan yang bisa semahal itu kecantikannya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Baca Juga : Harga Ikan Guppy

4. Ikan Black Ghost

Ikan Black Ghost

Ikan ini merupakan ikan hias yang sangat unik dan berbeda dengan ikan hias lainnya.

Ikan ini memiliki warna hitam pekat hampir di seluruh tubuhnya, hanya ada goresan warna putih di kepala dan ekornya. Sekilas jika dilihat ikan ini menyerupai bulu ayam.

Namun meskipun namanya black ghost, ikan ini ternyata merupakan ikan yang memiliki sifat damai, bahkan yang mengherankan ikan ini ternyata ikan pemalu dan lebih sering bersembunyi di sela sela batu atau tanaman.

Baca Juga : Harga Ikan Black Ghost

5. Ikan Platy

Ikan Hias Platy

Ikan hias yang memiliki bentuk tubuh kecil mungil ini juga termasuk rekomendasi ikan hias aquascape tercantik dan wajib dicoba untuk dimasukan di dalam aquascape kamu.

Dan kabar baiknya, ikan platy meruaakan ikan hias yang tahan banting dari serangan penyakit, jadi kamu tidak perlu takut ikan ini mudah mati tiba tiba.

Salah satu jenis ikan platy yang paling populer adalah jenis ikan platy mickey mouse yang harganya juga cukup terjangkau sekitar Rp 2.000 an satu ekornya.

Baca Juga : Harga Ikan Platy

6. Ikan Pedang

Ikan Pedang

Ikan yang memiliki nama ilmiah Xiphophorus helleri ini pasti sudah cukup familiar bagi kalian yang sudah lama bergelut di dunia aquascape.

Ikan ini cocok untuk dimasukan ke dalam aquascape, yang tentunya bisa menambah keindahan di dalamnya.


Harga ikan pedang dewasa, biasanya sekitar Rp 5.000an per ekornya, bisa lebih mahal lagi apabila warnanya lebih cantik lagi.

7. Ikan Zebra

Ikan Zebra Danio

Ikan hias kecil yang satu ini memiliki sifat yang agresif, namun karena ukurannya yang kecil, ikan ini tidak akan merusak aquascape.

Hanya saja, ikan ini suka melompat, jadi apabila memelihara ikan ini di aquascape sebaiknya diberi penutup supaya ikan ini tidak kabur.

8. Ikan Angelfish / Manfish

Ikan Manfish

Ikan ini memiliki banyak sekali sebutan, seperti ikan layang layang dan bidadari pemberian nama yang paling sering digunakan.

Ikan manfish ini, masuk ke daftar rekomendasi ikan hias yang bagus untuk aquascape loh, warnanya yang indah dan bentuknya yang pipih menambah keunikan ikan ini.

namun jika menginginkan ikan ini untuk dijadikan ikan hias aquascape sebaiknya jangan menggunakan model aquascape yang rimbun. karena ikan ini memerlukan tempat yang cukup luas untuk berenang.

Baca Juga : Harga Ikan Manfish

9. Ikan Chili Rasbora

Ikan Chili Rasbora

Pilihan yang bagus jika ingin menjadikan ikan ini sebagai ikan aquascape. Warnanya yang cukup keren dengan warna ndasar merah mengkilat dengan kombinasi warna hitam yang membuatnya begitu menawan.

Ukurannya juga kecil, yang akan menambah aquarium hias kamu menjadi lebih indah dan cantik lagi.

Namun meskipun ukurannya kecil, ternyata ikan ini memerlukan akuarium yang cukup luas agar mereka leluasa untuk berenang.

10. Ikan Sumatera

Ikan Sumatera

Selanjutnya jenis ikan aquascape yang terakhir ini juga sangat cantik dan terlebih ikan ini merupakan ikan yang suka bergerombol.

Ikan ini sangat mudah perawatannya dan sangat menyenangkan untuk dinikmati keindahannya dan memeriahkan suasan di dalam akuarium.

Setelah mengetahui daftar ikan yang bagus untuk dipelihara di dalam aquascape, sekarang yuk kita bahas mengenai ikan hias perusak aquascape.

Ikan Hias Perusak Aquascape

Yang dimaksud ikan perusak aquascape adalah ikan hias yang mana jika dimasukan ke dalam akuarium hias (aquascape) akan menghancurkan komponen yang ada di dalam aquascape.

Ikan ikan yang dapat merusak aquascape adalah ikan ikan yang sifatnya agresif dan tidak tenang. Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak daftarnya di bawah ini :

1. Ikan Mas Koki

Ikan Mas Koki

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa ikan hias ini merupakan ikan yang populer dan diminati oleh banyak orang.

Namun jika kamu menginginkan ikan ini untuk di masukan ke dalam Aquascape, sebaiknya dipertimbangkan dan pikirkan lagi.

Ya karena ikan ini dapat merusak seisi Aquascape kamu. Selain agresif ikan ini juga bisa bertumbuh cukup besar, jadi sangat mengganggu keberlangsungan ekosistem di dalam akuarium.

2. Ikan Parrot

Ikan Parrot

Ikan hias kecil yang cantik selanjutnya ini juga ternyata merupakan ikan hias yang dilarang dan tidak boleh berada di dalam aquascape.

Ikan yang asalnya dari Taiwan ini masih sama dengan ikan hias sebelumnya, yaitu sifatnya yang begitu agresif dan dapat memakan berbagai tumbuhan dalam akuarium.

Jika tidak ingin aquascape yang telah kamu desain sedemikian rupa dan sudah bagus, dirusak. Maka sebaiknya jangan sekali kali memasukan ikan ini ke dalamnya.

3. Ikan Komet

Ikan Komet

Masih satu keluarga dengan ikan mas, ikan komet juga memiliki keindahan yang sangat diminati banyak orang.

Namun keindahan ikan ini tidak berjalan lurus dengan keindahan aquascape, karena jika ikan ini dimasukan ke dalamnya maka keindahan aquascape akan dirusak olehnya.

Ya tentunya jika kamu memiliki ikan hias ini jangan dimasukan ke dalam akuarium hias deh, pertimbangkan untuk mencari ikan hias lainnya.

Demikian artikel tentang Ikan Hias Aquascape, mulai dari Ikan hias yang bagus untuk dimasukan ke dalam aquascape hingga yang tidak boleh dimasukan ke dalamnya. Semoga bermanfaat!


Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.