Perbedaan Ikan Platy dan Molly

Salah satu jenis ikan hias yang sangat digemari oleh para pecinta ikan hias adalah ikan platy dan molly, salah satu alasanya karena karakteristiknya yang kecil dan mungil.

Mungkin untuk kamu yang belum lama mengenal dunia ikan hias pasti kurang familiar dengan jenis ikan ini. Namun bagi mereka yang sudah lama mengenal dunia ikan, pastinya sangat akrab dengan jenis ikan ini.

Diantara kedua jenis ikan ini, ikan molly lebih populer dibandingkan dengan ikan platy, meskipun kepopulerannya cukup signifikan.

Namun masih banyak orang yang belum mengetahui perbedaan diantara dua jenis ikan hias ini. Hal ini dikarenakan kedua jenis ikan platy dan molly memiliki bentuk tubuh yang sangat mirip.

Namun jangan khawatir, jika kamu masih kebingungan membedakan kedua jenis ikan ini, kali ini blog Suka Ikan akan membahas perbedaan diantara ikan platy dengan ikan molly.

Cara Membedakan Ikan Platy dan Molly

1. Berdasarkan Ekor Ikan

Perbedaan ikan platy dan molly yang pertama adalah dengan mengamati pada bagian ekornya. Ikan platy memiliki bentuk ekor yang pendek serta sirip ekornya yang lurus.

Berbeda dengan ikan molly yang mempunyai bentuk ekor yang meruncing pada bagian ujungnya dan akan dapat dilihat dengan jelas pada ikan molly jantan.

Untuk cara yang pertama ini saya rasa cukup mudah membedakannya, namun jika masih kurang yakin bisa lanjut ke nomor dua.

2. Bentuk Tubuh

Cara ini juga sangat mudah untuk dilakukan, yaitu dengan mengamati postur tubuh kedua ikan.

Ya meskipun secara postur keduanya memiliki bentuk tubuh yang sangat mirip, namun jika diamati secara seksama lagi, kamu bisa dengan mudah membedakannya.

Yang membedakan kedua ikan hias kecil ini adalah ikan hias platy memiliki bentuk tubuh yang agak ramping dan lebih memanjang mulai dari ujung kepala hingga ke ujung ekornya.

Dan ikan molly memiliki bentuk tubuh yang lebih gemuk jika dibandingkan dengan Platy.

3. Berdasarkan Harga

Selain dari bentuk fisik ikan, kamu bisa juga membedakan kedua jenis ikan hias tersebut dari harganya di pasaran. Ya harga ikan platy dan molly di pasaran bisa menjadi tolak ukur untuk membedakan jenis keduanya.

Secara harga memang masih di angka yang sama, namun di pasaran ikan molly dengan kualitas unggulan memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan ikan platy unggulan juga.

Namun meskipun begitu ada banyak faktor lain yang bisa mempengaruhi harga ikan keduanya, tergantung jenis ikan yang ada dan faktor stok juga bisa mempengaruhi. Namun perbedaan ikan platy dan molly yang paling jelas adalah dengan melihat bagian tubuhnya.

Baca Juga : Daftar Ikan Hias Cantik Tapi Murah

Cara Membedakan Ikan Jantan dan Betina

Setelah kamu emngetahu perbedaan diantara ikan hias platy dan juga ikan hias molly pasti kamu sekarang penasaran dengan perbedaan diantara ikan pejantan dan betina diantara kedua jenis ikan tersebut kan. Berikut sudah saya rangkum di bawah ini.

Perbedaan Ikan Platy Jantan dan Betina

Perbedaan Ikan Platy Jantan dan Betina

Ikan Platy jantan mempunyai tubuh yang lebih ramping dan memiliki warna yang lebih cerah dari pada platy betina.

Dan bentuk ekor pada ikan pejantan lebih panjang dan lancip berbeda dengan platy betina yang memiliki ekor yang lebih pendek dan tidak terlalu lancip.

Mau tau lebih dalam tentang ikan platy? Silahkan simak artikel ini.

Perbedaan Ikan Molly Jantan dan Betina

Ikan Molly Jantan dan Betina

Cara membedakannya cukup mudah, kamu bisa mengamatinya dari bentuk fisiknya. Ikan molly pejantan, memiliki ukuran tubuh yang relatif lebih besar daripada ikan hias molly betina dan dari segi warna ikan jantan memiliki kecenderungan warna yang lebih cerah dan cukup mencolok daripada si betina.

Dan perbedaan yang cukup jelas juga bisa dilihat pada bagian ekor ikan molly, pada ikan jantan di bagian belakang sirip ekor memiliki benjolan, sedangan ikan platy betina tidak memiliknya.

Baca Juga : Ikan Hias yang Suka Bergerombol

Demikian informasi yang dapat saya berikan pada kesempatan kali ini, tentang Cara Membedakan Ikan Platy dengan Ikan Molly. Ternyata tidak sesulit yang dibayangkan ya?

Cukup mudah untuk membedakan keduanya. Dan jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan kirimkan di kolom komentar di bawah ini ya.

Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.