Ikan Corydoras

Diposting pada

Pastinya kalian sudah cukup mengenal ikan kecil ini, ikan kecil dan pemalu ini bernama Corydoras, banyak yang menyebut ikan ini dengan nama ikan lele hias, karena memiliki kumis layaknya ikan lele.

Ikan hias kecil ini memiliki banyak sebutan, diantaranya yang cukup populer ialah Ikan Cory catfish, Cory Fish, Cory Cat, bahkan ada pula yang menyebutnya ikan lele lapis baja.

Ikan ini menjadi salah satu kesukaan para pecinta ikan hias, terutama yang biasa bermain aquascape, karena ukurannya yang kecil dan mungil mampu menambah keindahan di dalamnya.

Ikan Corydoras

Mengenal Ikan Corydoras

Nama Corydoras berasal dari Yunani, yang memiliki arti : Cory (helm) dan Doras (Kulit) jika dijabarkan ke indonesia, bisa diartikan armor ikan.

Ikan Hias ini merupakan genus paling besar terbesar dari ikan neo-tropis, dengan lebih dari 142 spesies ikan neo-tropis lainnya.

Habitat ikan corydoras adalah di sungai sungai kecil atau rawa-rawa, dimana dia biasa hidup di pinggiran sungai yang dangkal dan sangat bersih, umumnya ditemukan di sela sela tanaman yang rimbun di pinggiran sungai.

Ikan ini biasa hidup di berbagai jenis air akan tetapi iakn ini lebih suka pada air yang lembut, netral dan sedikit asam ataupun basa.


Di habitat aslinya ikan ini biasa mengonsumsi serangga serangga yang tinggal di bawah air, larva serangga dan berbagai jenis cacing.

Meskipun ikan ini tidak termasuk ikan hias predator, namun ikan ini akan memakan bankai ikan yang sudah mati, cara memakan mereka juga cukup unik karena posisi mulut berada di bawah ikan ini akan menyedotnya untuk bisa memakannya.

Karakteristik Ikan Corydoras

Ikan Hias Corydoras

Karakter bawaan ikan ini memang tenang dan pergerakannya juga sangat jarang dan lebih sering diam (akan tetapi tidak stagnan).

Ikan ini adalah penghuni bawah air, yang akan menghabiskan waktu lebih banyak di dasar akuarium dan hanya sesekali ke permukaan dan itupun sangat jarang.

Namun meskipun ikan ini cenderung tenang, namun ikan ini memiliki sifat penasaran yang tinggi membuat ikan ini aktif bergerak kesana kemari mengosek pasir untuk mencari kemungkinan adanya makanan di setiap sisi akuarium.

Untuk ukuran tubuhnya, ikan ini hanya mampu tumbuh hingga 2,5 sampai 6 cm saja.

Baca Juga : Daftar Ikan Hias Air Tawar yang Cantik

Mengapa Harus Memelihara Ikan Corydoras?

Ikan Corydoras

Ternyata selain ikan ini memiliki bentuk tubuh yang unik dan cantik, ternyata ikan ini juga memiliki manfaat yang cukup baik untuk akuarium kamu loh.


Namun lebih ke karakteristik ikan ini yang gemar berenang di dasar akuarium dan memakan hampir apa saja yang berada di dasar akuarium.

Karakteristik ikan corydoras tersebut mampu menjaga kebersihan akuarium dengan baik dan menghindari menumpuknya sisa sisa makanan di dasar akuarium.

Sifatnya memang seperti ikan sapu sapu, yang senang melakukan hal yang sama di dasar akuarium, karena hal inilah banyak yang menggabungkan ikan ini dengan jenis ikan hias lain, sehingga dapat membantu menjaga kebersihan akuarium.

Selain ikan Corydoras dan ikan sapu sapu, ada juga loh jenis ikan yang dapat membersihkan akuarium, penasaran? Yuk cek artikel : Daftar Ikan Pembersih Akuarium.

Merawat Ikan Corydoras

Cara Merawat Ikan Corydoras

Untuk merawat ikan hias corydoras sebenarnya sangat mudah karena ikan ini tidak memerlukan perawatan khusus dan bahkan makanan saja mereka biasa memakan sisa sisa makanan dari ikan lain.

Untuk akuariumnya sebaiknya tambahkan pasir atau kerikil kerikil kecil dan lebih bagus lagi ditambahkan tanaman air, hal ini akan membuat ekosistem akuarium kamu layaknya habitat asli ikan corydoras di alam liar.

Tentunya jika kamu membuat ekosistem seperti di tempat tinggal aslinya ikan corydoras mampu membuat ikan ini nyaman dan bisa hidup lebih panjang.

Pemberian tanaman yang rimbun juga bisa menjadi pilihan, karena selain sebagai tempat berburu makanan, di sana juga dapat dijadikan tempat tinggal ikan corydoras.

Teman Untuk Ikan Corydoras

Ikan ini sangat ramah terhadap ikan lain, karena sifat dasar mereka yang kalem dan juga tidak agresif, serta tidak suka mengusik kehidupan ikan hias lain.

Beberapa rekomendasi ikan hias yang bisa kamu gabungkan adalah jenis : ikan cupang, ikan platy, ikan guppy, ikan molly, dan ikan hias kecil lainnya.

Makanan Ikan Corydoras

Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas, bahwa ikan ini akan memakan apa saja yang bisa di makan di dasar akuarium, seperti sisa makanan ikan lain, serpihan ikan dan lainnya.

Kesehariannya mereka akan berburu makanan dengan mengitari seluruh sisi akuarium tanpa terkecuali, apabila akuarium kamu menggunakan pasir maka ikan ini akan mengoseknya untuk mencari kemungkinan adanya makan di sana.

Namun sebenarnya ikan ini juga bisa diberi pelet ikan hias, seperti ikan lainnya. Karena terkadang ikan ini juga berenang ke atas akuarium, namun pemberian makanan juga jangan berlebihan.

Baca Juga : Ikan Cupang

Usia Ikan Corydoras

Ikan ini mempunyai umur yang cukup panjang, yaitu mereka bisa bertahan hidup hingga sekitar 5 tahunan, bahkan bisa lebih panjang lagi.

Namun hal ini tentunya harus dibarengi dengan perawatan ikan yang baik dan ekosistem yang harus selalu terjaga.

Karena ikan ini juga dapat stres apabila merasa lingkungan yang mereka huni tidak cocok dan dapat berujung kematian.


Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.