Cara Budidaya Ikan Oscar

Diposting pada

Ikan Oscar (Astronotus ocellatus) merupakan ikan preador yang termasuk  ke dalam salah satu ikan hias air tawar yang banyak peminatnya di indonesia.

Ikan yang berasal dari sungai amazon ini mampu menarik perhatian para pecinta ikan hias karena keunikan yang dimiliki oleh ikan ini, serta warna yang cukup mencolok.

Selain itu harga ikan oscar juga tergolong cukup mahal dan tentunya hal ini membuat banyak orang tertarik untuk membudidaya ikan oscar untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Untuk membudidayakan ikan ini sudah banyak orang indonesia yang berhasil melakukan budidaya ikan oscar namun perlu digaris bawahi, jika ingin membudidayakan ikan hias ini memerlukan perlakuan khusus.

Baiklah jangan khawatir, kali ini Suka Ikan sudah merangkumnya menjadi artikel singkat di bawah ini.

Cara Budidaya Ikan Oscar dengan Mudah

1. Bedakan antara Ikan Jantan dan Betina

Ikan Oscar Jantan dan Betina

1. Melalui Ukuran Tubuh Ikan

Cara yang pertama ini bisa dibilang cara yang cukup mudah, karena bisa dengan mudah melihatnya. Ikan jantan biasanya memiliki tubuh yang lebih panjang, sedangkan ikan oscar betina tubuhnya lebih pendek dan gemuk.

2. Melalui Sirip Ikan

Perbedaan yang cukup mudah dilihat selanjutnya ialah dari siripnya. Pada ikan oscar jantan biasanya memiliki sirip yang lebih panjang dan lebar, sedangkan ikan betina siripnya lebih pendek dan membulat.

3. Melalui Alat Kelamin Ikan

Cara yang satu ini bisa dibilang cukup ekstrim, karena harus mengangkat ikan keluar untuk melihat perbedaanya. Adapun ciri ciri nya yaitu :

  • Ikan Oscar Jantan memiliki 2 buah lubang, keduanya memiliki ukuran yang hampir sama dan menguncup ke belakang. Dua organ tersebut adalah lubang kotoran dan satunya organ reproduksi.
  • Sedangkan pada ikan betina memiliki 2 buah lubang, namun satu ukurannya besar dan satunya lagi agak kecil dan menguncup ke depan.

4. Melalui Pergerakan Ikan

Untuk mengetahui perbedaan ikan jantan dan betina dengan menggunakan cara ini, cukup mudah, persiapkan due ekor ikan oscar dan lakukan pengamatan gerak gerik keduanya.

Ikan betina biasanya akan berenang ke dasar untuk bertelur dan si ikan jantan akan mengikuti di belakangnya untuk membuahi telur telur tersebut.

Apabila keduanya tidak demikian, atau tidak ada satupun yang berenang terus di dasar akuarium, hal ini menandakan kemungkinan keduanya merupakan ikan jantan.

5. Melalui Warna Ikan

Cara yang terakhir ini bisa dengan mudah dilihat, meskipun usia ikan masih cukup dini. Karena perbedaan warna antara ikan oscar jantan dan betina sudah terlihat mulai dari ikan berumur 2 bulanan.

Perbedaannya yaitu, warna ikan jantan lebih terang dan menarik, sedangkan ikan betina warnanya lebih gelap dan cenderung warna warna kalem.

2. Pemilihan Indukan Ikan Oscar

Cara Memilih Indukan Ikan Oscar

Dalam memilih indukan tidak boleh sembarangan, karena hal ini akan menentukan hasil bibit yang dilahirkan oleh ikan hias oscar nantinya. Kriteria ikan oscar yang bagus untuk dijadikan indukan ialah :

  • Usia ikan sudah diatas 1,5 hingga 2 tahun.
  • Ikan dalam Kondisi Sehat dan bergerak secara agresif
  • Bagian tubuh ikan lengkap / tidak cacat fisik.
  • Warna ikan cerah tidak kusam ataupun pucat.
  • Ikan tidak sakit atau ada luka pada bagian tubuhnya.

Kemudian lakukan penyeleksian indukan dengan cara mencampurkan 5 ikan jantan dan 5 ikan betina ke dalam satu akuarium, nantinya ikan ikan tersebut akan mencari pasangannya masing masing.

Setelah ikan berpasang pasangan, barulah kita memisahkan ikan yang sudah berpasangan tadi ke dalam akuarium lain dan secara berpasangan.

3. Persiapkan Tempat / Aquarium

Akuarium untuk Ikan Oscar

Persiapkan akuarium yang cukup luas, usahakan sesuaikan dengan jumlah ikan yang akan di budidaya, atau bisa juga dengan ukuran 1,5 x 1 x 0,5 m3.

Kemudian masukan air dengan ketinggian 30 – 40 cm, setelah itu berikan hiasan tumbuhan plastik dan bebatuan, fungsinya adalah untuk tempat berlindung benih benih ikan oscar.

Setelah itu endapkan air selama 12 hingga 24 jam sebelum ikan di masukan ke dalamnya.

4. Cara Pemijahan Ikan Oscar

Pemijahan Ikan Oscar

Setelah akuarium dipersiapkan, sekarang kita masuk ke tahap pemijahan. Masukan indukan ikan yang sudah dipilih tadi pada langkah kedua.

Perkawinan ikan oscar biasanya berlangsung pada pagi hari dan juga sore hari. Dan akan langsung dibuahi oleh ikan pejantan.

Semua telur yang sudah dibuahi dipisahkan dengan indukannya dan masukan ke dalam akuarium tersendiri khusus penetasan.

Ukuran akuarium tersebut, kira kira sekitar 70 cm x 40 cm x 40 cm m3, kemudian ketinggian air setidaknya sekitar 10 cm saja.

Kemudian berikan udara atau Aerasi namun dengan kekuatan yang lemah, supaya telur / burayak ikan idak mati.

Biasanya setelah 3 hari, telur telur tersebut akan mulai menetas. Kemudian berikan zat campuran methylene blue dan emalin.

Baca Juga : Daftar Harga Ikan Oscar per Ekor

5. Perawatan Burayak Ikan Oscar

Anakan Ikan Oscar

Telur ikan oscar yang baru menetah tidak perlu langsung diberikan makanan, karena burayak ikan masih memiliki cadangan makanan dari kuning telur nya.

Baru kemudian setelah usia ikan memasuki hari ke 5 mulai berikan makanan berupa rotifera. Jangan sampai terlambat untuk memberikan makan, karena sifat keganasan ikan sudah muncul sejak dini dan ikan akan menjadi kanibal.

Setelah usia ikan 10 hari, ikan sudah bisa diberikan makanan seperti kutu air, namun dengan catatan sudah diberishkan dan disaring.

Menginjak usia 2 minggu ikan sudah bisa diberikan makan dengan kutu air tanpa perlu disaring dan bisa juga memberikan cacing rambut sebagai selingan.

Setelah usia ikan telah menginjak 25 hari, ikan sudah bisa dipindahkan ke akuarium yang besar untuk proses pembesaran.

Untuk ukuran akuarium ini disarankan dengan perbandingan 2 x 1 x 1 cm3 dan isikan air hingga ketinggian 20 sampai 25 cm.

Untuk ukuran seperti di atas, bisa dimasukkan bsekitar 300 ekor ikan oscar. Setelah 1 bulan kurangi jumlah ikan yang ada dalam akuarium tersebut menjadi 200 ekor saja dan masukan sisanya ke dalam akuarium terpisah.

Baca Juga : Ikan Platy

Makanan untuk Ikan Oscar Agar Cepat Besar

Makanan Ikan Oscar

Pemberian makan pada ikan oscar sangat mempengaruhi pertumbuhan ikan, untuk ikan yang usianya masih di bawah  2 bulanan. Cukup berikan dengan kutu air, cacing sutra dan cacing rambut.

Barulah setelah usia ikan sudah menginjak 3 bulanan ke atas berikan makanan yang yang bernutrisi tinggi seperti udang, ikan kecil, jangkrik, dan kelabang.

Usahakan potong potong pakan hidup tersebut apabila belum bisa termakan oleh ikan. Selain itu jika tidak ingin repot bisa juga memberikan pelet ikan sebagai selingan.

Demikain artikel Budidaya Ikan Oscar yang bisa kami berikan saat ini semoga dapat bermanfaat dan bisa dipraktrekkan sendiri di rumah. Apabila ada masukan atau pertanyaan mengenai artikel di atas, jangan ragu untuk mengirimkannya melalui kolom komentar yang tersedia di bawah ini.

Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.