Ikan yang Bertelur

Diposting pada

Cara berkembangbiak ikan berbeda beda, ada ikan yang melahirkan atau beranak dan ada juga ikan yang bertelur dan kali ini, Suka Ikan akan membahas ikan ikan apa saja yang bertelur.

Pasti banyak yang penasaran kan Apa saja jenis ikan yang bertelur tersebut? Baiklah, langsung saja simak penjelasannya di bawah ini :

Jenis Jenis Ikan yang Bertelur

1. Ikan Nila

Ikan Nila
Source :bulelengkab.go.id

Ikan nila merupakan ikan air tawar yang biasa dikonsumsi, saat ini ikan ini banyak dipelihara oleh para petani ikan di hamnpir seluruh penjuru nusantara. Cara berkembangbiak ikan ini adalah dengan bertelur.

2. Ikan Lele

Ikan Lele
Source : kumparan.com

Pastinya kalian sudah sangat familiar dengan ikan ini, dan pastinya sudah pernah mencicipi lezatnya masakan bernama Pecel Lele, enaknya bukan main bukan?

Lele merupakan ikan air tawar yang mudah dipelihara, karena memang ikan ini dapat tumbuh besar dengan cepat dan sangat mudah bertelur. Makanya tak heran, mudahnya menemukan ikan ini di sekitar kita.

3. Ikan Mas

Ikan Mas
Source : hipwee.com

Ikan mas juga termasuk ikan air tawar yang sangat mudah berkembangbiak, cara berkembangbiaknya adalah dengan cara bertelur.

Ikan ini biasanya menjadi buruan para pemancing untuk dibawa pulang dan dimasak, karena ikan ini memiliki citarasa yang enak.

Baca Juga : Harga Ikan Mas Terbaru

5. Ikan Gurame

Ikan Gurame
Source :wikimedia.orgwikimedia.org

Ikan air tawar yang satu ini juga btak kalah populer dengan ikan lele, ikan gurame juga banyak dijadikan olahan masakan yang lezat.

Ikan Gurame memiliki banyak sebutan seperti di Sunda ikan ini disebut Ikan Gurame, di Jawa biasa disebut Ikan Grameh, sedangkan di Palembang biasa disebut ikan kali.

4. Ikan Koi

Ikan Koi

Ikan yang berkembang dengan cara bertelur selanjutnya adalah ikan koi. Ikan koi merupakan ikan hias air tawar yang sangat populer, bahkan di jepang ikan ini menjadi simbol cinta dan persahabatan.

Baca Juga : Harga Ikan Koi

Di indonesia antusias terhadap ikan ini sangat tinggi, bahkan saking banyaknya peminat, para petani ikan koi banyak yang meraup keuntungan yang cukup besar.

6. Ikan Koki

Ikan Mas Koki

Ikan hias cantik ini juga masih sama seperti ikan koi yaitu berkebangbiak dengan cara bertelur untuk memperoleh keturunan, kepopuleran ikan koki memang masih kalah dengan ikan koi, namun peminat ikan koki juga lumayan banyak.

Ikan Tidak Mau Bertelur, Apa Sebabnya?

Budidaya Ikan Lele
Source : informazone.com

Ada sebagian orang yang membudidaya ikan, baik ikan hias maupun ikan konsumsi terkadang mempunyai kendala ikan yang mereka kawinkan tidak mau bertelur.

Tentu jika ikan tersebut tidak mau berkembangbiak membuat bingung dan dapat menyebabkan kerugian.

Tentunya jika ikan ngambek bertelur ada penyebabnya, mulai dari faktor ikan ataupun kondisi kolam kurang mendukung. Berikut beberapa faktor penyebab ikan tidak mau bertelur :

1. Air Keruh dan Banyak Sampah

Para petani ikan biasanya mendapatkan air dari aliaran sungai, terkadang banyaknya sampah dapat mengganggu kehidupan ikan dan membuat ikan malas untuk berkembangbiak.

2. Banyaknya Lumpur di Dalam Kolam

Pada saat musim penghujan tiba, biasanya adalah saat yang tepat untuk mengawinkan ikan. Namun biasanya air dari sungai banyak membawa lumpur dan akan mengendap di kolam pemijahan dan beresiko menimbulkan beragam penyakit.

Tentunya jika ikan terkena penyakit dapat menghambat proses pemijahan dan ikan tidak dapat bertelur, meskipun bertelur biasanya kualitas bibit ikannya kurang baik.

3. Kurangnya Asupan Makanan

Dalam proses pemijahan ikan tentunya asupan makanan yang diberikan harus mencukupi, pasalnya bila ikan kurang makan dapat mengganggu ikan dalam berkembangbiak.

4. Kolam Terlalu Sempit

Keadaan kolam sangat mempengaruhi dalam proses pemijahan dan pengembangbiakan ikan, apabila kolam pemijahan terlalu sempit dapat mengganggu dan bisa menyebabkan ikan tidak mau dikawinkan dan tidak dapat bertelur.

5. Air Tercemar Zat Kimia

Yang terakhir ini merupakan yang paling berbahaya, karena pengaruh zat kimia dalam air pemijahan dapat menyebabkan kegagalan pemijahan, karena ikan akan stress bahkan menyebabkan kematian, tergantung zat kimia apa yang mencemari air.

6. Ikan Belum Gonad / Cukup Umur

Masing masing ikan memiliki masa gonad atau usia kawin, biasanya ikan yang belum matang atau belum memasuki masa gonad tidak bisa dibuahi apalagi bertelur.

Untuk itu kamu harus memahami betul ciri ciri ikan yang sudah matang (gonad), yang sudah siap untuk dikawinkan dan siap berkembangbiak.

Demikian untuk artikel tentang ikan yang berkembangbiak dengan cara bertelur, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kamu. Jika dirasa bermanfaat, jangan ragu untuk membagikan artikel ini ya.

Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.