Harga Ikan Asin

Ikan asin menjadi olahan ikan yang sangat digemari keluarga indonesia, selain harganya yang murah ikan asin juga dapat bertahan lama.

Sehingga jika membeli ikan asin tidak takut akan cepat busuk, karena sudah dikeringkan dan melewati berbagai proses yang panjang, sehingga bisa tahan lama.

Di pasaran, permintaan ikan asin tak pernah surut dan membuat nelayan sampai kewalahan memenuhi kebutuhan konsumen.

Karena pembuatan ikan asin tidaklah mudah, untuk membuatnya diperlukan proses yang lumayan panjang dan memerlukan waktu beberapa hari.

Permintaan yang tidak pernah surut dan pembuatan ikan yang tidak mudah, membuat harganya pun menjadi cukup tinggi.

Namun mesikpun harga ikan asin cukup mahal, ternyata tidak mengurangi minat pembeli ikan asin loh, buktinya produk ikan asin laris manis hingga saat ini.

Macam Macam Ikan Asin dan Harganya

1. Ikan Asin Jambal Roti

Ikan Asin Jambal Roti
Source : sinarharapan.net

Dari namanya mungkin asing didengar dan seperti tidak nyambun dengan yang namanya ikan. Namun meski namanya cukup aneh ternyata jenis ikan asin yang satu ini sangat laris di pasaran.

Ternyata, ikan asin ini merupakan olahan dari ikan manyung (Arius Thalassinus), selain itu ada juga yang terbuat dari ikan Jahan.

Biasanya per kilogramnya ikan asin jambal roti ini dijual sekitar Rp 120.000 per 1 kg nya.

2. Ikan Asin Gabus

Ikan Asin Gabus
Source : ikanasinpangandaran.blogspot.com

Selain dijual dalam bentuk segar, ikan gabus juga banyak dijadikan olahan ikan asin, dengan harga jualnya sekitar 250.000 setiap 1 kilogramnya.

3. Ikan Asin Peda

Ikan Asin Peda
Source ; bukalapak.com

Ikan Asin peda atau yang lebih akrab disebut ikan peda merupakan jenis olahan pengawetan makanan dari ikan. Ikan peda biasanya dibuat dari ikan kembung perempuan (Rasterliger neglectus).

Di pasaran dikenal due jenis ikan pedas, yaitu Peda Merah (Peda Siam) dan Peda Putih, perbedaanya adalah dari cara membuatnya, ikan peda merah dibuat dari ikan yang memiliki kandungan lemak tinggi dan tidak disiangi, sedangkan ikan peda putih dibuat dari ikan dengan kadar lemak rendah dan disiangi.

Per kilogramnya, olahan ikan asin peda ini dijual sekitar Rp 90.000 per kilogramnya.

4. Ikan Asin Tenggiri

Ikan Asin Tenggiri
Source : bukalapak.com

Ikan tenggiri banyak ditemui dijual dalam keadaan segar ataupun daging, namun tak sedikit pula yang dijadikan menjadi ikan asin tenggiri.

Harga ikan asin tenggiri juga tidak terlalu mahal. per kilogramnya biasanya jenis olahan ikan asin ini dijual sekitar Rp 150.000.

5. Ikan Asin Sepat

Ikan Asin Sepat
Source : tokopedia.com

Jenis ikan asin ini termasuk ke dalam ikan asin yang paling digemari oleh masyarakat indonesia, karena memiliki citarasa yang enak dan gurih.

Untuk harganya sekitar Rp 140.000 dengan berat 1 kilogramnya.

6. Ikan Asin Kapas

Ikan Asin Kapas
Source : tokopedia.com

Ikan asin kapas memiliki daging yang sangat sedikit, karena bentuknya lebar dan pipih, karena bentuknya tipis menjadikannya disebut ikan asin kapas.

Untuk harganya masih setara dengan olahan ikan asin yang lain, yaitu sekitar Rp 150.000 setiap kilonya.

7. Ikan Asin Layur

Ikan Asin Layur
Source : tokopedia.com

Ikan asin ini jelas merupakan olahan dari ikan layur, ikan ini memiliki bentuk tubuh yang panjang layaknya bendera layur.

Karakteristiknya yang panjang menjadikan ciri khas tersendiri dari ikan asin lainnya, untuk harganya sendiri terbilang murah jika dibandingkan dengan ikan asin lainnya, sekitar Rp 50.000 saja per kilogramnya.

8. Ikan Asin Petek

Ikan Asin Petek
Source : tokopedia.com

Ikan asin petek ini juga cukup banyak diminati dengan bentuk ikan yang lebar membuat ikan ini memiliki citarasa yang enak dan lezat.

Harga ikan asin petek juga masih sangat murah per kilogramnya biasanya hanya dijual dengan harga sekitar Rp 40.000 saja.

9. Ikan Asin Talang

Ikan Asin Talang
Source ; oleholehbanjar.wordpress.com

Ikan ini masih jarang yang mengetahui, namun cukup populer bagi para pemancing, ikan ini talang (Queenfish, Skinny Fish, Leatherskin) ini lebih banyak dijual dalam bentuk asinan ketimbang dijual dalam keadaan segar.

Harga ikan asin talang ini harganya sekitar Rp 120.000 dan kamu bisa mendapatkan ikan asin sebanyak 1 kilogram.

Daftar Harga Ikan Asin Per Kilogram Lengkap

Jenis Olahan Ikan AsinHarga
Ikan Asin Jambal RotiRp 120.000
Ikan Asin GabusRp 150.000
Ikan Asin PedaRp 90.000
Ikan Asin TenggiriRp 150.000
Ikan Asin SepatRp 140.000
Ikan Asin KapasRp 150.000
Ikan Asin LayurRp 50.000
Ikan Asin PetekRp 40.000
Ikan Asin TalangRp 120.000
Ikan Asin CumiRp 165.000
Ikan Asin TeriRp 130.000
Ikan Asin SamgeRp 100.000
Ikan Asin JambrongRp 90.000
Ikan Asin Tembang / LemetRp 70.000

Baca Juga : Harga Ikan Teri

Demikian ulasan kami tentang Harga Ikan Asin dari berbagai jenis ikan yang dapat kami berikan, jika kamu ingin grosir dan mendapatkan harga yang lebih murah, kamu bisa mencari penampung / pengepul ikan asin yang menerima grosiran. Jangan lupa kunjungi terus Blog Suka Ikan untuk mendapatkan informasi ikan terbaru lainnya.

Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.