Harga Ikan Oscar

Diposting pada

Ada banyak sekali jenis ikan oscar, yang tersebar hampir di seluruh pelosok dunia. Meskipun habitat asli ikan ini adalah dari perairan Amazon Amerika Selatan, saat ini ikan hias ini sudah banyak ditemui di indonesia.

Karena saat ini sudah banyak yang membudidaya ikan ini, yang notabenenya menyukai ikan predator. Ya karena ikan ini merupakan salah satu jenis ikan predator yang banyak diminati pecinta ikan hias.

Oscar atau Astronotus, termasuk ke dalam jenis ikan ini masuk ke dalam ikan predator seperti halnya ikan alligator dan ikan arwana. Ikan ini sangat suka memakan ikan yang lebih kecil darinya.

Meskipun termasuk ikan predator ikan ini memiliki warna yang cantik, perpaduan warna hitam dan oranye dengan goresan seperti batik, membuat ikan ini sangat diminati oleh para pecintanya.

Ukuran ikan ini bisa memiliki panjang tubuh hingga mencapai 40 cm dan dengan perkiraan berat tubuh sekitar 3 kg. Tentunya bisa lebih besar lagi jika perawatannya baik dan memberikan makanan kesukaan ikan hias oscar.

Setelah mengetahui ikan ini merupakan ikan yang memiliki sifat agresif, kita tidak bisa menempatkannya pada akuarium dengan ukuran kecil, karena akan mengganggu aktivitas sang ikan.

Nah sebelum memelihara ikan ini, sebaiknya kamu mengetahui jenis jenis ikan oscar terlebih dahulu dan mengetahui harga ikan oscar di pasaran.

Dan kali ini Suka Ikan sudah merangkum nya secara ringkas jenis dan harga ikan oscar terbaru.

Jenis Ikan Oscar Terlengkap

1. Ikan Oscar Tiger

Ikan Oscar Tiger

Jenis ikan oscar yang pertama bisa dibilang merupakan jenis yang paling mengerikan, sifat agresif ikan ini masih murni melekat padanya.

Karena ikan ini belum mengalami perkawinan silang dengan ikan lain dan hal inilah yang membuat ikan ini sangat dicari dibandingkan jenis lainnya.

Harganya juga masih cukup terjangkau daripada jenis oscar lainnya, biasanya jenis ini dipasaran dibanderol dengan harga Rp 40.000 untuk ikan yang masih kecil / anakan dan Rp 100.000 untuk ikan yang sudah dewasa.

2. Ikan Oscar Gold

Ikan Oscar Gold

Jenis ikan ini memiliki warna yang sangat menarik, warna ikan ini yaitu kuning keemasan, cukup menarik bukan?

Tentunya banyak sekali yang mencari jenis ikan oscar yang satu ini. Untuk bisa mendaptakan ikan ini tidak cukup sulit koko, kamu bisa dengan mudah menemukannya di berbagai toko atau pasar ikan hias.

Harga pasaran ikan jenis ini berkisar antara Rp 35.000 per ekornya untuk ikan yang masih anakan dan Rp 75.000 untuk ikan yang sudah dewasa.

3. Ikan Oscar Hitam

Ikan Oscar Hitam

Sesuai dengan namanya, ikan ini memiliki warna hitam di seluruh tubuhnya. Dan jenis ini memang sangat sulit untuk ditemui.

Karena untuk mendapatkan ikan oscar yang murni berwarna hitam cukup sulit. Karena kebanyakan masih memiliki corak berwarna orange atau silver.

Untuk mnghasilkan jenis ini harus dari keturunan jenis oscar tiger dan mengalami kelainan genetik.

Namun meskipun cukup sulit menemukan ikan oscar jenis ini, harganya tidak terlalu mahal, di pasaran biasanya ikan ini dibandrol sekitar Rp 40.000 per ekor ikan yang masih kecil dan Rp 90.000 ukntuk ikan dewasa.

Baca Juga : Inilah Daftar Penyakit Ikan Oscar yang Harus Diwaspadai

4. Ikan Oscar Red

Ikan Oscar Red

Jenis ini termasuk salah satu ikan oscar paling bagus jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Hal ini dikarenakan warna merah pada ikan ini memiliki ciri khas yang mampu memikat mata yang melihatnya.

Ciri khasnya adlah memiliki warna dasar merah agak ke oranye-an serta warna hitam pada bagian kepala dan ekor ikan.

Harga ikan ini lebih tinggi daripada ikan jenis tiger, tentunya tak menjadi masalah karena sebanding dengan keindahan ikan yang didapatkan.

Harga ikan yang masih anakan biasanya dijual sekitar R40.000 an per ekor. Sedangkan ikan oscar dewasa harganya sekitar Rp 120.000 setiap ekornya.

5. Ikan Oscar Lemon

Ikan Oscar Lemon

Jenis ini sangat mirip dengan ikan lemon, dari segi warna hingga bentuk tubuh tak jauh berbeda. Hanya saja warna ikan lemon lebih kuning dan lebih cerah.

Sedangkan ikan oscar ini agak gelap dan kusam atau tidak secerah ikan lemon. Dan untuk masalah harga, ikan oscar jenis ini cukup mahal, untuk ikan yang sudah dewasa, dibanderol sekitar Rp 140.000 per ekor.

6. Ikan Oscar Albino

Ikan Oscar Albino

Jenis ini juga memiliki perpaduan warna yang cantik dan membuat banyak orang tertarik untuk memiliki ikan jenis ini.

Namun lagi-lagi jenis ini juga sangat sulit ditemui dan dibudidayakan seperti halnya ikan oscar hitam yang sudah disebutkan sebelumnya.

Untuk harganya berapa? Harga Ikan Oscar jenis ini cukup mahal, setara dengan jenis lemon, yaitu sekitar Rp 140.000 an per ekornya yang sudah dewasa.

7. Ikan Oscar Slayer

Ikan Oscar Slayer

Tidak hanya ikan hias cupang yang memiliki jenis ikan slayer. Ternyata ikan oscar pun memilikinya. Mengapa ikan ini dinamai ikan slayer? Hal ini karena keunikan ekor yang dimiliki oleh ikan jenis ini.

Ikan ini memiliki bentuk ekor yang panjang dan melebar. Namun sebenarnya ikan ini memiliki kelainan genetik, meskipun begitu banyak yang tertarik memeliharanya di rumah, karena bentuk tubuh dan kecantikannya yang sangat mempesona membuat banyak orang tertarik kepadanya.

Untuk harganya ikan ini juga masuke ke dalam jenis ikan oscar yang memiliki harga termahal, yaitu sekitar Rp 150.000 untuk ikan yang usianya dewasa.

8. Ikan Oscar Batik

Ikan Oscar Batik

Jika dilihat sekilas, ikan ini masih sama dengan jenis tiger, mamun sebenarnya berbeda. Kamu akan melihat perbedaan diantara keduanya jika melihatnya secara detail.

Perbedaan keduanya adalah ikan oscar batik memiliki warna warna hitam dan corak bintik bintik orange yang lebih dominan daripada ikan oscar tiger.

Karena inilah penamaan ikan oscar batik bermula, yaitu karena corak pada sisiknya yang sangat mirip dengan batik.

Untuk masalah harga, ikan batik tidak berbeda jauh dengan jenis tiger, yang termasuk dalam ikan yang masih cukup murah dibandingkan dengan jenis lainnya.

Anakan ikan oscar sendiri biasanya dijual sekitar Rp 30.000 setiap ekornya dan untuk ikan yang sudah berumur dewasa biasanya dijual sekitar Rp 80.000 an per ekor.

9. Ikan Oscar Wild Argentina

Ikan Oscar Wild Argentina

Yang terakhir ada jenis Wild Argentina (Wild Argentinian Oscar Fish) merupakan jenis ikan oscar yang cukup unik, namun sayangnya ikan ini kurang populer daripada jenis lainnya.

Ciri khas ikan ini adalah memiliki warna dasar cokelat kekuningan dan memiliki corak tubuh berwarna hitam, serta siripnya berwarna kekuningan.

Karena jenis ini masih sangat jarang ditemui di indonesia, sementara kami belum bisa memastikan berapa harga pasarannya berapa.

Baca Juga : Daftar Ikan Pembersih Kotoran Aquarium

Mungkin jika pembaca mengetahui harga pasarannya bisa menginformasikannya melalui kolom komentar yang ada di bawah artikel ini.

Daftar Harga Ikan Oscar Terbaru

Jenis Ikan OscarHarga AnakanHarga Dewasa
Ikan Oscar TigerRp 35.000 – 45.000Rp 90.000 – Rp 110.000
Ikan Oscar GoldRp 30.000 – 45.000Rp 80.000 – Rp 89.000
Ikan Oscar HitamRp 35.000 – 45.000Rp 85.000 – Rp 95.000
Ikan Oscar RedRp 40.000 – 50.000Rp 100.000 – Rp 125.000
Ikan Oscar LemonRp 40.000 – 60.000Rp 125.000 – Rp 150.000
Ikan Oscar AlbinoRp 45.000 – 60.000Rp 130.000 – Rp 155.000
Ikan Oscar SlayerRp 50.000 – 65.000Rp 140.000 – Rp 160.000
Ikan Oscar BatikRp 25.000 – 35.000Rp 70.000 – Rp 90.000
Ikan Oscar Wild Argentina

Demikian di atas adalah artikel mengenai Jenis Ikan Oscar dan Harganya, semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah pengatahuan para pembaca.

Apabila ingin menambahkan informasi lain terkait artikel ini silahkan kirimkan melalui kolom komentar yang terleh tersedia di akhir artikel ini.

Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.