Makanan Ikan Guppy

Diposting pada

Saat ini banyak sekali orang yang tertarik memelihara ikan guppy, bukan hanya untuk dipelihara untuk dinikmati keindahannya melainkan juga dijadikan sebagai lahan bisnis bagi sebagian orang.

Ya ikan guppy merupakan salah satu jenis ikan hias kecil yang memiliki keindahan fisik, serta memiliki harga jual yang cukup tinggi.

Nah jika ingin memelihara ikan hias guppy, tentunya kita harus paham bagaimana perawatannya termasuk salah satunya adalah dari segi pakannya.

Guppy merupakan ikan yang masuk ke dalam golongan omnivora, ikan hias ini akan memakan apa saja yang bisa masuk ke dalam mulutnya.

Meskipun ikan ini mau memakan pakan apa saja yang diberikan, namun kita harus memperhatikan dari segi manfaat yang didapatkan jika memberi pakan tersebut.

Nah untuk itu, kamu perlu mengetahui makanan apa saja yang bagus untuk membantu pertumbuhan ikan guppy supaya lebih cepat besar.

Daftar Makanan Ikan Guppy Agar Cepat Besar

Cacing Sutra

Cacing Sutra Makanan Ikan Guppy

Ya, cacing sutra merupakan makanan yang sangat disukai oleh ikan, terlebih lagi kandungan protein yang terkandung di dalamnya juga sangat bagus untuk mempercepat pertumbuhan ikan hias.

Untuk memperoleh pakan ini, kamu bisa mencarinya di tanah berlumpur, bisa juga di pinggiran sungai.

Namun jika tidak sempat untuk mencarinya sendiri, kamu juga bisa membeli di toko ikan hias atau penjual cacing sutra, harganya juga tergolong murah.

Artemia

Artemia Makanan Ikan Guppy

Makanan ikan yang satu ini juga termasuk pakan yang sangat disukai oleh ikan guppy loh, namun harga pakan ikan ini cukup mahal.

Dan perlu proses yang cukup lama hingga artemia menetas, karena biasanya penjual artemia menjualnya dalam bentuk telur.

Baca Juga : Penyakit Ikan Guppy

Jentik Nyamuk

Jentik Nyamuk Makanan Ikan Guppy

Untuk makanan ikan yang satu ini tergolong sangat ekonomis, bahkan gratis. Ya karena sangat mudah mencarinya, terlebih saat musim penghujan.

Namun kandungan nutrisi untuk pertumbuhan ikan guppy tidak kalah bagus dengan jenis pakan lainnya.

Kutu Air

Kutu Air Makanan Ikan Guppy

Hewan yang satu ini ukurannya sangat kecil, biasanya hidup di air yang kotor seperti di parit dan sungai.

Selain jentik nyamuk tadi kutu ari juga memiliki kandungan gizi yang tinggi dan dipercaya dapat membantu mencerahkan warna sisik ikan.

Microworm

Microworms Makanan Ikan Guppy


Microworm masih tergolong sejenis cacing, yang memiliki ukuran sangat kecil dan cacing ini berwarna putih pekat.

Pakan ini sangat cocok diberikan pada ikan guppy yang masih kecil. Dengan kandungan protein yang tinggi, sangat membantu pertumbuhan ikan supaya lebih cepat besar.

Pelet untuk Ikan Guppy

Selain memberikan pakan hidup atau makanan alami, sebaiknya berikan pelet sebagai makanan pokok.

Jadikan makanan alami tadi hanya sebagai makanan selingan, terlebih lagi jika memberikan makan alami yang masih hidup dikhawatirkan dapat membawa berbagai macam penyakit yang dapat menyerang ikan guppy.

Berikut beberapa merk pelet ikan guppy pabrikan, yang kami rekomendasikan untuk ikan guppy kamu di rumah.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Guppy

Ocean Free Super Guppy

Makanan Ikan Guppy - Ocean Free Super Guppy

Merk pakan ikan ini sudah populer di kalangan para penggiat ikan hias sebagai merk makanan ikan hias yang berkualitas.

Kualitas yang ditawarkan dari produk ini sebanding dengan harga yang ditawarkan, harga pelet ikan guppy ini cukup mahal jika dibandingkan dengan merk lainnya.

Namun jika kamu membelinya pasti akan mendapatkan hasil yang sebanding, dan ikan guppy kamu menjadi lebih cantik dan sehat.

Hikari Fancy Guppy

Makanan Ikan Guppy - Hikari Fancy Guppy

Pelet khusus untuk ikan guppy yang selanjutnya ini juga bagus untuk diberikan pada ikan guppy kamu.

Kandungan nutrisi yang ada di dalamnya sangat baik untuk membantu pertumbuhan anakan ikan guppy hingga ikan guppy yang sudah dewasa.

Cara Memberi Makanan pada Ikan Guppy

Sama halnya dengan jenis ikan hias lainnya, memberi makan pada ikan guppy juga sama, tidak bisa kurang ataupun berlebihan.

Selain itu pemberian pakan juga harus diperhatikan, sebaiknya berikan makanan pokok ikan guppy dengan pelet dan berikan makanan alami hanya sebagai selingan saja.

Tips Memberi Makan Burayak Ikan Guppy

Burayak merupakan ikan yang masih kecil dan baru menetas, perlakuan pada ikan hias ini harus diperhatikan dengan baik, terutama dalam hal makanan.

Setelah burayak  berusia 2 minggu, mulai berikan rebusan kuning telur dan juga kutu air yang disaring.

Sebaiknya berikan 2 kali sehari pagi dan sore hari. Dalam memberikan kuning telur harus dijaga jangan terlalu banyak, karena akan mengotori akuarium.

Baca Juga : Ikan Hias yang Cantik untuk Aquascape

Tips Memberi Makan Ikan Guppy Dewasa

Setelah usia ikan setidaknya 2 bulanan, ikan guppy sudah bisa dikatakan menginjak usia dewasa. Mulai berikan makan pelet dan makan hidup lainnya.

Berikan pelet ikan guppy 2 kali sehari dan untuk pemberian makanan alami atau pakan hidup sebaiknya cukup berikan 1 atau 2 kali dalam seminggu.

Nah demikian Artikel Tentang Makanan Ikan Guppy Supaya Lebih Cepat Besar, semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan sobat semua.

Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.