Harga Ikan Layang

Ikan layang, pasti banyak yang kurang familiar dengan nama ikan laut yang satu ini. Kebanyakan dari kamu pasti lebih familiar dengan nama ikan kembung, ikan tongkol, ikan tenggiri dan kawan kawannya.

Namun sebenarnya ikan ini cukup banyak di perairan indonesia loh, maka tak heran harga ikan layang terbilang cukup murah.

Meskipun harganya terjangkau, namun saat ini masyarakat indonesia masih kurang familiar dengan jenis ikan ini, kebanyakan lebih memilih jenis ikan lain.

Padahal, selain harganya yang cukup murah, ikan layang juga memiliki rasa yang lezat dan memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan.

Ikan ini juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan juga kandungan lemak yang rendah, selain itu, ikan ini juga mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, serta memiliki kandungan Omega 3 yang tinggi.

Sebelum membahas harga ikan layang, ada baiknya kamu lebih memahami ciri – ciri ikan layang terlebih dahulu, berikut ulasannya :

Ciri Ciri Ikan Layang

Ikan Layang Segar
  • Tubuhnya memanjang dan agak gepeng.
  • Panjangnya bisa mencapai 30 cm, namun umumnya sekitar 20 – 25 cm.
  • Pada umumnya berwarna biru kehijauan, pada bagian atas berwarna hijau pupus, dan pada tubuh bagian bawah berwarna putih perak.
  • Siripnya berwarna abu abu kekuningan atau kuning pucat.
  • Adanya bintik hitam besar pada tepian atas penutup insang.

Daftar Harga Ikan Layang

Berikut, Suka Ikan sudah merangkum Daftar Harga Pasaran Ikan Layang yang kami ambil dari berbagai sumber terpercaya.

Jenis dan Olahan Ikan LayangHarga
Ikan Layang SegarRp 26.000
Ikan Layang FrozenRp 24.000
Ikan Asin Layang Rp 30.000
Ikan Layang AsapRp 31.000
Ikan Layang BakarRp 32.000
Ikan Layang RebusRp 27.000

Tips Memilih Ikan Layang yang Baik

Memilih Ikan Layang

Sebelum membeli ikan layang di pasar, sebaiknya kamu memperhatikan kualitas dari ikan tersebut, tentunya supaya kita bisa mendapatkan ikan yang berkualitas yang memiliki citarasa yang enak.

Berikut beberapa tips yang harus kamu ketahui saat akan membeli ikan layang :

1. Lihat Matanya

Pertama, perhatikan mata ikan layang, jangan memilih ikan yang matanya sudah buram, pilihlah ikan yang matanya masih hitam pekat dan terlihat jernih, hal ini menadakan ikan masih dalam keadaan segar dan belum akan membusuk.

2. Tidak Berbau Menyengat

Ikan yang masih segar tidak mungkin berbau meyengat, cara paling mudah membedakan ikan yang masih segar dengan yang tidak adalah dari baunya.

Ikan yang masih segar tidak aakn mengeluarkan bau amis yang sangat menyengat.

3. Kulitnya Cerah dan Mengkilap

Kemudian lihatlah kulit ikan yang akan kamu beli, apakah kulitnya kusam, berkerut, pucat ataupun warnanya terlihat mengkilat?

Pilihlah ikan yang kulitnya maish berwarna cerah mengkilat, karena ikan ini masih segar dan belum akan membusuk.

Selain itu pilihlah ikan yang sisiknya masih utuh atau tidak banyak sisik yang rontok.

4. Dagingnya Padat dan Elastis

Jangan memilih ikan yang tekstur dagingnya suda lembek, pilihlah ikan yang dagingnya masih padat dan elastis, yang jika dagingnya ditekan tidak mudah rusak.

5. Insangnya Masih Segar

Jika memungkinkan, cek insang ikan yang akan kamu beli, apakah insang ikan tersebut masih berwarna kemerahan cerah dan terlihat segar, maka itu tandanya ikan masih dalam keadan segar dan layak untuk kamu beli.

Dan jangan diambil jika insang ikan tersebut warnanya pucat dan terdapat lendirnya, karena ini menandakan ikan yang kurang baik dan kemungkinan akan segera membusuk.

Demikian artikel mengenai Harga Ikan Layang dan Beberapa Tips Memilih ikan Layang yang layak konsumsi. Semoga Bermanfaat!

Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.