Harga Ikan Tenggiri

Diposting pada

Salah satu Ikan yang banyak disukai banyak orang adalah ikan tenggiri, ikan yang memiliki nama latin Scomberomorus ini adalah ikan laut yang hidupnya bergerombol.

Dengan cara ini, mereka akan lebih mudah mendapatkan makanan dan bisa menghindarkan dari serangan predator.

Ikan tenggiri banyak dicari oleh banyak orang karena kandungan gizi yang banyak dan citarasa ikannya yang lezat.

Ikan tenggiri dapat dijadikan berbagai macam olahan makanan, biasanya dipakai sebagai pengganti daging karena kandungan gizinya yang cukup banyak.

Selain itu ikan tenggiri juga rendah kalori, sehingga sangat cocok untuk kalian yang sedang ingin menurunkan berat badan, selain itu juga mengandung protein yang tinggi.

Banyak nelayan yang berburu mencari ikan tenggiri, hal ini dikarenakan harga ikan tenggiri lumayan mahal ditambah peminatnya juga cukup banyak.

Manfaat Mengonsumsi Ikan Tenggiri

Masakan Ikan Tenggiri

Selain rasanya yang lezat, dengan mengonsumsi ikan tenggiri ternyata memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya adalah :

1. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Kolesterol menjadi buah pembicaraan yang cukup menakutkan bagi banyak orang, sebenarnya tidak demikian selama masih dalam ambang wajar dan tidak berlebihan.

Untuk itu jika kamu senang mengonsumsi jeroan sebaiknya segera hindari dan beralih untuk mengonsumsi daging ikan tenggiri. Ya jenis ikan laut ini memang dipercaya dapat menurunkan kadar kolestereol jahat di dalam tubuh.

2. Meningkatkan Kecerdasan

Banyak orang menyarankan untuk sering memberikan ikan kepada anak anak, karena dapat meningkatkan nilai kognitif sang anak.

Hal tersebut memanglah benar, salah satunya adalah dengan mengonsumsi ikan tenggiri, yang didalamnya terdapat banyak kandungan omega 3 sehat yang sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan kecerdasan pada anak.

3. Kaya Akan Vitamin

Ikan memang memliki segudang manfaat bagi siapa saja yang rutin mengonsumsinya. Salah satunya pada ikan tenggiri.

Ya di dalamnya, terkandung banyak sekali vitamin baik, sepertiVitamin A, B dan B1 yang sangat penting perannya bagi tubuh kita.

Jenis Jenis Ikan Tenggiri

1. Tenggiri Banci

Jenis Ikan Tenggiri ini pastinya sangat familiar, ikan ini memiliki moncong yang panjang, bahkan panjangnya hampir sama dengan panjang kepalanya.

2. Tenggiri Papan

Tenggiri Papan (Scomberomorus guttatus) merupakan jenis ikan tenggiti yang memiliki corak warna kehitaman pada bagian sisi tubuhnya.

Ikan ini tidak bisa tumbuh terlalu besar, panjangnya hanya sekitar 60 – 80 cm saja, itupun jika hidupnya di laut lepas.

3. Tenggiri Batang

Dari kedua jenis di atas, ikan tenggiri yang satu ini merupakan yang paling banyak dicari, biasanya ikan ini akan dijadikan bahan campuran untuk membuat pempek, kerupuk dan lainnya.

Bentuk tubuh tenggiri batang cukup besar dan ideal, terdapat garis vertikal pada sisi tubuhnya yang berwarna gelap, dan untuk panjang tubuhnya ikan ini bisa memiliki tubuh hingga panjangnya mencapai 200 cm.

Olahan Ikan Tenggiri dan Harganya

Ikan Tenggiri Giling

Ikan Tenggiri Giling

Ikan tenggiri yang sudah digiling merupakan pilihan terbaik bagi ibu rumah tangga yang ingin membuat berbagai olahan masakan, seperti Bakso, siomay, pempek dan lainnya.

Pengolahan ikan tenggiri giling dengan cara memisahkan kepala, tulang dan juga kulitnya. Dengan beragam pengolahan yang dilakukan, tentunya harga ikan tenggiri giling menjadi lebih mahal.

Namun merupakan pilihan praktis bagi yang tidak mau repot atau tidak ada waktu. Untuk masalah harga ikan tenggiri giling biasanya dijual dengan harga sekitar Rp 110.000 setiap 1 kilogramnya.

Ikan Tenggiri Fillet

Ikan Tenggiri Fillet

Jenis olahan ikan fillet juga cukup banyak diminati, karena dijual dalam keadaan bersih dan sudah dibuang kotoran dan tulangnya.

Banyak yang lebih memilih membeli ikan tenggiri fillet karena sangat praktis dan bisa disimpan ke dalam frezzer jika belum habis dimasak secara langsung.

Harga Ikan Tenggiri Fillet tidak jauh berbeda dengan yang digiling, biasanya harga jualnya sekitar Rp 95.000 per kilogramnya.

Harga Ikan Tenggiri di Supermarket

Harga Ikan Tenggiri di Supermarket

Untuk mencari daging ikan tenggiri tidak perlu susah susah lagi, karena di supermarket seperti Carrefour dan Transmart juga banyak ikan tenggiri yang dijajakan.

Dan untuk masalah harga, tentunya agak lebih mahal dari harga di pasar tradisional, karena di supermarket sudah terjamin kualitasnya dan keasliannya.

Harga ikan ini di supermarket dijual sekitar Rp 120.000 untuk setiap kilogramnya. Apakah kamu tertari membelinya di Supermarket?

Ikan Tenggiri di Pasar Tradisional

Harga Ikan Tenggiri Pasar Tradisional

Saat ini pasar tradisional mulai berkurang peminatnya, seiring banyaknya pasar modern yang menawarkan banyak kemudahan.

Namun masih banyak sebagian orang yang lebih memilih berbelanja di pasar tradisional karena alasan harganya yang jauh lebih murah daripada harga di supermarket.

Untuk harganya biasanya di pasar tradisional dibanderol dengan harga sekitar Rp 70.000 – Rp 80.000 per kilogramnya bahkan bisa lebih murah jika pasokan ikan sedang melimpah.

Daftar Harga Ikan Tenggiri per Kg Lengkap

Olahan Ikan TenggiriHarga
Harga Ikan Tenggiri SegarRp 80.000
Harga Ikan Tenggiri GilingRp 110.000
Harga Ikan Tenggiri FilletRp 95.000
Harga Ikan Tenggiri di CarrefourRp 120.000
Harga Ikan Tenggiri di Pasar TradisionalRp 75.000

Sumber : Berbagai Toko Online dan Sumber Terpercaya lainnya.

Memotong Ikan Tenggiri

Cara Membersihkan Ikan Tenggiri

Sebelum mengolah ikan tenggiri, kamu perlu membersihkannya terlebih dahulu, caranya adalah sebagai berikut :

  1. Pertama bersihkan sisiknya terlebih dahulu dengan meletakan pisau di pangkal ekor.
  2. Lalu parik pisau perlahan sampai kepala, dan sisik sisik mengelupas.
  3. Setelah sisik sudah dibersihkan, kerat pada bagian bawah leher ikan, kemudian buang semua kotoran dari dalam perutnya.
  4. Kemudian bersihkan dengan air yang mengalir, mulai dari dalam perutnya hingga seluruh tubuhnya dan sambil di gosok gosok tubuhnya supaya lebih bersih.
  5. Sekarang ikan sudah bersih dan sudah siap untuk dibuat berbagai macam olahan masakan yang enak dan lezat.
Cara Menyimpan Ikan Tenggiri Agar Tetap Segar

Cara Menyimpan Ikan Tenggiri Agar Tetap Segar

Setelah membeli ikan tenggiri pastinya langsung dibuat bermacam olahan makanan, namun terkadang masih tersisa dan bingung mau dibuat apa lagi.

Dan sisanya akan disimpan untuk keperluan membuat masakan di lain waktu, sebelum itu ketahuilah cara menyimpan ikan tenggiri yang baik.

Untuk menyimpannya sebaiknya tempatkan pada suhu ruangan yang dingin agar ikan tetap segar dan tidak cepat busuk.

Pilihan terbaik adalah dengan memasukannya ke dalam kulkas agar bisa disimpan dalam waktu yang agak lama sebelum ikan tenggiri diolah lagi.

Baca Juga : Harga Ikan Salmon

Demikian Artikel Mengenai Informasi Harga Ikan Tenggiri Per Kilogramnya semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua.

Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.