Pakan Ikan Bawal

Agar proses budidaya ikan bawal berhasil dan mendatangkan keuntungan, tentunya ikan yang kita pelihara harus cepat tumbuh besar. Maka untuk menunjang pertumbuhan ikan, diperlukan pakan ikan bawal yang terbaik, supaya ikan bisa bertumbuh dengan cepat.

Berikut ini Suka Ikan akan membahas beberapa Pakan Ikan Bawal Terbaik, yang bisa kamu coba aplikasikan sendiri di rumah.

Rekomendasi Pakan Ikan Bawal Terbaik

1. Pelet

Pelet Ikan

Pelet merupakan pakan yang paling umum digunakan sebagai pakan utama oleh para petani ikan.

Pakan ini dipilih karena dianggap paling praktis dan paling mudah untuk didapatkan.

Pemberian pelet diberikan dengan cara menyebarkan secara merata pada permukaan kolam, agar semua ikan mendapatkan jatah makan.

Pelet untuk ikan bawal, terdiri dari beberapa jenis, diantaranya adalah FF999, 781-SP, 781-2, dan 781.

Agar pemberian pakan sesuai dengan kebutuhan, sebaiknya setiap 2 minggu sekali, dilakukan pengecekan bobot dan besarnya ikan.

Hal ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan ikan saat ini, dan supaya kita dapat menentukan jumlah pakannya berapa.

2. Sayuran

Kangkung

Selain pelet, ikan bawal juga suka makanan berupa sayur sayuran, beberapa sayuran yang disukai ikan bawal diantaranya adalah : Kangkung, bayam, sawi, kol, dan sayuran lain yang teksturnya lembut.

Sebelum diberikan, sebaiknya sayuran tadi dicincang terlebih dahulu, supaya ikan bisa dengan mudah mengonsumsinya.

3. Ampas Kelapa

Ampas Kelapa

Serutan kelapa yang biasa digunakan untuk membuat santan, sisa ampasnya biasanya dibuang.

Namun ternyata, ampas ini bisa dijadikan pakan untuk ikan bawal, selain harganya yang murah, ternyata juga dapat membantu pertumbuhan ikan dengan cepat.

Karena ikan bawal memerlukan nutrisi dan protein dalam jumlah yang tinggi guna menunjang pertumbuhannya, dan salah satunya bisa didapatkan dari ampas kelapa ini.

Selain diberikan secara langsung, ampas kelapa juga bisa dicampurkan dengan pelet, atau bisa juga dilakukan fermentasi terlebih dahulu.

Cara memfermentasi ampas kelapa adalah dengan mencampurkannya dengan pelet, kemudian dikeringkan di tempat terbuka selama 4 – 5 hari.

Setelah itu, ampas dan pelet yang sudah dicampurkan tadi dihaluskan, serta diberi campuran tepung kanji dan juga air sscukupnya. Dan sekarang fermentasinya sudah jadi dan sudah siap untuk diberikan pada ikan.

4. Azolla

Azolla

Azolla atau yang lebih akrab disebut tanaman paku air, merupakan salah satu pilihan pakan organik, yang bisa kamu jadikan sebagai pakan alternatif.

Azolla memiliki kandungan protein yang tinggi, sehingga baik untuk membantu pertumbuhan ikan bawal.

Dalam azolla terdapat kandungan protein hingga mencapai 31,25%, kandungan lemak berkisar 7,5%, dan juga karbohidrat 6,5%. Selain itu azolla juga mengandung gula terlarut sekitar 35,5% dan serat kasar 13%.

Itulah alasan mengapa azolla bisa dijadikan pakan alternatif yang bagus, selain itu biaya pakan bisa ditekan lebih hemat hingga mencapai 20%.

5. Maggot

Maggot Lalat

Maggot Lalat, merupakan larva serangga lalat hitam (Black Soldier Fly).

Akhir akhir ini penggunaan maggot sebagai pakan ikan sedang ramai diperbincangkan, karena digadang bisa menghemat biaya pakan.

Kandungan dalam maggot adalah 55% protein, 35% lemak, vitamin, omega-3, mineral, asam amino essential seperti histidin, asam gluatamat, asam aspartat, cystine dan methionin.

Maggot yang kaya akan nutrisi, juga dikenal memiliki banyak kelebihan jika dijadikan pakan alternatif, diantaranya adalah tingkat produksi dan juga efisiensi pakan yang tinggi, tidak memerlukan banyak air, serta produksi gas dan limbah yang relatif rendah dan mudah untuk dibudidayakan.

Di artikel selanjutnya akan saya buatkan artikel mengenai Cara Membudidayakan Maggot untuk Pakan Ikan.

6. Limbah Makanan dan Roti

Limbah Makanan

Biasanya limbah makanan dan roti dibuang sia-sia. Namun sisa sisa makanan tersebut bisa dijadikan sebagai makanan alternatif yang disukai oleh ikan bawal.

Pakan pakan ini bisa didapatkan, dari limbah rumah tangga, rumah makan, dan juga restoran.

Roti yang sudah kadaluarsa, juga bisa diberikan untuk pakan ikan bawal. Daripada roti tersebut membusuk dan dibuang sia sia, lebih baik kamu memberikannya untuk ikan bawal.

Namun untuk pemberian limbah makanan dianjurkan untuk yang memelihara ikan di kolam yang airnya mengalir, sehingga minya yang ada pada sisa makanan tidak menggenang di kolam.

7. Suplemen

Madu

Suplemen ini baik diberikan pada saat masa pembenihan ataupun pembesaran, yang bertujuan untuk meningkatkan selera makan ikan.

Beberapa suplemen yang baik diberikan untuk ikan bawal, diantaranya adalah Gula, Susu, dan juga Madu, yang dicampurkan dengan pelet.

Untuk dosisi pemberikan suplemen pakan, masing masing adalah 1 sdm gula pasir, 1 sdm madu, ataupun 1 sdm susu kental manis, yang dicampurkan dengan 1 kilogram pelet ikan.

Untuk pemberiannya sebaiknya dilakukan selang seling atau 2 hari sekali, hari ini diberi, besoknya tidak diberi suplemen. Namun jika kamu menginginkan ikan lebih cepat besar, kamu bisa memberikannya setiap hari.

Baca Juga : Harga Ikan Bawal Terbaru

Waktu Pemberian Pakan Ikan Bawal yang Baik

Pemberian pakan dengan pakan alternatif berupalimbah makanan dan roti, bisa kamu berikan sebanyak dua kali sehari, pada pagi hari jam 09.00 dan sore hari pada jam 15.00.

Dikarenakan pada jam jam tersebut, air kolam masih hangat, sehingga ikan akan bergerak akti untuk memburu makanan yang diberikan.

Sedangkan pemberian sistem makan periodik yaitu 3 x sehari, yaitu pagi, siang dan sore / malam hari. Dalam memberikan pakan dengan sistem periodik ini kamu harus memperhatikan nafsu makan ikan, karena seringkali ikan tidak menghabiskan pakan yang diberikan.

Dalam menyebar pakan, sebaiknya kamu berikan secara merata ke seluruh bagian kolam, hal ini bertujuan supaya jatah makanan semua ikan bisa merata.

Demikian tadi Daftar Makanan dan Tips Memberikan Pakan Ikan Bawal yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.