Pakan Ikan Lele

Diposting pada

Saat memelihara / membudidaya lele, tentunya kamu menginginkan ikan yang kamu pelihara lebih cepat tumbuh besar.

Lama tidaknya pertumbuhan ikan lele sangat dipengaruhi oleh makanan yang dimakan oleh ikan lele.

Ikan Lele sedang Makan

Untuk itu kamu perlu mengetahui apa saja pakan ikan lele yang bagus dan dapat mempercepat pertumbuhan lele yang kamu pelihara.

Pasalnya, jika ikan lele lebih cepat besar, kita bisa lebih cepat dalam melakukan panen, terlebih harga ikan lele saat ini juga cukup menggiurkan.

Makanya tek heran banyak yang ingin mencoba membudidaya ikan lele dan menjadikan ladang bisnis yang sangat menjanjikan apabila ditekuni dengan baik.

Sebelum kamu melakukan budidaya ikan ini, sebaiknya kamu mengetahui daftar pakan yang bagus untuk ikan lele. Berikut Suka Ikan sudah memiliki rangkumannya :

Jenis Pakan Lele

1. Pelet

Pelet Ikan
Via : alamtani.com

Makanan ikan jenis ini merupakan pakan yang sangat mudah didapatkan, banyak toko toko yang menjualnya.

Pelet biasanya memiliki banyak campuran bahan yang baik untuk ikan, seperti daging, terigu dan bahan bahan lainnya.

Sangat disaranankan untuk memberikan pelet, baik itu pelet yang terapung maupun yang tenggelam. Karena sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ikan.

2. Makanan Alami

Ikan Ikan Kecil

Pemberian pakan alami, tentunya bisa kita dapatkan sendiri dari alam. Pakan ikan lele alami, juga bagus untuk menunjang pertumbuhan ikan.

Selain itu pemberikan makanan alami seperti ini dapat mengurangi ongkos pembelian pelet.

Beberapa jenis makanan alami ikan lele, diantaranya adalah : cacing sutra, kutu air, jentik nyamuk, jangkrik, kelabang, ikan ikan kecil (dari sungai), dan lain lain.

Karena lele merupakan ikan yang suka memakan apapun, kamu bisa memberikan hewan hewan kecil lainnya yang ukurannya kecil dan memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk lele.

Pakan Alternatif Lele

Selain diberikan pelet dan makanan alami tadi, ada juga beberapa macam makanan untuk ikan lele yang bisa dijadikan alternatif dan pastinya bisa menunjang pertumbuhan ikan lele supaya bisa cepat tumbuh besar.

  • Bekicot
  • Maggot Lalat
  • Cacing
  • Tanaman dan Dedaunan

Dari daftar pakan alternatif tersebut, tentunya memiliki keunggulan masing masing, pemberiannya menyesuaikan, sesuai ekbutuhan saja dan pastinya juga bisa untuk mengurangi ongkos membeli pelet.

Berikut ulasan mengenai masing masang pakan alternatif yang bagus untuk ikan lele, simak di bawah ini :

1. Bekicot

Bekicot
Via : belajarsimpati.com

Hewan ini sangat mudah ditemui di sekeliling pekarangan rumah, terlebih pada saat musim penghujan tiba, bekicot akan sangat banyak ditemui.

Bahkan bila beruntung, kamu bisa menemukan telur telur bekicot, yang juga bisa kamu berikan pada ikan lele kamu. Bau amis pada bekicot sangat disukai oleh lele.

Kandungan nutrisi dan gizi pada bekicot sangat baik untuk membantu mempercepat pertumbuhan ikan lele.

2. Maggot Lalat

Maggot Lalat
Via : paktanidigital.com

Biasanya, maggot lalat tumbuh pada siklus siklus tertentu. Lakat yang dimaksud merupakan lalat jenis black soldier. Siklus maggot ini bisa tumbuh sebelum memasuki fase pupa berubah menjadi lalat.

Kandungan pada maggot diantaranya adalah protein, kandungan protein pada maggot sekitar 40 persen, yang artinya lebih tinggi daripada kandungan pelet pabrikan, yang kandungannya berkisar 20 hingga 25 persen saja.

3. Cacing

Cacing Tanah
Via : idntimes.com

Sudah bukan rahasia lagi, jika cacing merupakan makanan favorit ikan, termasuk ikan lele. Bahkan dari zaman nenek moyang kita cacing sudah dijadikan pakan ikan dan juga umpan saat memancing.

Cacing memiliki sekitar 70 persen protein di dalamnya, dengan memiliki kadar protein sebesar itu, makan akan sangat baik untuk membantu mempercepat pertumbuhan ikan lele.

4. Tanaman dan Dedaunan

Beberapa jenis tanaman yang biasanya diberikan kepada ikan lele adalah tanaman air azolla dan lompong, serta tumbuhan dan tanaman lainnya.

Namun di sini yang paling sering kami temui adalah kedua tanaman tadi.

Azolla

Azolla merupakan sejenis tanaman air, lebih tepatnya tanaman paku air, hidupnya seperti enceng gondok yaitu mengapung di air.

Lompong

Nah kalau tanaman lompong pastinya kalian sudah sangat familiar dengan tanaman ini, bukan? Ya tanaman ini selain bisa diberikan untuk pakan lele, juga terdapat beberapa jenis lompng yang bisa dimasak.

Lompong menjadi pakan alternatif yang cukup sering dijadikan pilihan oleh banyak orang, karena kemudahan mendapatkannya, yang bisa ditemukan di kebun.

Pakan Lele Organik

Dengan semakin mahalnya harga pelet ikan lele, membuat banyak para peternak yang memutar otak untuk bisa memangkas ongkos untuk pembelian pakan.

Dan akhirnya menemukan pakan organik ini, dari segi harga tentunya jauh lebih murah ketimbang pakan lele pada umumnya.

Cara membuat pakan lele organik adalah dengan memanfaatkan kotoran sapi maupun kambiing, yang kemudian dijadikan pelet organik atau pakan organik untuk lele.

Namun sebelum itu, kotoran hewan tadi harus melalui beberapa proses dan pengolahan, supaya menjadi pakan ikan lele organik dan bisa membantu menunjang pertumbuhan ikan.

Cara Membuat Pakan Lele Organik dari Kotoran Kambing

Kotoran Kambing (Bribil)

1. Siapkan Bahan

Bahan utamanya, tentu kotoran kambing (bribil) dan beberapa bahan lainnya, yang berfungsi sebaigai pelengkap supaya menjadi pakan yang bergizi.

Bahan bahan yang harus dipersiapkan diantaranya adalah : kotoran kambing yang sudah dikeringkan selama seminggu (setidaknya sudah benar benar kering), tabung, karung, satu liter EM-4, 2 Liter Tetes Tebu atau Gula Pasir, limbah sayuran, bekatul, dan 10 hingga 20 liter air.

2. Siapkan Wadah

Wadah di sini adalah untuk menampung kotoran kambing dan bahan bahan lainnya selama proses pembuatan pelet organik.

Wadah yang bisa kamu gunakan, ember besar atau wadah lainnya yang sekiranya bisa untuk menampung bahan bahan tadi.

3. Campurkan Gula Pasir, Air, dan EM-4

Setelah menyiapkan wadah, campurkan gula pasir atau tetesan tebu, larutkan dengan 1 liter air dan 20 ml EM 4. Llau diamkan selama 2 jam.

Campuran EM 4 tadi, akan meningkatkan hasil budidaya ikan lele yang berkualitas tinggi dan Tetesan tebu atau gula pasir, mampu menghambat pertumbuhan bakteri patogen dan menghasilkan lele yang bagus.

4. Campurkan Seluruh Bahan

Setelah semua bahan dipersiapkan, sekarang campurkan semua bahan, mulai dari kotoran kambing, limbah sayuran dan bekatul.

Campur semua bahan dengan larutan yang sudah dibuat pada tahap no 3 tadi. Lalu Aduklah semuanya sampai merata.

5. Tutup Rapat Wadah

Gunakan wadah untuk menyimpan olahan pakan tadi, usahakan yang bisa ditutup rapat.

Kemudian simpan di tempat yang teduh dan jangan terkena sinar matahari.

6. Cara memberikan Pakan

Proses fermentasi berjalan selama sekitar 14 hari hingga bakteri pada kotoran kambing sudah bisa diberikan dan baik untuk ikan lele.

Namun tidak disarankan untuk memberikan pakan organik ini untuk ikan lele anakan, hanya berikan untuk ikan lele dewasa saja.

Manfaat Pakan Ikan Organik

  • Bisa menghemat Pelet Ikan
  • Sedikit, bahkan tidak memakai bahan kimia.
  • Presentasi kematian ikan dapat berkurang.
  • Biaya pemeliharaan ikan bisa lebih hemat.

Cara Membuat Pakan Lele dengan Campuran Bekatul

Bekatul

Hampir sama dengan pakan organik tadi, kita juga bisa membuat makanan untuk ikan lele sendiri dengan bahan dasar dedak / bekatul.

Jadi selain untuk pakan ayam, bekatul juga bisa kamu jadikan pakan ikan lele. Untuk cara pembuatannya adalah sebagai berikut :

  1. Persiapkan 2,5 kg pelet dan bekatul, 5 sendok makan garam, 1/4 kg ikan asin, 5 liter air dan minyak goreng secukupnya saja.
  2. Siapkan wadah untuk mencampurkan semua bahan tadi, kamu bisa menggunakan ember besar dan sejenisnya.
  3. Persiapkan bahan tambahan pelet untuk dicampurkan dengan bekatul. Disarankan menggunakan pelet yang mengandung 20 persen protein guna membantu mempercepat pertumbuhan ikan.
  4. Tambahkan garam ke dalam campuran adonan pelet dan bekatul tadi, gunanya adalah untuk mengawetkan, serta menjaga nutrisibahan selama proses pembuatan pakan.
  5. Kemudian tambahkan ikan asin agar aroma pakan bisa ditingkatkan.
  6. Lalu tambahkan minyak goreng sayur, dan dauk hingga merata. Penambahan minyak ini adalah untuk mengingkatkan aroma pakan supaya lebih menyengat.
  7. Setelah semua bahan dicampur di dalam wadah, kemudian aduk sampai semua bahan rata dan menggumpal.
  8. Setelah adonan menggumpal, selanjutnya kukus adonan tadi. Kukus setidaknya selama 1 jam hingga adonan berubah warna menjadi cokelat tua.
  9. Siapkan tempat / wadah untuk menyimpan adonan pakan tadi. Gunakan wadah yang telah diberi lubang kecil supaya air dalam pakan tersebut bisa keluar dan pakan bisa kering.
  10. Kemudian diamkan adonan tadi selama 24 jam, sebelum diberikan kepada ikan lele kamu.
  11. Cara memberikannya adalah dengan membuatnya bola bola atau bulatan kecil, seperti layaknya pelet, baru berikan pada ikan. Sebaiknya berikan pakan buatan ini 2 kali sehari.

Baca Juga : Harga Ikan Lele Terbaru

Harga Pelet Ikan Lele

No Ukuran PeletHarga Eceran (Kg)Harga per Karung
1 PF – 500Rp 18.000Rp 175.000
2 PF – 800Rp 15.500Rp 150.000
3 PF – 1.000Rp 15.000Rp 145.000
4 -1 (Min 1)Rp 11.000Rp 300.000
5 -2 (Min 2)Rp 10.500Rp 295.000
6 -3 (Min 3)Rp 10.000Rp 285.000
7 -4 (Min 4)Rp 9.500Rp 275.000

Demikian artikel tentang pakan ikan lele, semoga dapat bermanfaat dan menamabah wawasan. Semoga berhasil memelihara ikan lele dan bisa tumbuh besar lebih cepat.

Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.