Pakan Ikan Nila

Diposting pada

Ikan Nila menjadi salah satu ikan yang banyak dibudidayakan di Indonesia, karena prospek keuntungannya yang lumayan besar.

Permintaan ikan nila di pasaran tidak ada surutnya, sehingga banyak sekali orang yang mencoba terjun untuk membudidayakan ikan nila.

Nah salah satu kunci kesuksesan dalam membudidayakan ikan ini, sangat dipengaruhi oleh faktor pemilihan pakan ikan nila yang bagus dan tentunya berkualitas.

Ikan Nila

Dengan memilih pakan yang tepat, tentunya diharapkan akan mempersingkat masa pembudidayaan dan bisa lebih cepat panen, karena pertumbuhan ikan nila bisa lebih cepat.

Namun kendala terbesar para petani ikan adalah harga pakan yang mahal, namun tidak perlu khawatir karena masih banyak alternatif pakan buatan untuk ikan nila yang bisa diberikan.

Baiklah langsung saja ke topik pembahasan Pakan Ikan Nila yang Bagus untuk Mempercepat Perumbuhan dan Masa Panen.

Daftar Pakan Ikan Nila

Pakan Alami

1. Kangkung

Kangkung

Sayuran yang sering kita konsumsi ini, ternyata juga bagus untuk diberikan pada ikan nila, karena memiliki kandungan yang cukup lengkap, seperti : Protein, Karbohidrat, dan Lemak.

2. Lumut

Lumut

Nah kalau pakan yang ini sih, sudah tidak usah di ragukan lagi, karena di alam liar sendiri ikan nila memang suka memakan lumut dalam kesehariannya.

Kandungan protein yang terdapat dalam lumut cukup banyak sehingga dapat membantu mempercepat pertumbuhan ikan.

Selain itu, lumut juga sering dipakai sebagai umpan untuk memancing ikan nila juga loh. Untuk bisa mendapatkan lumut kamu bisa mencarinya sendiri di sungai atau bisa membelinya di toko umpan ikan.

3. Eceng Gondok

Eceng Gondok

Tanaman air ini ternyata memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk membantu pertumbuhan ikan nila. Dalam tanaman enceng gondok terdapat kandungan protein yang cukup tinggi.

Untuk membuat pakan dari eceng gondok, kamu perlu mengeringkannya terlebih dahulu dan membuatnya menjadi tepung, baru diberikan pada ikan.

4. Daun Talas

Daun Talas

Pakan yang satu ini juga sangat baik untuk ikan nila, karena memiliki kandungan seperti protein, karbohidrat, serta lemak yang sangat dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan ikan.

Selain manfaatnya yang baik untuk nila, untuk bisa mendapatkan pakan yang satu ini sangat mudah, karena ada banyak sekali tumbuh di area perkebunan.

5. Azolla Pinnata

Azolla Pinnata

Azolla merupakan tanaman paku yang tumbuh di tempat yang berair, berwarna hijau. Ukuran daunnya hanya sekitar 1 cm saja.

Tumbuhan ini sangat cepat pertumbuhannya dan banyak ditemukan di areal persawahan atau di daerah yang cukup banyak air menggenang.

Azolla bisa diberikan dalam kondisi basah maupun kering, namun sebaiknya berikan yang kering saja.

Karena jika diberikan pakan yang basah azolla masih mengandung banyak air, sehingga ikan hanya akan kenyang air saja dan hanya mendapatkan sedikit protein.

Pakan Organik

1. Kotoran Hewan Ternak

Kotoran hewan memang dianggap sebagai suatu yang menjijikan, namun ternyata kotoran kotoran hewan tersebut bisa dimanfaatkan menjadi sesuatu yang bermanfaat, dan salah satunya adalah sebagai pakan ikan.

Namun bukan berarti kotoran tersbut langsung diberikan secara langsung, akan tetapi harus melewati beberapa proses pengomposan, hingga menumbuhkan berbagai mikroorganisme yang baik untuk diberikan pada ikan.

2. Dedak

Dedak

Pakan dedak merupakan pakan untuk hewan ternak yang sudah sangat familiar, yang merupakan hasil dari limbah pengolahan gabah.

Kandungan nutrisi pada dedak diantaranya adalah protein, lemak, serat. Hal ini membuat dedak merupakan salah satu pakan yang bergizi untuk ikan nila.

3. Ampas Tahu

Ampas Tahu

Ampas tahu memiliki banyak kandungan seperti protein dan juga lemak yang cukup tinggi.

Secara detail kandungan nutrisi yang ada dalam Ampas Tahu diantaranya adalah 8,66% Protein, 3,79 Lemak dan sisanya adalah air dan juga abu.

Dengan beragam kandungan tersebut, ampas tahu dapat membantu pertumbuhan ikan nila.

4. Tepung Ikan

Tepung Ikan

Pakan untuk ikan nila selanjutnya adalah Tepung Ikan, tepung ini merupakan hasil dari bagian ikan yang dihaluskan dan dikeringkan.

Biasanya tepung ini digunakan sebagai campuran tambahan pakan untuk ternak, namun juga cocok juga untuk tambahan pakan ikan.

5. Ampas Kelapa

Ampas Kelapa

Guna mengurangi biaya pengeluaran pakan ikan, kamu bisa mencoba memberi ikan dengan ampas kelapa.

Selain harganya yang terjangkau dan mudah untuk mendapatkannya, ampas kelapa juga cukup baik untuk membantu mempercepat pertumbuhan ikan nila.

Karena Ampas Kelapa mengandung protein dan karbohidrat yang cukup tinggi.

Pakan Ikan Nila Buatan dan Pabrikan

1. Pelet Ikan

Pelet Ikan

Pelet merupakan pakan yang paling banyak dipilih oleh para pembudidaya ikan, alasannya adalah karena praktis dan tidak perlu repot repot membuat ataupun meracik pakan.

Keunggulan pelet untuk ikan adalah memiliki banyak gizi, karena campurannya sangat beragam, namun yang masih menjadi kendala adalah harganya yang cukup mahal.

Namun meskipun begitu, kamu masih bisa membuat Pelet Sendiri di Rumah dengan bahan yang ada di sekitar.

2. Cara Membuat Pakan Ikan Nila Sendiri

Bahan yang perlu dipersiapkan :

  • Keong Sawah
  • Vitamin Ikan (opsional)
  • Dedak
  • 125 gram Ragi Tempe
  • Daun Pepaya
  • Ikan Asin Giling

Cara Membuatnya :

  1. Campurkan Keong Sawah yang sudah dihaluskan, vitamin dan juga dedak, aduk hingga merata.
  2. Kemudian tambahkan 125 gram ragi tempe dan aduklah kembali hingga mengental.
  3. Jika sudah selesai, tutup adonan dan diamkan selama kurang lebih 24 jam, hal ini bertujuan supaya proses fermentasi berjalan dengan baik.
  4. Setelah didiamkan selama seharian penuh, Tambahkan daun pepaya dan juga ikan asin yang sudah digiling halus.
  5. Kemudian cetak dengan menggunakan mesin, atau bisa juga dibentuk manual dengan menggunakan tangan.
  6. Setelah selesai, adonan tinggal dijemur di bawah sinar matahari.
  7. Jika pelet sudah kering bungkus ke dalam plastik, kemudian simpan di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik.

Demikain Artikel tentang Pakan Ikan Nila yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian. Selamat Mencoba!

Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.