Harga Ikan Salmon

Diposting pada

Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan yang banyak peminatnya dan tak heran banyak yang memburu ikan ini. Maka tak heran pula, jika harga ikan salmon juga mahal, karena memang permintaan pasar akan ikan ini sangat tinggi.

Ikan salmon merupakan jenis ikan konsumsi yang termasuk ke dalam keluarga ikan Salmonidae, yang berasal dari perairan Samudra Pasifik dan Atlantik.

Jenis Jenis Ikan Salmon

Jenis Ikan Salmon
Source : thegorbalsla.com

1. Ikan Salmon Atlantik (Salmon Salar)

Sesuai dengan namanya, jenis ikan ini merupakan ikan yang berasal dari lautan atlantik utara dan merupakan satu satunya jenis ikan salmon yang berasal dari perairan atlantik.

Namun sayangnya, jenis salmon ini sudah sangat menurun, ada banyak fator yang mempengaruhinya mulai dari pemburuan secara besar besaran, hingga karena faktor perubahan iklim.

2. Ikan Salmon Raja (Salmon King)

Di indonesia, ikan ini biasa disebut Ikan Salmon Raja, ya memang karena ukurannya yang bisa sangat besar dan merupakan spesies salmon king merupakan jenis ikan salmon terbesar.

Ikan salmon ini dikenal memiliki tekstur serta rasa seperti mentega. Maka tak heran jika kandungan minyak omega 3 pada ikan ini juga diklaim paling tinggi daripada jenis lain.

3. Ikan Salmon Merah (Red Salmon)

Red Salmon atau Salmon Merah ini sangat terkenal karena warna dagingnya yang berwarna merah terang dan cenderung keoranyean.

Ikan ini mengandung kemak tidak jenuh dan ommega 3 yang cukup tinggi dan sangat bagus untuk dikonsumsi.

Banyak yang beranggapan bahwa Salmon Sockeeye menjadi santapan yang sangat baik dan dengan bobot 2 sampai 2,5 kg, banyak yang beranggapan jenis salmon ini sangat cocok untuk dipanggang.

4. Ikan Salmon Anjing (Dog Salmon)

Mengapa ikan ini disebut dengan nama Ikan Salmong Anjing? Karena pada saat pembuahan, ikan Salmon Jantan akan mengembangkan gigi atau taringnya saat melakukan pembuahan.

Ciri khas fisik pada ikan ini adalah memiliki warna kulit ungu pada bagian tubuhnya seperti luka lebam.

5. Ikan Silver Salmon (Salmon Coho)

Pastinya kamu sering menjumpai ikan salmon ini di banyak toko / pasar ikan, karena ikan salmon ini merupakan jenis salmon yang sangat populer, serta ketersediaanya yang melimpah.

Seekor ikan Silver Salmon bisa memiliki bobot 2,5 sampai 5,5 kilogram. Karena rasanya yang ringan, ikan salmon ini biasanya diolah menjadi daging ikan asap.

6. Ikan Salmon Pelangi (Rainbow Trout Salmon)

Jenis ikan salmon yang satu ini tergolong ikan yang sulit untuk didapatkan, di asalnya sendiri di perairan Amerika Utara dan Samudra Pasifi Asia, ikan ini sudah mulai langka.

7. Salmon Merah Muda (Pink Salmon)

Meskipun bernama Ikan Salmon Merah Muda, namun warna ikan ini tidaklah berwarna demikian. Nama tersebut didasarkan pada warna dagingnya yang berwarna merah muda.

Ciri khas ikan ini adalah memiliki punuk yang menonjol. Salmon Merah muda banyak ditemukan di Lautan Pasifik.

Banyak yang menyukai ikan ini karena memiliki rasa yang gurih dan empuk. Ketersediaan ikan ini masih cukup melimpah, biasanya ikan salmon ini dijadikan ikan kalengan ataupun dijadikan ikan asap.

Namun saat ini sudah banyak orang yang mulai melakukan pembudidayaan terhadap jenis ikan ini di beberapa tempat di berbagai negara.

8. Ikan Salmon Pesisir (Cuthroat Trout)

Jenis salmon ini berasal dari sungai kecil perairan dingin di Samudra Pasifik, Pegunungan Rocky, dan Great Basin di Amerika Utara.

Perbedaan dan ciri khas salmon ini adalah adanya warna merah pada bagian rahang ikan.

Manfaat Ikan Salmon

Manfaat Ikan Salmon
source : bulelengkab.go.id

Membantu Menurunkan Depresi

Triptofan dalam ikan salmon merupakan pendahulu seratonin, yang dipercaya dapat membantu mengelola depresi, selain itu kandungan vitamin D pada ikan ini juga dapat membantu memperbaiki suasana hati.

Sumber Kalsium yang Baik

Dengan mengonsumsi ikan salmon, ternyata dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang. Selain itu, salmon juga memiliki kandungan vitamin B12, niacin dan selenium yang baik untuk pertumbuhan.

Sangat Baik untuk Jantung

Salmon merupakan ikan yang dikenal memiliki kandung asam lemak omega 3 yang tinggi.

Kandungan ini merupakan jenis asam lemak tak jenuh uamh dapat membantu mergenerasi jantung dan mengurangi terjadinya peradangan pada seluruh tubuh,

Baik untuk Kulit dan Rambut

Kandungan asam lemak omega 3 pada ikan ini membantu memenuhi kebutuhan lemak dalam tubuh, sehingga membuat kulit tidak kusam dan rambut pun tetap sehat dan berkilau.

Menunjang Perkembangan Otak

Salah satu manfaat ikan salmon untuk anak – anak adalah dapat membantu meningkatkan perkembangan otak mereka. Hal ini karena adanya kandungan asam lemak omega 3 EPA di dalam ikan salmon.

Daftar Harga Ikan Salmon di Berbagai Tempat

Ikan Salmon Fillet
source : detik.net.id

Harga Ikan Salmon di Carrefour

Ikan Salmon, merupakan ikan konsumsi yang di impor dari luar negeri, harga di masing masing tempat tentunya akan sangat beragam, salah satunya adalah di supermarket besar, seperti Carrefour.

Kamu bisa mendapatkan ikan salmon yang bagus dan berkualitas tinggi di sana dan tentunya dengan harga yang lebih tinggi daripada harga di pasar tradisional.

Ikan Salmon di Carrefour biasanya dibanderol dengan harga Rp 310.000 per kilogramnya, dan Rp 32.000 untuk kemasan 100 gram.

Harga Ikan Salmon di Giant

Di Supermarket Giant juga banyak dijajakan prodak ikan salmon, dan tentu harganya masih mahal dan tidak jauh berbeda.

Dan yang membedakan harga ikan salmon adalah dari merk dan ukuran kemasan ikan. Harga ikan ini di Giant per kilogramnya dijual Rp 300.000 sedangkan untuk kemasan ukuran 100 gram, hanya dijual seharga 31.000

Harga Ikan Salmon di Hypermart

Ada banyak jenis ikan laut yang dijajakan di Hypermart dan salah satunya adalah Ikan Salmon, yang termasuk ikan paling banyak dicari masyarakat indonesia.

Jika kamu akan membeli ikan salmon dan menginginkan harga yang lebih murah, sebaiknya kamu membeli di Hupermart, karena harganya sedikit lebih murah daripada tempat lain.

Ikan salmon di hypermart dijual seharga Rp 280.000 / kgnya dan Rp 29.000 / gramnya, lumayan bisa menghemat uang belanja bukan?

Harga Ikan Salmon di Superindo

Sudah kita ketahui bahwa harga ikan di supermarket lebih mahal. Namun, tahukah kamu, jika mahalnya harga ikan salmon di superindo juga dipengaruhi kualitas ikan, mulai dari kandungan protein hingga kandungan gizi yang baik untuk tubuh manusia.

Harga ikan salmon kemasan di superindo untuk ukuran 100 gram, dijual seharga Rp 30.000 dan untuk ukuran kemasan 1 kilogram harganya Rp 290.000.

Harga Ikan Salmon di Pasar Tradisional

Di pasar tradisional juga cukup banyak yang menjual ikan salmon segar dengan kualitas yang bagus dan tak kalah kualitasnya dengan di supermarket dan pastinya dengan harga yang relatif lebih murah.

Biasanya di pasar tradisional ikan salmon dijual seharga Rp 25.000 – 30.000 / 100 gramnya dan untuk per 1 kilogramnya, biasanya dijual seharga Rp 250.000 – Rp 300.000. Bahkan apabila stok sedang melimpah harganya bisa lebih murah lagi.

Daftar Harga Ikan Salmon Terbaru Saat ini

Jenis Ikan SalmonSatuan UkuranHarga
Ikan Salmon Segarfresh /kgRp 220.000
Ikan Salmon Australiafillet /kgRp 420.000
Ikan Salmon Headlesstanpa kepala /kgRp 150.000
Ikan Salmon Teriyakifillet /500 gramRp 200.000
Ikan Salmon Norwegiafillet /kgRp 250.000
Ikan Salmon Carrefour /kgRp 310.000
Ikan Salmon Giant /kgRp 300.000
Ikan Salmon Hypermart /kgRp 280.000
Ikan Salmon Superindo /kgRp 290.000
Ikan Salmon Pasar Tradisional /kgRp 250.000 – Rp 300.000

Baca Juga : Harga Ikan Tuna

Tips Memilih Ikan Salmon yang Baik

Ikan Salmon Segar
source : idntimes.com
  1. Pilih ikan yang berwarna merah muda, atau cenderung berwarna oranye yang cerah dan tidak pucat.
  2. Aromanya tidak terlalu amis, justeru aromanya segar dan khas. Jika tercium aroma tidak sedap dan amis yang berlebih, bisa dipastikan ikan kurang bagus dan sudah tidak segar.
  3. Jika ditekan, daging ikan salmon terasa lunak, namun tidak mudah hancur. Begitu sebalikna jika ikan sudah keras maka ikan tersebut sudah tidak segar.
  4. Kulit ikan masih lembab dan warna sisiknya berkilau, serta warna insagnya masih kemerahan.
  5. Pilih Ikan yang bersih, meski kotoran pada tubuh ikan dapat dibersihkan, namun dikhawatirkan kotoran tersebut mengandung bakteri dan mengkontaminasi ke dalam daging ikan.
  6. Jika membeli ikan salmon fillet, pastikan potongan ikan tidak mengandung air. Apabila di dalam kemasan terdapat air, artinya kualitas ikan salom kurang baik dan sudah tidak segar lagi.

Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.