Harga Ikan Tuna

Pasti kalian tahu kan, ikan tuna menjadi salah satu ikan laut yang paling dicari oleh banyak orang, karena rasanya yang lezat dan kaya akan gizi.

Makanya tak heran jika harga ikan tuna saat ini menjadi mahal, karena permintaan pasar yang tak ada surutnya.

Ikan Laut yang memiliki nama ilmiah Thunini ini merupakan spesies ikan yang sangat lezat dan bahkan bisa dikonsumsi secara langsung.

Karakteristik daging ikan tuna bertekstur lembut dan berwarna merah darah. Semakin merah warna dagingnya, akan membuat harga ikan tuna menjadi semakin mahal.

Jenis Ikan Tuna

1. Ikan Tuna Sirip Kuning

Ikan Tuna Sirip Kuning
Source ; sigambarbaru.com

Ikan Tuna ini memiliki ukuran tubuh yang besar, pada umumnya panjang tubuh ikan tuna sirip kuning sekitar 150 cm, bahkan ada juga yang mencapai 195 cm.

Ikan Tuna ini biasanya suka hidup berkelompok dan mampu berenang sangat cepat. Di jepang, ikan tuna kuning ini biasa dibuat olahan makan, seperti halnya Suhsi.

2. Ikan Tuna Sirip Biru

Ikan Tuna Sirip Biru
Source ; jurukunci.net

Ikan tuna jenis ini merupakan jenis iakn tuna terbesar di dunia, ukuran tubuhnya bisa mencapai panjang sekitar 3 meter dan bisa memiliki bobot tubuh lebih dari 500 kg.

Jenis ikan ini banyak ditemui hampir di seluruh perairan dunia, bahkan di indonesia juga. Ukurannya yang besar membuat banyak orang tertarik memburu ikan ini, danmembuat jenis ikan tuna sirip biru sudah hampir punah.

Perbedaan Ikan Tuna dan Tongkol

Kamu pasti sering melihat kedua jenis ikan ini, dan terkadang sulit untuk membedakan keduanya, berikut ini adalah perbedaan keduanya :

Ikan Tuna

Source : idntimes.com

Ikan Tuna memiliki ukuran tubuh yang super besar dan berat, bahkan ikan tuna yang masih bayi saja beratnya sudah bisa mencapai 5 kg.

Sedangkan ikan tuna yang sudah dewasa bobot tubuhnya mulai dari 35 kilogram sampai 350 kilogram.

Ikan Tongkol

Ikan Tongkol
Source : review.bukalapak.com

Ikan tongkol memiliki warna yang agak gelap dan tubuh yang langsing, serta terdapat pola garis yang unik pada tubuhnya.

Kandungan Gizi dalam Ikan Tuna

Ikan Tuna mempunyai banyak kandungan gizi yang baik untuk tubuh, diantaranya adalah : Omega 3 Fosfor, DHA, EPH, Tiamin, Magnesium, Vitamin B6, Vitamin C, Protein, Kalium, Selenium, Niacin dan Triprtofan.

Sangat banyak bukan, kandungan gizi pada ikan tuna yang bermanfaat untuk tubuh kita.

Manfaat Ikan Tuna

Daging Ikan Tuna
source : bp-guide.id

Menyehatkan Jantung

Di dalam ikan tuna memiliki kandungan lemak yang sehat, hal ini karena kandungan lemak jenuhnya rendah. Sehingga membuat ikan ini baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Sebaliknya, jika kadar lemak jenuh tinggi akan berdampak buruk pada kesehatan, karena dapat menyumbat pembuluh darah dan dapat beresiko menyebabkan penyakit kardiovaskular.

Sumber Mineral yang Baik

Ikan Tuna adalah sumber protein yang kaya akan mineral, seperti magnesium, selenium, dan fosfor. Jenis ikan laut ini menyumbang kurang lebih 34 – 36 gram magnesium dalam 100 gramnya.

Sumber Protein yang Lengkap

Manfaat ikan tuna yang paling utama adalah sebagai sumber protein yang baik. Akan tetapi bukan sumber protein biasa loh, jenis ikan laut ini ternyata memiliki segudang kandungan protein yang lengkap.

Protein yang lengkap pada ikan ini dapat membantu menjaga jaringan tubuhagar berfungsi dengan baik, mulai dari pembentukan hormon, kolagen, enzim, antibodi, serta dapat membantu menjaga jaringan otot.

Kaya Akan Vitamin B6

Ikan ini juga mengandung vitaming B6 yang cukup tinggi, vitamin b6 yang didapat dari ikan berdaging merah ini menyumbang berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Salah satunya adalh dapat membantu meningkatkan produksi Hemoglobin, yang berfungsi menangkap dan membawa oksigen di dalam darah, serta menyebarkannya ke seluruh tubuh, yang memerlukan oksigen. (Sumber : hellosehat.com)

Daftar Harga Ikan Tuna Per Kg Terbaru

Jenis Ikan TunaHarga
Ikan Tuna Sirip KuningRp 60.000
Ikan Tuna Sirip BiruRp 50.000
Ikan Tuna FilletRp 85.000
Harga Ikan Tuna di PasaranRp 55.000

Harga Ikan Tuna di Berbagai Tempat di Indonesia

Nama DaerahHarga per Kg
JakartaRp 55.000
BandungRp 48.000
MedanRp 52.000
PadangRp 45.000
SurabayaRp 48.000
SemarangRp 48.000
MalangRp 48.000
BalikpapanRp 52.000
TasikmalayaRp 48.000
DenpasarRp 55.000
SerangRp 45.000
BanjarmasinRp 45.000
LampungRp 45.000
PontianakRp 52.000
BatamRp 45.000
PalembangRp 45.000
SamarindaRp 52.000
PekanbaruRp 52.000
MakassarRp 51.000
JambiRp 52.000

Baca Juga : Harga Ikan Tongkol

Demikian informasi Seputar Harga Ikan Tuna yang dapat kami sampaikan saat ini, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.