Makanan Ikan Cupang

Diposting pada

Ikan Cupang merupakan salah satu ikan hias paling populer saat ini, untuk bisa menemukan ikan ini sangatlah mudah. Biasanya banyak tersedia di pasar maupun penjual pinggiran jalan.

Ikan hias yang satu ini merupakan pilihan terbaik, jika kamu menginginkan ikan yang cantik namun tidak memerlukan perawatan yang ribet.

Ikan cupang bisa beradaptasi dengan mudah dengan lingkungan barunya dan untuk masalah makanan ikan hias cupang merupakan ikan yang tidak pilih pilih masalah makanan.

Ia akan memakan apa saja makanan yang diberikan, namun kamu perlu memperhatikan makanan yang bagus dan bergizi untuk sang ikan, supaya ikan bisa tumbuh dan hidup sejahtera.

Nah jika kamu sekarang sudah memelihara ikan cupang di rumah, daftar makanan ikan cupang berikut ini bisa menjadi referensi kamu.

Daftar Makanan Ikan Cupang Agar Cepat Besar

1. Cacing Sutra

Cacing Sutra

Nah pakan ikan cupang yang satu ini merupakan makanan yang sangat bagus untuk perumbuhan ikan, hal ini karena kandungan protein tinggi yang terkandung didalamnya.

Untuk bisa mendapatkan cacing sutra, tidak perlu repot repot mencarinya atau membeli di toko ikan hias. Kamu bisa dengan mudah menemukannya di selokan dekat rumah.

Namun sebelum memberikan kepada ikan, sebaiknya cuci bersih terlebih dahulu, hal ini supaya bakteri dan kotoran lain yang menempel pada tubuh cacing tidak terbawa masuk ke dalam akuarium.


2. Cacing Darah

Cacing Darah

Ini bukan cacing seperti yang sebelumnya ya, sebenarnya cacing darah merupakan larva nyamuk Chironomus sp. Biasanya pakan ini ditemui dalam bentuk sudah dibekukan atau dikeringkan.

Akan tetapi makanan ini tidak cocok untuk dijadikan makanan pokok cupang, mengingat kandungan protein pada pakan yang satu ini sangat sedikit.

Sebaiknya berikan makanan ini hanya sebagai selingan. Pakan cupang ini lebih cocok untuk diberikan pada ikan cupang aduan, karena memberi efek agresif dan ganas.

3. Artemia

Artemia

Pakan yang satu ini merupakan sejenis udang yang asalnya dari laut, sebaiknya berikan makanan ini sebagai pakan alternatif.

Dan sebelum memberikannya pada ikan, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu dengan air tawar, hal ini bertujuan untuk mengurangi kadar garam pada artemia.

Untuk bisa mendapatkan pakan ini kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di berbagai toko online dengan harga yang terjangkau.

4. Jentik Nyamuk

Jentik Nyamuk

Merupakan makanan ikan hias yang paling mudah untuk ditemukan, karena snagat banyak ditemui di ember, bak atau wadah yang berisi air yang mengedap cukup lama.

Kandungan protein yang terkandung di dalamnya membuat pakan alami yang satu ini menjadi pilihan terbaik untuk diberikan pada ikan hias, untuk membantu pembentukan warna dan memperbesar ikan secara cepat.

5. Kuning Telur

Kuning Telur

Kandungan protein pada kuning telur ayam sudah tidak diragukan lagi, selain baik untuk manusia, ternyata juga sangat bagus untuk membantu pertumbuhan ikan hias, seperti halnya ikan cupang.


Makanan ini sangat cocok untuk diberikan pada anak ikan cupang, karena dapat mempercepat pertumbuhan dan mempercantik warna ikan.

Berikan kungin terlu sedikit demi sedikit, jangan berlebihan. Dan untuk menghindari air di akuarium cepat keruh sebainya berikan makan kuning telur seminggu sekali.

6. Kutu Air

Kutu Air

Makanan yang satu ini sangat baik untuk cupang dan merupakan makanan favoritnya loh. Makanan alami ini bisa ditemui di area pesawahan.

Namun jika tidak ingin repot kamu bisa membelinya secara online, sudah banyak yang menjualnya dan tentunya denga harga yang cukup terjangkau.

Baca Juga : Harga Ikan Cupang

7. Lalat

Lalat

Merupakan salah satu makanan yang sangat ideal untuk membantu pertumbuhan ikan cupang, karena kandungan pada tubuh lalat yang kaya akan gizi.

Ya meskipun untuk mendapatkannya cukup sulit, namun makanan alami yang satu ini sangat bagus kok dan sebanding dengan cara memperolehnya yang tidak gampang.

Setidaknya berikan 2 hingga 3 ekor lalat yang sudah dibuang kepalanya terlebih dahulu untuk 1 ekor ikan cupang.

8. Microworms

Microworms

Makanan ini sangat bagus untuk burayak ikan cupang, kandungan nutrisinya sngat bagus untuk membantu peretumbuhan ikan dan mempercantik warna ikan.

Microworms juga sangat mudah dibudidayakan, jadi bisa menghemat biaya untuk membeli makanan untuk ikan. Kamu cukup membeli bibitnya dan taruh ke dalam toples.

Untuk makanannya kamu bisa memberikan roti tawar ataupun oatmeals. Taruh toples tersebut pada suhu 26 derajat atau suhu ruang, untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

9. Vinegar Eels

Vinegar Eels

Makanan ikan cupang yang selanjutnya adalah sejenis belut yang beregerak di atas permukaan air, namun ukurannya yang sangat kecil tidak terlihat dengan jelas.

Vinegar Eels sangat baik untuk diberikan pada anakan ikan cupang. Kandungan nutrisinya sangat bagus untuk membantu pertumbuhan ikan dan mampu menambah gairah ikan.

10. Daphnia Magna

Daphnia Magna

Merupakan sejenis kutu air, namun ukurannya lebih besar daripada kutu air lokak, karena ukurannya yang besar, Daphnia Magna biasa disebut kutu air raksasa.

Salah satu jenis kutu air ini merupakan spesies yang berasal dari amerika utara, namun sekarang sudah banyak yang membudidayakannya jadi kamu bisa menemukannya dengan mudah di indonesia.

Baca Juga : Daftar Ikan Hias yang Cantik dengan Harga Termurah

Tips Memberikan Makanan Ikan Cupang

Dalam memberikan makan kepada ikan cupang, jangan terlalu sering. Karena ikan hias yang satu ini merupakan ikan yang tidak banyak makan.

Sebaiknya berikan makan 2 x sehari, setiap memberikan pakan berikan secukupnya jangan sampai kebanyakan karena bisa mengotori akuarium.

Dan ikan akan malas berinteraksi, akhirnya ikan tidak memiliki gairah untuk bertanding, baik adu kecantikan ataupun adu kekuatan.

Demikian daftar makanan ikan cupang yang bagus dan berkualitas. Apakah kamu sudah memberikan salah satu makanan ikan cupang di atas? Jangan lupa bagikan pengalamannya di kolom kjoemnat ya.


Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.