Harga Ikan Arwana

Diposting pada

Tentunya kamu sudah familiar dengan nama Ikan Arwana bukan? Merupakan ikan yang sangat terkenal dan digandrungi oleh banyak orang. Karena ketenaran dan warnanya yang sangat bagus, membuat harga ikan arwana saat ini menjadi sangat mahal.

Saat ini, ada banyak sekali jenis ikan arwana, di indonesia sendiri arwana sudah sangat banyak dibudidayakan, baik ikan lokal maupun dari luar negeri.

Ikan Arwana

Ikan arwana lokal asli dari indonesia, banyak ditemukan di perairan sekitar papua dan kalimantan.

Meskipun harga ikan arwana sangat mahal, namun peminatnya tak pernah surut, apalagi ikan hias ini memiliki warna yang apik dan menarik perhatian siapa saja yang melihatnya.

Penasaran dengan harga ikan ini di pasaran? Yuk simak ulasan berikut ini :

Kenapa Harga Ikan Arwana Bisa Sangat Mahal? Ini Alasannya

1. Adanya Mitos Ikan Arwana Pembawa Keberuntungan dan Kemakmuran

Karena adanya mitos ini dan sangat dipercayai oleh masyarakat luas, membuat banyak orang mencari cari ikan ini, karena hal inilah yang membuat ikan ini menjadi terlihat sangat istimewa.

Karena peminatnya yang terlampau banyak dan ketersediaan ikan di alam sudah semakin sedikit, membuat harga ikan air tawar ini menjadi sangat mahal sampai saat ini.

2. Dikategorikan Ikan Langka dan Diilegalkan di Amerika Serikat

Karena ikan ini sangat terbatas dan harganya pun sangat tinggi, membuat banyak orang memutuskan melakukan pemburuan terhadap ikan hias ini. Akbiat ikan ini diburu terus menerus, di alam liar ikan ini sudah sangat jarang ditemukan.

Menindaklanjut hal ini Lembaga perlindungan hewan yang hampir punah di amerika serikat mendaftarkan ikan arwana sebagai ikan yang dilindungi dan tidak dilegalkan untuk dipelihara secara perorangan.

Oleh karena itu ikan ini tidak bisa masuk secara bebas di Amerika, bahkan bukan hanya di amerika saja, pada tahun 1975 banyak negara yang juga sepakat terhadap status ikan arwana sebagai hewan langka dan dilarangnya penjualan ikan ini secara internasional.

Namun bukanya memberikan efek berhenti melakukan transaksi jual beli ikan ini, malah membuat ikan ini dianggap sebagai ikan mewah dan sering diperjual belikan di pasar gelap.

3. Setelah Banyak dibudidayakan, hanya Jenis Arwana Tertentu yang Harganya Mahal

Setelah terbitnya kesepakatan ikan arwana masuk kategori ikan langka, banyak orang yang berinisiatif membudidaya ikan arwana. Setelahnya pada tahun 1980-an peraturan ikan arwana mulai dilonggarkan untuk ikan arwana yang dibudidayakan.

Pada tahun 2000-an penjualan ikan arwana berkembang sangat pesat, namun karena tidak terkendali pasokan ikan di pasaran menjadi sangat banyak dan membanjiri pasaran. Karena hal ini, beberapa jenis ikan arwana mengalami penurunan harga.

Namun beberapa jenis ikan arwana justru malah semakin naik harga jualnya. Salah satu jenis yang harganya mahal karena kelangkaannya adalah jenis arwana albino.

Jenis Ikan Arwana

1. Ikan Arwana Super Red

Ikan Arwana Super Red

Jenis arwana yang pertama ini umumnya ditemukan di perarian Kalimantan, lebih tepatnya Kalimantan Barat. Ikan ini banyak ditemukan seperti di sungai Kapuas dan Danau Sentarum.

Saat ini terdapat 4 jenis arwana super Red, yaitu : Merah Keemasan (Golden Red), Merah Orange (Orange Red), Merah Darah (Blood Red), Merah Cabai (Red Chilli).

Arwana jenis ini dapat tumbuh mencapai panjang sekitar 30 cm saja. Dan untuk harganya berkisar puluhan juta sampai ratusan juta.

Ini merupakan harga arwana super red tingkat pertama yaitu jenis merah darah dan dan merah cabai, untuk jenis lain yang merupakan turunannya harganya lebih murah.

2. Ikan Arwana Black Golden

Ikan Arwana Black Golden

Jenis arwana yang satu ini banyak ditemui di perairan malaysia, kebanyakan di daerah Bukit Merah, Perak, Trengganu, dan Johor, Malaysia.

Warna ikan arwana ini memang sangat berkarisma, gabungan antara keemasan dan hitam yang sempurna, membuat warna ikan ini sangat cantik dan memukau.

Namun sangat disayangkan dari keistimewaanya, ternyata arwana jenis ini sangat sulit untuk ditemukan. Oleh karena itu ikan ini memiliki harga jual yang relatif mahal daripada jenis lainnya.

Harga anakan arwana jenis ini saja sudah cukup tinggi, apalagi jika ikan yang sudah dewasa, pastinya sangat fantastis, apalagi kalau jika sisik dan warnanya lebih bagus lagi pastinya sudah dapat dipastikan harganya sangat wow.

3. Ikan Arwana Red Tail Golden

Ikan Arwana Red Tail Golden

Ikan Arwana yang satu ini adalah salah satu dari jenis ikan Golden yang asalnya dari perairan Indonesia, lebih tepatnya asal muasalnya adalah dari daerah Pekanbaru.

Namun ternyata jenis Red Tail Golden ini dapat tuimbuh lebih besar dari jenis Cross Black Golden yang sudah disebut sebelumnya. Dan untuk harganya, ikan ini memang jauh lebih murah daripada ikan arwana super red.

4. Ikan Arwana Green Pino

Ikan Arwana Green Pino

Ikan Arwana green pino memiliki warna yang dominan hijau dengan kombinsai warna kekuningan, makanya banyak orang yang menyebutnya Ikan Arwana Hijau.

Jenis ini juga banyak ditemukan di perairan Asia, lebih tepatnya asia tenggara. Karena ditemukan di negara negara asia tenggara, diantaranya adalah : Indonesia (daerah kalimantan), Thailand, Malaysia, serta Kamboja.

5. Ikan Arwana Silver (Brazil)

Ikan Arwana Silver Brazil

Seperti namanya, jenis ini asalnya memang dari perairan Brazil. Namun meski asalnya dari brazil, ternyata ikan ini dapat hidup dengan baik di perairan indonesia, yang dibuktikan dengan banyak yang terlah berhasil membudidayakannya dan sudah cukup mudah menemukan ikan ini di indonesia.

Dan ternyata jenis ini memiliki ukuran yang dapat tumbuh lebih panjang, saat ikan ini dewasa bisa tumbuh hingga mencapai 50 – 60 cm. Serta siripnya lebih panjang, sehingga ikan ini memiliki kesan yang mempesona saat berenang.

6. Ikan Arwana Red Banjar

Ikan Arwana Red Banjar

Jenis ini banyak ditemukan di perairan Sungai Kapuas dan Barito, Kalimantan. Dan Jenis ini termasuk ke dalam Ikan Arwana Super Red kelas kedua.

Akan tetapi tidak murni keturunan super red, bentuk kepalanya lebih membulat. Siripnya berwarna orange pucat dan memiliki ekor yang panjang berwarna kuning campur orange.

7. Ikan Arwana Jardini

Ikan Arwana Jardini

Sebenarnya ikan arwana ini dikenal berasal dari Australia, akan tetapi ternyata lebih sering diteumkan di perairan Merauke hingga Provinsi Papua.

Maka dari itu banyak pula yang menyebutnya Ikan Arwana Irian. Terdapat 2 jenis Ikan Jardini, yaitu yang warnanya gelan dan warnanya terang dengan warna dasar kecoklatan, serta adanya bintik bintik emas pada sisiknya hingga kepala, bahkan pada ekornya pun terdapat bintik keemasan tersebut.

8. Ikan Arwana Afrika

Ikan Arwana Afrika

Jenis ini memang banyak ditemukan di perairan Afrika, lebih tepatnya Afrika bagian timur, seperti Kamerun, Senegal, dan Gambia. Dari bentuk tubuhnya dapat dilihat bahwa jenis ini memiliki bentuk tubuh mirip dengan Arwana Silver.

Yang membedakannya ukuran mata ikan ini lebih besar, dari bentuk kepala dan bibirnya yang kecil, serta ukuran tubuh ikan ini juga relatif lebih pipih dan kecil.

9. Ikan Arwana Black (Brazil)

Ikan Arwana Black Brazil

Selain arwana silver, ada juga jenis ikan arwana lain yang asalnya dari brazil, yaitu Arwana Black Brazil.

Dari postur tubuhnya ikan ini masih sama dengan jenis silver brazil, hanya saja pada yang membedakannya adalah pada bagian siripnya yang berwarna hitam.

10. Ikan Arwana Cross Back Golden

Ikan Arwana Cross Back Golden

Ikan ini memiliki warna yang cantik, dengan warna kuning keemasan dan ekor kemerahan. Ikan ini banyak ditemukan di perairan Malaysia, yaitu disekitar Perak, Terengganu, Danau Bukit Merah, hingga Johor.

Harganya sendiri juga cukup tinggi, apalagi jenis arwana yang satu ini cukup sulit ditemui, harganya biasanya berkisar antara Rp 20 jutaan.

11. Ikan Arwana Batik

Ikan Arwana Batik Myanmar

Corak ikan ini sangat unik, berbeda daripada arwana lain, yaitu memiliki sisik dengan corak batik. Ikan ini berasal dari perairan Myanmar.

Dengan corak yang sangat unik, membuat ikan ini banyak dicari dan dibanderol harga yang fantastis, hingga puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

12. Ikan Arwana Platinum

Ikan Arwana Platinum

Jenis ikan ini memang sangat cantik, memiliki warna platinum yang mengkilat, apalagi jenis ini saat ini sudah sangat langka, makanya tak heran jika harga ikan arwana ini sangat tinggi.

Daftar Harga Ikan Arwana Saat Ini

Jenis Ikan ArwanaHarga AnakanHarga Dewasa
Arwana Super RedRp 5.000.000Rp 50.000.000
Arwana Black GoldenRp 3.000.000Rp 17.000.000
Arwana Red Tail GoldenRp 1.000.000Rp 7.500.000
Arwana Green PinoRp 300.000Rp 3.500.000
Arwana Silver (Brazil)Rp 100.000Rp 1.500.000
Arwana Red BanjarRp 350.000Rp 4.000.000
Arwana JardiniRp 250.000Rp 3.000.000
Arwana AfrikaRp 100.000Rp 1.000.000
Arwana Black (Brazil)Rp 250.000Rp 3.500.000
Arwana Cross Back GoldenRp 2.500.000Rp 15.000.000
Arwana BatikRp 5.000.000Rp 50.000.000
Arwana PlatinumRp 6.000.000Rp 60.000.000

NB : Harga Arwana Anakan di atas merupakan harga ikan untuk ukuran kisaran 10 cm.

Baca Juga : Penyakit Ikan Arwana

Ikan Arwana Termahal Saat Ini

Setelah mengetahui Harga Ikan Arwana di atas tadi, sekarang kamu mengetahui bahwa predikat ikan arwana termahal diperoleh oleh ikan Arwana Super Red dan Arwana Platinum.

Dengan harga arwana yang sangat fantastis, kamu sudah memiliki ikan arwana yang mana?

Demikian Informasi Harga Ikan Arwana yang dapat kami sampaikan saat ini, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Dan jika ada masukan / informasi ikan arwana lainnya, jangan ragu untuk mengigrimkan kepada kami melalui kolom komentar atau halaman kontak pada blog ini. Terimakasih.

Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.