Harga Ikan Nila

Diposting pada

Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan yang kini banyak dibudidayakan di Indonesia. Kondisi wilayah Indonesia yang kaya akan sumber daya alam membuat budidaya ikan ini cukup banyak peminatnya. Harga ikan nila yang cukup terjangkau menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Ikan Nila berasal dari Benua Afrika tepatnya Afrika bagian timur pada tahun 1969. Ikan ini masih memiliki hubungan kerabat dengan ikan mujair.

Seperti ikan mujair, ikan nila berpotensi sebagai ikan yang invasif apabila terlepas ke perairan alami atau perairan lepas. Kemampuan beradaptasi yang tinggi, menjadikan ikan ini dapat hidup dalam kondisi lingkungan yang ekstrim.

Ikan Nila

Buat kamu yang belum paham bagaimana bentuk ikan nila, berikut ini adalah ciri cirinya :

  • Memiliki bentuk tubuh pipih dan bulat, serta memiliki punggung yang agak tinggi.
  • Memiliki warna tubuh kehitaman atau keabuan, dengan beberapa pita gelap.
  • Sirip punggung, memiliki 16-17 jari-jari tajam dan 11-15 jari-jari lunak.
  • Sirip ekor berbaris tegak dengan jumlah 7-12 buah dan bentuk sirip ekornya agak bulat, dilengkapi 3 jari jari keras dan 8-11 jari jari lunak.
  • Memiliki sepasang sirip dada dan sirip perut yang berukuran kecil dan sirip ekornya yang hanya satu buah serta berbentuk agak panjang.

Perlu kamu ketahui kandungan gizi pada ikan nila sangat lengkap. Mulai dari protein, lemak, asam amino, dan kandungan gizi lainnya.

Semua kandungan tersebut memiliki dampak positif bagi tubuh terutama dalam hal kesehatan. Namun dalam mengonsumsi ikan nila tidak boleh berlebihan, karena ditakutkan terdapat merkuri di dalam tubuh ikan.

Manfaat Ikan Nila Untuk Kesehatan

Daging Ikan Nila

Manfaat ikan nila dapat kamu simak dalam penjelasan berikut ini :

1. Membantu Pertumbuhan

Ikan nila merupakan ikan yang mengandung protein yang sangat tinggi mencapai 15% dari total kebutuhan protein harian kita dalam satu porsinya.

Seperti yang sudah kita ketahui protein sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam proses pertumbuhan dan perkembangan.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Di dalam ikan nila selain memiliki kandungan protein yang tinggi terdapat juga kandungan mineral. Mineral yang paling banyak terdapat dalam ikan nila adalah fosfor.

Fosfor merupakan zat yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang. Selain itu, fosfor merupakan elemen yang berguna untuk menjaga kesehatan gigi dan kuku.

3. Membantu Kerja Otak

Kandungan asam lemak, omega 3, dan potasium yang terdapat dalam ikan nila berfungsi untuk meningkatkan kekuatan otak dan juga fungsi neurologis.

Secara umum potasium berfungsi untuk meningkatkan penyaluran oksigen ke otak dan berperan penting dalam menyeimbangkan cairan tubuh serta memberi akses respon saraf. Selain itu dapat pula mendeposisi nutrisi ke bagian tubuh yang membutuhkan.

4. Menjaga Berat Badan

Kandungan protein pada ikan nila yang sangat tinggi serta kalorinya yang rendah mampu mencukupi kebutuhan gizi harian kamu sehingga dapat mengurangi asupan harian.

Hal tersebutlah yang mampu menjaga berat badan serta menurunkan berat badan. Tetapi penurunan berat badan tidak hanya karena mengonsumsi ikan tetapi harus di sertai dengan olahraga.

5. Mencegah Kanker Prostat

Di dalam ikan nila terdapat kandungan selenium yang tinggi. Menurut para peneliti, selenium berfungsi untuk mengurangi resiko kanker, seperti kanker prostat dan juga berfungsi untuk menjaga kondisi jantung.

Namun perlu diingat kembali bahwa ikan nila tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak.

Ada banyak jenis ikan nila yang perlu kamu ketahui. Pembahasannya dapat kamu pahami dalam ulasan berikut :

Jenis Ikan Nila

1. Nila GIFT

Ikan Nila GIFT

Jenis ikan nila GIFT (Genetic Improvement of Farmed Tilapia) merupakan spesies yang pertama kali dibudidayakan pada tahun 1987.

Lembaga ICLARM (Internasional for Living Aquatic Research Management) berhasil melahirkan nila GIFT dari hasil perkawinan silang antara jenis ikan nila Kenya, Israel, Senegal, Ghana, Singapura, Thailand, Taiwan, dan Mesir.

Nila GIFT memiliki keunggulan dari segi pertumbuhan, saat berumur 5-6 bulan ikan nila jenis ini dapat mencapai berat 600 gram untuk per ekornya. Namun untuk segi warna nila GIFT tidak begitu menarik.

2. Nila Gesit

Ikan Nila Gesit

Nila gesit adalah jenis ikan nila yang paling diminati oleh para pembudidaya ikan. Ikan nila ini dikenal subur dan tidak mudah mati.

Untuk indukan nila gesit sendiri dapat melahirkan larva jantan dengan presentasi bertahan hidup mencapai 98%.

Larva jantan mendapat perlakuan feminimitasi dengan menggunakan metode suntik hormon estrasol-17. Kemudian dikawinkan dengan pejantan normal dan menghasilkan ikan gesit yang semuanya berkelamin jantan.

Pada usia 4-5 bulan ikan gesit ini dapat mencapai panjang tubuh 8 cm dan beratnya mencapai 500 – 600 gram per ekornya.

3. Nila BEST

Ikan Nila BEST

Nila BEST (Bogor Enhanced Strain Tilapia) dilahirkan secara resmi pada tahun 2008 dari hasil seleksi empat strain yakni nila lokal, nila danau tempeh, nila gift generasi 3, dan nila gift generasi 6.

Keunggulan ikan nila BEST terletak pada segi ketahanan dan pertumbuhan. Ikan ini dapat bertahan pada lingkungan yang buruk dan tahan teradap penyakit. Selain itu ikan jenis ini dinilai lebih gesit dari jenis ikan nila yang lain.

4. Nila Merah

Ikan Nila Merah

Ikan nila merah merupakan salah satu jenis ikan nila yang populer di masyarakat Indonesia. Tubuh ikan ini berwarna merah dengan garis-garis hitam disiripnya. Rasa dagingnya gurih dan lebih nikmat jika dibandingkan dengan nila lokal.

Keunggulan tersebut menjadikan nila merah memiliki nilai jual tinggi ditambah lagi pembudidayanya masih terbilang langka sehingga harga ikan nila merah dipasaran cenderung mahal. Untuk kisaran harga perkilonya dapat mencapai Rp. 30.000,-

Baca Juga : Harga Ikan Gurame

5. Nila Hitam 69

Ikan Nila 69

Asal jenis ikan nila hitam 69 ini adalah negara Taiwan. Nila hitam 69 juga dikenal dengan sebutan nila lokal. Tubuh ikan ini didominasi warna sisik yang hitam dan keabu-abuan.

Keunggulan nila hitam 69 ini adalah mampu tumbuh dan berkembang biak di dalam air dengan pH 5. Jadi, sangat layak dicoba untuk dibudidayakan.

6. Nila Larasati

Ikan Nila Larasati

Jenis ikan nila berikutnya adalah nila larasati. Nila larasati adalah jenis ikan nila hasil persilangan antara ikan nila hitam dan nila merah.

Keunggulan dari nila jenis ini cukup banyak. Salah satunya nila larasati dapat berkembang biak dalam kurun waktu yang singkat.

Tidak hanya itu kualitas daging yang dimilikijuga jauh lebih baik dibandingkan dengan jenis ikan nila yang lain.

7. Nila Nirwana

Ikan Nila Nirwana

Nila nirwana adalah hasil perkembangan yang dilakukan oleh balai benih ikan Wanayasa di daerah Purwakarta, Jawa Barat.

Keunggulan yang dimiliki ikan nila nirwana yaitu pada pertumbuhan ikan yang cukup cepat dalam waktu pemeliharaan 6 bulan bobot ikan dapat mencapai 1 kilogram per ekornya.

Buat kamu yang tertarik untuk membeli dan mengkonsumsi ikan nila alangkah baiknya kamu ketahui dahulu harga ikan nila untuk setiap kilogramnya.

Kali ini suka ikan akan berbagi informasi mengenai harga ikan nila yang ada di berbagai kota di Indonesia.

Harga Ikan Nila

Daftar Harga Ikan Nila di Berbagai Tempat

Nama DaerahHarga
JakartaRp 25.000
BaliRp 25.000
BalikpapanRp 24.500
SemarangRp 25.000
MalangRp 24.000
BatamRp 26.500
SamarindaRp 25.000
LampungRp 24.000
PadangRp 23.000
TanggerangRp 23.500

Daftar Harga Bibit Nila

UkuranJumlah (ekor)Harga
2-3 cm8000Rp 1.250.000
3-4 cm6000Rp 1.250.000
3-5 cm5000Rp 1.300.000
4-6 cm4000Rp 1.300.000
5-7 cm3000Rp 1.350.000

Baca Juga : Jenis Jenis Ikan Air Tawar Konsumsi

Demikian artikel tentang harga ikan nila di atas, semoga dapat membantu dan menambah wawasan kalian semua.

Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.