Harga Ikan Cakalang

Diposting pada

Pastinya kamu mengetahui bahwa ikan laut memiliki banyak manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Ada banyak sekali jenis ikan laut yang bisa kamu konsumsi, salah satunya adalah ikan cakalang.

Ikan Cakalang (Katsuwonus pelamis) merupakan ikan laut konsumsi yang yang merupakan keluarga Skombride (Ikan Tuna), yang ukurannya sedang sekitar 50 cm. Ikan ini banyak ditemui di laut tropis dan subtropis di Samudra Hindia, Pasifik dan Atlantik.

Ikan ini banyak diminati oleh masyarakat, karena ikan ini memiliki citarasa yang enak dan memiliki kandungan omega 3 yang baik untuk tubuh dan juga membantu meningkatkan kecerdasan otak.

Ikan Cakalang

Ikan cakalang sendiri merupakan salah satu komoditas yang sangat penting dalam perekonomian di indonesia, karena memang jenis ikan ini banyak ditemukan di lautan indonesia, sehingga ikan ini banyak diekspor ke luar negeri.

Dan untuk harga ikan cakalang juga tidak terlalu mahal, masih cukup terjangkau, dibandingkan ikan laut lain yang harganya cukup tinggi.

Sebenarnya ada banyak faktor yang mempengaruhi mahal murahnya harga ikan cakalang, mulai dari kualitas, ukuran dan juga suplai ikan yang ada, biasanya jika jumlah ikan di pasar sedang banyak banyaknya harga akan turun.

Aneka Olahan Ikan Cakalang

Ikan Cakalang Asap / Fufu

Ikan Cakalang Fufu / Asap
Sumber : wikimedia.org

Selain dijual mentah, ikan cakalang juga banyak dijual dalam bentuk olahan lain, seperti halnya ikan cakalang asap. Dengan metode pengasapan seperti ini adalah supaya ikan bisa bertahan lama.

Ikan laut yang di asap seperti ini, biasanya bisa bertahan hingga 6 bulan lamanya, untuk harganya sendiri sekitar Rp 80.000 per kilogramnya.

Abon Ikan Cakalang

Abon Ikan Cakalang
Sumber : cookpad.com

Masyarakat indonesia sangat kreatif dalam mengolah ikan laut, salah satunya adalah dengan membuat olahan makanan Abon dengan berbahan dasar daging ikan cakalang.

Tentunya dengan membuatnya menjadi abon bisa menambah nilai jual dan bisa bethahan lebih lama lagi. Harga Abon ikan cakalang berkisar antara Rp 25.000 dengan berat bersih 100 gram.

Daftar Harga Ikan Cakalang Terbaru

Jenis / Olahan Ikan CakalangHargaSatuan
Ikan Cakalang SegarRp 40.0001 Kg
Ikan Cakalang Fufu / AsapRp 45.000500 gram
Abon Ikan CakalangRp 25.000100 gram
Ikan Cakalang PedasRp 40.000220 gram

Daftar Harga Ikan Cakalang di Berbagai Daerah

Nama DaerahHarga / Kg
JakartaRp 38.000
BogorRp 35.000
BekasiRp 33.000
DepokRp 32.000
TanggerangRp 37.000
BandungRp 36.000
Kepulauan SeribuRp 32.000

Baca Juga : Harga Ikan Sembilang

Cara Memilih Ikan Cakalang Yang Baik

Ikan Cakalang
Sumber : antaranews.com

Saat membeli ikan cakalang, tentunya kita menginginkan ikan yang berkualitas dan pastinya masih segar, ada beberapa kriteria ikan yang bagus dan layaknya untuk kamu beli, diantaranya adalah :

  • Baunya Tidak Menyengat
  • Warna insang masih merah dan terlihat segar.
  • Warna mata ikan masih bening dan tidak kusam.
  • Dagingnya masih padat dan elastis.
  • Warna kulit ikan cakalang masih cerah dan mengkilat.

Demikian Artikel tentang Harga Ikan Cakalang yang dapat kami informasikan untuk saat ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.