Harga Ikan Baronang

Diposting pada

Ikan baronang adalah jenis ikan laut konsumsi yang lezat dan kaya akan gizi, namun di indonesia ikan ini masih kurang populer.

Bahkan banyak yang mungkin baru pernah mendengar nama ikan baronang. Meskipun ikan ini belum terlalu populer, namun ikan ini memiliki rasa daging yang terkenal gurih dan nikmat saat dikonsumsi.

Lalu, apakah kamu sudah mengetahui kisaran harga ikan baronang berapa? Jika belum, baca terus artikel ini sampai akhir yaa.

Ikan Baronang

Buat kamu yang baru mendengar nama ikan baronang perlu diketahui bahwa ikan laut yang satu ini termasuk ke dalam keluarga ikan siganiade dan juga banyak berkembangbiak di Indonesia.

Populasi ikan baronang banyak dijumpai di daerah Kepulauan Seribu. Panjang tubuh ikan ini bisa mencapai sekitar 20 sentimeter dengan mulut berukuran kecil dan rahang yang kecil pula, berserta gigi-giginya.

Ada 3 jenis ikan baronang yang umum dikenal di Indonesia, yaitu: Ikan Baronang Susu, Baronang Lada, dan Baronang Angin.

Dari ketiga jenis ikan tersebut, yang paling banyak ditemukan di Indonesia adalah jenis Ikan Baronang Susu.

Dan perlu kamu tahu, Jenis ikan laut ini mempunyai banyak sekali kandungan yang baik untuk tubuh loh.


Berikut ini Suka Ikan sudah memiliki ulasan seputar ikan baronang, yang harus kamu tahu :

Manfaat Ikan Barongan

Ikan Baronang Segar

Menyehatkan Mata

Ikan baronang memiliki kandungan viatamin A, seperti yang sudah kita tahu, bahwa vitamin A sangat baik untuk menyehatkann mata.

Dengan mata yang sehat, tentunya akan membuat kita terhindar dari rabun jauh maupun rabun dekat.

Selain dari ikan ini, Vitamin A juga dapat kita peroleh dari sayuran, seperti halnya Wortel, yang merupakan sayuran yang banyak mengandung vitamin A.

Kamu bisa mengkombinasikan ikan Baronang dengan wortel, untuk membuat olahan masakan yang enak dan tentunya kaya akan manfaat untuk kesehatan mata.

Mengatasi Depresi

Depersi ialah, penyakit yang berhubungan erat dengan kejiwaan. Orang yang mengalami depresi, cenderung menutup diri, bahkan mudah menangis dan marah.

Depresi yang dibiarkan dalam waktu yang lama akan membuat seseorang mengalami masalah kesehatan, terutama pada kondisi psikisnya.

Daging ikan baronang ini dipercaya dapat memulihkan depresi. Seseorang yang mengonsumsi ikan laut ini akan mengalami pemulihan emosi dan perasaannya berangsur akan kembali normal.

Mencegah Diabetes

Diabetes, merupakan akibat dari hormon insulin di dalam tubuh yang kinerjanya mengalami penurunan, sehingga mengakibatkan kadar gula dalam tubuh menjadi naik.

Nah, ikan baronang, juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh, secara alami.

Bahkan seseorang yang sudah terlanjur terkena penyakit Diabetes pun, bisa mengonsumsi ikan ini, guna menurunkan kadar gula dalam tubuhnya, namun dengan catatan, mengonsumsi ikan ini dengan wajar dan tidak berlebihan.

Baik untuk Ibu Hamil

Senyawa asam amino yang terkandung di dalamnya, juga sangat baik untuk pertumbuhan janin. Asam amino ini sangat bermanfaat untuk mencegah bayi terlahir cacat serta membantu peroses erkembangan otak janin.

Selain asam amino, di dalam ikan baronang juga terdapat asam folat. Asam folat membantu janin agar tumbuh menjadi bayi yang cerdas yang riang.

Menghaluskan Kulit

Kulit ikan baronang yang tebal, mengandung banyak kolagen yang sangat dibutuhkan kulit manusia agar menjadi halus dan sehat.

Selain itu, kandungan vitamin C, D, dan E pada kulit ikan barongan juga dapat membantu untuk mencerahkan kulit.

Itulah Manfaat Ikan Baronang yang baik untuk kesehatan tubuh. Sebelum kita lanjut ke harga ikan baronang itu sendiri, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu jenis jenis ikan baronang yang ada di Indonnesia. Berikut ulasannya :

Jenis Ikan Baronang

Ikan Baronang Susu (Siganus Fuscescens)

Ikan Baronang Susu (Siganus Fuscescens)

Ikan Baronang susu memiliki betuk tubuh agak panjang namun tidak lebar seperti baronang tompel dan lada.


Motif tubuhnya agak polos dengan bintik-bintik yang samar namun tidak sebanyak bintik pada tubuh baronang lada.

Dinamakan baronang susu karena apabila di pencet/tekan badan ikan ini akan mengeluarkan cairan seperti susu pada perut bagian bawah.

Ikan Baronang Tompel (Siganus Guttatus)

Ikan Baronang Tompel (Siganus Guttatus)

Tubuh ikan baronang tompel berbentuk pipih dan agak lebar dengan panjang maksimum sekitar 35cm.

Motif tubuhnya bertotol-totol dan terdapat satu tompel berukuran agak besar berwarna kuning yang terdapat pada punggung bagian belakang.

Para pemancing banyak yang menyukai ikan ini karena memiliki perlawanan yang cukup kuat. Umpan kegemaran ikan baronang tompel ialah lumut, pisang, nasi atau pelet yang sudah dilumatkan.

Ikan Baronang Angin (Siganus Javus)

Ikan Baronang Angin (Siganus Javus)

Ikan baronang angin memiliki tubuh yang menyerupai ikan baronang tompel. Namun, bentuk tubuhnya agak lebih panjang dengan maksimum panjang mencapai 45 cm.

Bintik-bintik pada tubuh ikan ini terdapat pada punggung bagian atas dan garis terputus-putus pada bagian bawah.

Ikan Baronang Batik (Siganus Vermiculatus)

Ikan Baronang Batik (Siganus Vermiculatus)

Baronang batik juga terkenal dengan nama baronang tutam atau layak tutam. Untuk nama batik sendiri diambil dari tubuh ikan ini yang memiliki garis berkelok yang menyerupai motif batik.

Ukuran tubuh ikan ini cukup besar, jenis ikan ini dapat tumbuh hingga mencapai ukuran 40 cm/ekor dan berat per ekornya mencapai 1 kg.

Ciri khas lain ikan baronang batik adalah memiliki 13 jari-jari lunak pada sirip punggung, 7 jari-jari keras dan 9 jari-jari lunak pada sirip dubur/anal. Lebar badannya mencapai 1,9-2,2 kali lebih pendek dari panjang standar.

Ikan Barongan Lada (Siganus Chrysospilos)

Ikan Barongan Lada (Siganus Chrysospilos)

Tubuh ikan ini berwarna abu-abu kebiruan dan bagian bawahnya berwarna keperakan dengan beberapa bintik sebesar bola mata berwarna orange, bercak besar berwarna kuning terdapat dibawah sirip punggung dan sirip ekor, bagian punggungnya lunak dan sirip dubur memiliki deretan berwarna gelap.

Baronang lada memiliki 17 jari-jari keras dan 10 jari-jari pada sirip punggung, 7 jari-jari keras dan 9 jari- jari lunak pada sirip dubur.

Sirip ekor ikan ini berbentuk segi atau sabit pada ikan baronang lada yang sudah dewasa.

Harga Ikan Baronang

Nama Daerah / KotaHarga
BekasiRp 54.000
SurabayaRp 53.000
JakartaRp 55.000
MedanRp 51.000
BandungRp 52.000
PekanbaruRp 51.000
MalangRp 52.000
SamarindaRp 53.000
BantenRp 50.000
JambiRp 53.000
BalikpapanRp 54.000
TasikmalayaRp 54.000
DenpasarRp 53.000
Bandar LampungRp 53.000
BatamRp 58.000
MakassarRp 53.000
PadangRp 51.000

Setelah membaca artikel mengenai ikan baronang. Apa kamu tertarik untuk membeli dan mengonsumsi jenis ikan laut yang satu ini?

Baca Juga : Harga Ikan Mujair

Demikian informasi mengenai ikan baronang yang telah kami sampaikan. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat dam menambah wawasan kamu. Terim kasih.


Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.