Penyebab Ikan Aquascape Sering Mati

Diposting pada

Memiliki aquascape yang cantik, tentunya menjadi idaman bagi semua orang. Namun terkadang ada beberapa hal yang membuat kita kesal, seperti halnya ikan yang sering mati secara tiba tiba.

Tentunya akan sangat menjengkelkan bukan? Ada banyak faktor yang menyebabkan hal ini bisa terjadi, terlebih jika telah terjadi berulang kali.

Nah sebenarnya apa sih penyebabnya? Di artikel ini Suka Ikan akan memberikan daftar penyebab ikan hias aquascape sering mati secara tiba tiba.

Faktor Penyebab Ikan Aquascape Sering Mati Tiba Tiba

Faktor Penyebab Ikan Aquascape Sering Mati Tiba Tiba

1. Langsung Menaruh Ikan setelah Aquascape selesai disetup

Setelah selesai mengatur aquascape, banyak yang biasanya langsung menaruh ikan hias ke dalamnya, hal ini sangat berbahaya mengingat kondisi air akuarium belum stabil.

Dan tentunya akan membuat ikan tersebut stres dan buka tidak mungkin akan menyebabkan kematian.

2. Kondisi Air Akurium Kotor / Keruh

Ikan hias tentunya akan sangat senang apabila hidup di dalam akuarium yang bersih dan ada sebagian jenis ikan yang bisa langsung mati apabila airnya kotor dan keruh sedikit saja.

Untuk itu dalam memelihara ikan hias, menjaga air agar tetap bersih adalah hal yang wajib, nah untuk menjaganya tetap bersih ada banyak hal mulai dari memasang filter aquarium yang bagus, jangan menaruh tumbuhan yang mudah mengotori akuarium dan lainnya.

Baca Juga : Daftar Ikan Hias untuk Aquascape yang Bagus


3. Menyalakan Lampu 24 jam Nonstop

Seperti layaknya kita yang dapat menikmati pergantian sian dan malam, di dalam aquascape juga kita harus mengontrol waktu kapan lampu harus menyala dan kapan harus dimatikan.

Layaknya di alam bebas, ikan membutuhkan waktu untuk beraktifitas dan waktu untuk beristirahat, dengan lampu akuarium ini bisa dijadikan matahari di alam bebas.

Selain itu tumbuhan di dalam akuyarium juga memerlukan proses fotosintesis, tentunya proses ini tidak berlangsung terus terusan bukan?

4. Mencampur Ikan Hias dengan Ikan Agresif / Predator

Tentunya apabila kita memelihara ikan tidak boleh sembarangan, kita harus memperhatikan ikan tersebut memiliki karakteristik seperti apa.


Apakah ikan yang suka bergerombol, ikan yang kalem atau bahkan ikan yang agresif bahkan predator yang dapat menyerang ikan lain yang ukurannya sama atau lebih kecil.

Ikan yang agresif ini akan sangat mengganggu ikan lain, pada umumnya ikan agresif akan terus terusan mengejar ikan lain, hal ini akan membuat ikan yang dikejar stres dan bahkan bisa mengakibatkan ikan mati.

5. Sering Memberikan Pakan yang Tidak Steril

Pemberian makan pada ikan hias sebaiknya harus sangat diperhatikan, terlebih lagi dalam memberikan pakan hidup seperti cacing cacingan.

Karena bisa saja, pakan alami tersebut membawa banyak bakteri yang dapat menyerang ikan hias dan menimbulkan bermacam penyakit muncul.

Baca Juga : Daftar Ikan Hias Aquascape Terindah

6. Ukuran Akuarium yang Sempit / Menaruh Ikan yang Berlebih

Tentunya sebelum memelihara ikan hias, harus diperhatikan ukuran akuarium dengan ikan yang akan dimasukan ke dalamnya.

Hal ini supaya ikan bisa leluasa berenang tanpa harus berdesakan dengan ikan hias lainnya, karena ukuran akuarium yang terlalu sempit dapat menyebabkan ikan stres dan beresiko mengalami kematian.

7. Arus Air yang Terlalu Besar

Atur arus air supaya tidak terlalu besar, banyak jenis ikan hias aquascape yang sangat rentan mengalami kematian apabila arus air akuarium terlalu besar.

Biasanya air dari filter akuarium menyemburkan air yang cukup kuat dan sangat mengganggu ikan yang hidup di dalamnya.

8. Suhu Air Terlalu Dingin

Ada banyak hal yang dapat terjadi apabila suhu air akuarium terlalu dingin, contohnya dapat menimbulkan penyakit white spot atau bercak putih.

Pada beberapa kasus, apabila penyakit ini tidak segera diatasi dapat menyebabkan ikan mati secara mendadak.

Untuk mengontrol suhu air agar tidak terlalu dingin, gunakanlah heater khusus akuarium.

Baca Juga : Keuntungan Memelihara Ikan Hias

Nah itulah tadi beberapa faktor penyebab ikan aquascape sering mati secara tiba tiba, dari fftar di atas, manakah kira kira penyebab ikan kamu bisa mati secara tiba tiba?

Jika ada masukan lain, kamu bisa memberikan daftar lain yang mungkin dapat menyebabkan ikan hias di dalam akuarium mati. Silahkan kirimkan melalui kolom komentar yang tersedia di bawah ini ya.


Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.