Harga Ikan Gurame

Diposting pada

Ikan Gurame atau Gurami merupakan salah satu ikan yang sangat disukai oleh masyarakat indonesia, bahkan banyak sekali olahan masakan yang bisa dibuat dari ikan air tawar ini.

Tentunya harga ikan gurame juga sebanding dengan rasa lezat yang didapatkan dari ikan ini, untuk harganya sendiri terus naik turun, karena dipengaruhi banyak hal seperti halnya pasokan ikan di pasaran.

Ukuran ikan ini bsia sangat besar, bisa mencapai panjang 1 meter an, bahkan lebih, gurami juga memiliki struktur duri yang besar sehingga lebih mudah memisahkan duri dengan dagingnya, serta ikan ini juga mempunyai tekstur daging yang khas.

Makanya jangan heran, jika ikan gurame sering menjadi sajian kuliner utama di berbagai pedagan kuliner pinggiran hingga restoran yang ternama pun menyediakan berbagai macam olahan masakan dari ikan gurami ini.

Di indonesia, terdapat 8 jenis ikan gurame yang banyak dibudidayakan dan diperjual belikan dan harganya pun sangat beragam tergantung jenis dan ukuran ikan gurameh.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai jenis ikan gurami, simak penjelasannya di bawah ini :

Jenis Ikan Gurame

1. Ikan Gurame Batu

Ikan Gurame Batu

Jenis yang pertama ada gurame batu, ikan yang satu ini memiliki ciri khas warna dan sisiknya kasar dan bentuk kepalanya agak membulat seperti batu.

Namun saat ini jenis gurame ini sudah jarang diperjual belikan di pasaran. Hal ini karena ikan ini kalah saing dengan berbagai jenis ikan gurami lainnya yang rasanya lebih enak dan lezat, karena rasa ikan gurami batu kurang enak.

2. Ikan Gurame Jepun

Ikan Gurame Jepun

Selanjutnya ada Gurami Jepun, atau juga biasa disebut Ikan Gurami Jawa Tengah, karena ikan ini banyak dibudidayakan di daerah Purwokerto Jawa Tengah, banyak pula yang menyebutnya dengan nama Ikan Gurami Purwokerto.

Untuk harganya gurame jenis ini tergolong lebih murah, bahkan untuk kualitas super sekalipun, harga pasarannya hanya sekitar 40 sampai 45 ribu rupiah saja per kilonya.

3. Ikan Gurame Bastar

Ikan Gurame Bastar

Ikan ini sangat dikenal luas, terutama oleh para pembudidaya ikan, karena memiliki masa pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan dengan jenis ikan gurami lainnya.

Makanya banyak para petani ikan lebih memilih bibit ikan gurame ini, karena dianggap lebih hemat waktu dan pembelian pakan ikan.

Ikan ini dapat tumbuh hingga mencapai bobot 3 kilogram hanya dalam waktu sekitar 1 tahunan saja. Untuk harganya sendiri juga cukup satabil sekitar Rp 50.000 sampai Rp 60.000 an saja.

4. Ikan Gurame Padang (Albino)

Ikan Gurame Padang

Sesauai dengan nama ikan gurami ini, asal muasalnya adalah dari Padang. Ikan ini merupakan hasil persilangan antar jenis Gurami.

Selain disebut Gurami Padang, ikan ini juga kerap kali disebut ikan gurami Albino, karena adanya banyak kelainan yang berbeda dengan jenis ikan gurami pada umumnya.

Salah satunya adalah kemampuan menghasilkan telur hingga 3 butir sekaligus dalam sekali proses pemijahan. Dan untuk harganya ikan gurame padang dijual sekitar Rp 60.000 hingga 70.000 per kilogramnya untuk yang berkualitas super.

5. Ikan Gurame Kapas

Ikan Gurame Kapas

Jenis ikan ini juga sangat cocok untuk dijadikan pilihan karena memiliki citarasa yang enak dan lezat, sangat pas di lidah.

Ciri fisik paling jelas dari Gurami Kapas adalah warna kulitnya yang berwanra putih keperakan menyerupai kapas.

Untuk bobotnya, jenis ikan ini hanya mencapai sekitar 1.5 – 2 kg saja, selain itu, produktivitas ikan ini juga termasuk rendah jika dibanding dengan jenis gurame lainnya.

Dan harganya juga tergolong sangat murah daripada jenis ikan gurame lainnya, hanya sekitar Rp 30.000 – Rp 35.000 an saja per kilogramnya.

6. Ikan Gurame Soang (Angsa)

Ikan Gurame Soang (Angsa)

Selanjutnya ada ikan gurame soang, yang asalnya dari jawa barat, lebih tepatnya dari daerah Ciamis dan sekitarnya, di sana ikan ini banyak dibudidayakan dan menjadi pusatnya ikan gurami soang.

Jenis ini memiliki ciri khas fisik yaitu pada bagian dahinya. Seiring bertambahnya usia dahi ikan gurame juga akan semakin menonjol, namun tonjolan tersebut hanya terlihat jelas pada ikan jantan.

Bentuk tonjolan pada dahi ikan tersebut memang bentuknya mirip dengan kepala Angsa, yang dalam bahasa Sunda disebut “Soang”.

Jenis ikan gurame ini dapat dengan mudah untuk kamu temukan di banyak pasar tradisional maupun modern. Dan harganya pada umumnya dijual sekitar Rp 40.000 sampai Rp 45.000 an per kgnya.

7. Ikan Gurame Paris

Ikan Gurame Paris

Nama Ikan ini Gurame Paris, namun jangan salah bukan berarti ikan ini asalnya dari Paris di Perancis, namun alasan pemberian nama ini hanya sebuah strategi untuk menarik minat konsumen.

Karakteristik ikan gurami paris adalah tubuhnya yang didominasi oleh warna dari ujung kepala hingga ekornya.

Selain itu produktifitas jenis gurame ini juga tergolong tinggi, karena memiliki masa pertumbuhan yang tergolong cepat.

Apabila ikan ini dibdudayakan dengan benar, Gurame Paris dapat menghasilkan 5.000 butir telur dalam sekali masa pemijahan.

Selain itu harga di pasaran utnuk ikan Gurami Paris ini juga tergolong cukup tinggi, harganya sekitar Rp 55.000 hingga Rp 60.000 per kilonya untuk ikan gurame super.

8. Ikan Gurame Blue Safir

Ikan Gurame Blue Safir

Satu lagi jenis ikan gurame yang sangat disukai oleh banyak orang karena citasrasanya dan memiliki tesktur daging yang tebal.

Karakteristik ikan Gurame ini ialah memiliki kulit berwarna hitam kebiruan dengan kombinasi putih silver (keperakan) dan ekor yang berwarna kemerahan.

Jika dibandingakan dengan Gurame Paris yang sidah disebutkan tadi di atas, ikan gurame Blue Safir memiliki tingkat prdouktifitas yang lebih tinggi.

Untuk harganya sendiri juga masih berada di angka yang sama dengan dengan jenis jenis gurame lainnya, yaitu sekitar Rp 55.000 sampai Rp 60.000 untuk ikan gurame yang memiliki kualitas super.

Daftar Harga Ikan Gurame Terbaru

Nama DaerahHarga per Kg
JakartaRp 48.000
Jawa BaratRp 45.000
Jawa TengahRp 43.000
Jawa TimurRp 44.000
YogyakartaRp 43.000
AcehRp 46.000
LampungRp 45.000
BantenRp 44.000
RiauRp 53.000
BaliRp 55.000
Sumatera UtaraRp 49.000
Sumatera SelatanRp 50.000
Kalimantan TimurRp 52.000
Klaimantan BaratRp 51.000
Sulawesi UtaraRp 52.500
Harga dapat berubah sewaktu waktu

Baca Juga : Harga Ikan Piranha

Demikian artikel Jenis dan Harga Ikan Gurame yang dapat kami sampaikan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.