Makanan Ikan Koi

Ikan Koi merupakan salah satu ikan hias cantik yang sangat digemari di indonesia, selain bisa dipelihara di kolam, koi juga bisa dipelihara di dalam akuarium.

Namun karena ikan ini bisa tumbuh cukup besar, kamu harus memindahkan ikan ini ke kolam yang besar agar ikan bisa hidup dengan bebas.

Pertumbuhan ikan koi bisa cepat besar karena di dukung dengan pemberian makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi.

Pelet Ikan Koi

Ikan koi tergolong ikan hias yang tidak pilih pilih dalam urusan makanan, ikan ini akan memakan makanan apa saja yang kita berikan padanya.

Dan kali ini Suka Ikan memiliki beberapa daftar makanan ikan koi yang bagus untuk membantuk agar ikan lebih cepat besar dan warna ikan tetap memukau.

Daftar Makanan Ikan Koi Agar Cepat Besar

Memberi pakan ikan koi, bisa dengan makanan alami ataaupun pelet, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing.

Makanan Alami

Selain dengan memberi makan ikan koi dengan pelet, ikan koi juga bisa kamu berikan makanan alami, berikut daftarnya :

1. Cacing Tanah

Cacing Tanah

Semua ikan pasti menyukai pakan alami atau pakan hidup ini, dengan memberikannya secara rutin dapat membantu perkembangan ikan supaya cepat besar.

2. Jangkrik

Jangkrik Makanan Ikan Koi

Ternyata ikan koi juga suka makan jangkrik loh, pastinya makanan ini dapat memberikan dampak positif untuk ikan koi, diantaranya adalah mempercepat pertumbuhan dan mempercantik sisik ikan.

3. Kutu Air

Kutu Air

Makanan yang satu ini sangat cocok untuk ikan yang masih usia dini, atau masih burayak. Karena ikan ikan kecil tersebut belum mampu memakan makanan yang besar.

Selain itu makanan alami ini sangat membantu pembentukan warna pada burayak koi dan menambah zat kekebalan tubuh agar tidak mudah terkena penyakit.

Pakan Pabrikan / Buatan

Pakan yang sudah jadi / pelet adalah cara praktis untuk kamu yang tidak ingin repot mengurusi kebutuhan asupan makanan ikan.

Dengan pakan pabrikan seperti ini, kamu bisa dengan mudah mencarinya di toko / pasar ikan hias, selain itu kamu juga bisa membelinya secara online.

1. SanKoi Spirulina

SanKoi Spirulina

Pakan yang memang dikhususkan untuk ikan koi ini sangat ampuh untuk mempercantik warna ikan dan mempercepat pertumbuhan ikan. Karena kandungan protein dan karbohidrat yang sangat tinggi di dalamnya.

Kebanyakan para pembudidaya ikan koi, memilih pakan ini untuk makanan ikan mereka, tentu saja buka tanpa alasan.

SanKoi Spirulina sudah dipercaya sejak lama sebagai merk pelet ikan yang berkualitas dan harganya juga cukup terjangkau. Harga pakan ikan koi yang satu ini biasanya dijual sekitar Rp 50.000 per kemasan yang beratnya 1 kg.

2. Hokky Color Enhancer

Hokky Color Enhancer

Seperti halnya pakan sebelumnya merk pelet yang satu ini juga sangat membantu pertumbuhan dan mempu mempercantik warna ikan hias koi.

Kandungan gizi dan nutrisi yang lengkap membuat pakan ikan koi yang satu ini sangat direkomendasikan oleh para pembudidaya. Harga pelet Hokky juga masih berada di kisaran harga Rp 50.000 per kemasan yang beratnya 1 kg.

3. Saki Hikari Growth

Saki Hikari Growth

Apabila kamu menginginkan ikan yang besar dan sangat memperhatikan kualitas warna ikan, makanan ini sangat cocok untuk diberikan pada ikan.

Makanan yang satu ini merupakan makanan ikan koi yang sangat terkenal karena kualitasnya yang sangat baik untuk ikan hias koi.

Untuk harganya memang tergolong cukup tinggi, untuk satu kemasan ukuran 2.3 kg biasanya dibanderol seharga Rp 360.000.

4. Premium Koi Food Hiro

Koi Food Hiro

Merk pelet untuk ikan koi yang selanjutnya juga tidak kalah dengan merk lainnya, pakan pabrikan yang satu ini juga sangat ampuh untuk membantu pertumbuhan ikan dan juga menambah kecantikan ikan hias.

Harga makanan koi yang satu ini juga cukup terjangankau, harganya berkisar Rp 55.000 untuk 1 kemasan ukuran 1 kg nya.

Cara Membuat Makanan Ikan Koi Sendiri

Berikut cara membuat makanan ikan koi sendiri dengan mudah dan pastinya sangat bagus untuk membantu pertumbuhan ikan koi :

  • Bahan utamanya adalah udang kecil.
  • Campurkan udang dengan telur, wortel, bawang putih, agar-agar, serta vitamin c.
  • Lalu tambah sedikit air, kemudian blender semuanya sampai halus.
  • Sembari menunggu adonan yang tadi di blender halus, tambahkan pelet ikan koi untuk memberi aroma khas makanan ikan, masukan pelet ke dalam air panas dan taburi dengan bubuk agar agar.
  • Kemudian campurkan adonan yang sudah diblender tadi dengan pelet yang sudah dicampur dengan agar agar.
  • Setelah dingin, potong kecil-kecil adonan yang sudah dicampur berbagai bahan tadi, dengan ukuran kecil kecil, sehingga menyerupai cacing tanah.
  • Dengan begini, ikan koi akan dengan mudah memakannnya dan mengira bahwa pakan yang diberikan adalah cacing sungguhan.

Kamu bisa memberikan pakan ini sebagai selingan, saran kami berikan pakan buatan ini cukup seminggu sekali, tidak perlu setiap hari, untuk tiap harinya bisa diberikan pelet seperti biasanya.

Baca Juga : Inilah Keuntungan Memelihara Ikan Hias yang Harus Kamu Ketahui

Tips Memberikan Makanan Ikan Koi

Makanan Ikan Koi

Dalam memberikan makanan pada ikan hias koi sebaiknya jangan memberinya secara berlebihan, karena ikan dengan memberinya terlalu sering maka ikan akan sering sekali buang kotoran.

Apabila hal ini terjadi terus menerus, maka akuarium akan lebih cepat kotor dan kaeruh karena banyaknya kotoran ikan koi.

Sebaiknya berikan makan ikan koi 2 x sehari saja dengan takaran yang pas, jangan sampai banyak pelet yang menggenang di permukaan air.

Sebaiknya jika kamu memerlihara koi di dalam akuarium, sebainya berikan makanan alami hanya sebagai selingan saja, berikan 2 sampai 3 kali dalam seminggu dan dengan makanan pokok pelet.

Demikian artikel tentang ikan koi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan jangan ragu untuk memberikan k0omentar di bawah ini jika ada yang ingin ditanyakan.

Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.