Ikan Koi Blitar

Diposting pada

Kita semua tahu, blitar menjadi pusat perkembangan ikan koi terbesar di indonesia dan banyak orang kagum dengan kualitas ikan koi blitar dan tak heran harga ikan koi blitar menjadi sangat mahal.

Kali ini Suka Ikan akan membahas secara lengkap jenis jenis ikan koi yang ada di blitar beserta harga jualnya, jadi baca artikel ini sampai akhir ya.

Ikan koi merupakan salah satu ikan hias terpopuler yang difungsikan sebagai hiasan di rumah kita, bahkan tak sedikit orang yang mempercayai memelihara ikan koi bisa membawa hoki atau keberuntungan.

Sejarah Ikan Koi

Sejarah Ikan Koi Blitar

Masuknya ikan koi ke indoesia secara besar besaran dimulai pada saat Presiden Soeharto menerima hadiah dari kaisar Akihito, tepatnya pada tahun 1991.

Seiring berkembangnya waktu ikan koi mulai menyebar ke hampir seluruh wilayah di indonesia, salah satunya adalah blitar.

Di sana ikan koi diterima dengan baik oleh masyarakat dan banyak orang yang memilih untuk terjun dan mencoba peruntungan dengan membudidaya ikan koi dan menjadikannya jadi penghasilan utama.

Dan pada saat ini blitar menjadi salah satu daerah penghasil ikan koi terbanyak di indonesia, disusul daerah lain yang tak kalah banyak juga.


Banyak orang yang mempercayai, bahwa ikan koi dari daerah blitar merupakan ikan koi yang asli dari jepang dan belum melewati perkawinan silang dengan jenis ikan ikan lain.

Jadi kualitas ikan yang dihasilkan lebih bagus dan cantik, itulah sebabnya banyak orang yang mencari ikan koi dari blitar ini. Ikan yang berkualitas tinggi tersebut, bisa didapatkan dari desa Tambakboya, Blitar.

Perkembangan ikan koi di sana, diprakarsai oleh seorang pembudidaya bernama Pak Mashuri, awalnya beliau pergi ke daerah Jawa Barat, tepatnya ke daerah sukabumi.

Saat kunjungannya ke daerah tersebut beliau mendapati di sana ada banyak orang orang sukses yang membudidaya ikan koi, bahkan bisa mendapatkan keuntungan lumayan dan menjadi salah satu pemasukan daerah yang cukup tinggi.

Dan pada akhirnya beliau mencoba belajar dan minta diajari oleh orang orang di sana, setelah beberapa lama, kemudian beliau menerapkan cara budidaya koi tersebut ke daerahnya di blitar dan mengajarkannya ke orang orang sekitar.

Cara budidaya ikan koi yang dilakukan oleh para petani ikan di blitar adalah dengan menjaga kualitas ikan dari induk aslinya, yaitu dari jepang.

Salah satu caranya adalah dengan memilih secara selektif ikan ikan yang akan dibudidayakan dan tidak menyilangkan ikan koi jepang dengan ikan ikan lain.

Sehingga tak heran banyak orang yang mengagumi ikan koi dari bitar ini dan menjadi bibit ikan koi unggulan di indonesia. Bahkan banyak orang yang rela mengeluarkan banya uang untuk memebli bibit ikan dari sana.

Jenis Jenis Ikan Koi Blitar

1. Ikan Koi Asagi

Ikan Koi Asagi

Ikan koi asagi merupakan ikan koi yang memiliki pola warna biru tua pada bagian tubuh belakang dan kombinasi merah-orange dengan putih pada bagian kepalanya.

Kualitas ikan ini sudah tidak diragukan lagi dan menjadi salah satu spesies ikan koi terbaik dan tak heran ikan ini memiliki harga jual yang tinggi.


2. Ikan Koi Kohaku

Ikan Koi Kohaku

Ikan koi kohaku memeiliki warna yang cantik dan menjadi salah satu primadona para pecinta ikan koi, di bliar sednri ikan koi ini sudah sangat banyak dibudidayakan dan menghasilkan banyak bibit bibit ikan koi unggulang.

Ciri khas ikan koi ini adalah memiliki 2 corak warna yaitu orange dengan putih. Warna orange pada ikan ini sangat cerah dan sangat menarik, jadi tak heran banyak orang yang mencari cari jenis koi ini meski dengan harga mahal.

Baca Juga : Makanan Ikan Koi

3. Ikan Koi Tancho

Ikan Koi Tancho

Ikan koi tancho merupakan jenis ikan koi yang memiliki warna dasr putih dan memiliki warna orange di atas kepalanya.

Ikan koi tancho ini sudah sangat berkualitas dan bahkan sudah banyak de ekspor ke luar negeri, bahkan ke negara asalnya, Jepang.

4. Ikan Koi Shusui

Ikan Koi Shusui

Jenis ikan koi ini merupakan hasil keturunan dari jenis koi asagi, yang ditandai dengan corak warna yang sama dengan jenis asagi.

Hanya saja warnanya sangat sedikit pada punggungnya dan Ikan koi asagi lebih banyak memiliki warna orange.

5. Ikan Koi Ogon

Ikan Koi Ogon

Ikan koi yang satu ini memiliki corak warna yang cukup unik, pasalnya corak warnanya berwarna keemasan (golden).

Karena keunikannya tersebut, ikan koi ini menjadi salah satu jenis ikan koi yang banyak dicari dan harganya juga cukup mahal.

Baca Juga : Penyakit Ikan Koi

Daftar Harga Ikan Koi Blitar Terbaru

Jenis Ikan Koi BlitarHarga Ikan AnakanHarga Ikan Dewasa
Ikan Koi AsagiRp 45.000Rp 500.000
Ikan Koi KohakuRp 100.000Rp 4.000.000
Ikan Koi TanchoRp 35.000Rp 400.000
Ikan Koi ShusuiRp 50.000Rp 600.000
Ikan Koi OgonRp 25.000Rp 350.000

NB : Harga di atas merupakan harga yang di dapatkan dari berbagai toko online, mungkin ada sedikit perbedaan dan juga tidak menutup kemungkinan adanya perubahan harga yang signifikan.

Demikian informasi sejarah dan daftar harga ikan koi blitar yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Dan apabila ada kritik ataupun masukan, silahkan kirimkan melalui kolom komentar yang tersedia di bawah ini, atau bisa juga melalui halaman kontak kami, yang tersedia di blog ini.


Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.