Penyakit Ikan Koi

Diposting pada

Koi adalah salah satu jenis ikan hias yang biasa dipelihara oleh pecinta ikan baik di akuarium maupun pada kolam ikan. Ikan hias yang berasal dari Negara Sakura, Jepang ini sangat indah, cantik dengan corak warna pada tubuhnya sangat unik.

Mereka memiliki warna beragam, dari biru, merah, oranye, kuning, putih dengan ukuran dan pola yang berbeda. Tentu sangat indah saat dilihat.

Namun, apakah ikan koi akan tetap memancarkan keindahan saat mengalami sakit karena penyakit tertentu, atau justru tersiksa akan hal itu.

Tidak bisa dipungkiri, jika ikan hias koi bisa terkena penyakit. Penyakit Koi ini biasanya disebabkan karena hal-hal yang sifatnya remeh, seperti perawatan tidak cocok atau tidak dirawat dengan baik.

Sehingga, ikan hias cantik satu ini harus mengalami penyakit yang menyerang tubuhnya. Anda pasti juga tahu kalau memelihara ikan koi itu sebenarnya mudah.

Namun, mempertahankan keindahan dari warna tubuhnya atau dengan membudidayakannya itu adalah pekerjaan yang tidak bisa dianggap sebelah mata atau tidaklah mudah.

Ikan Koi Sakit

Pasalnya, hampir sebagian dampak penyakit ikan koi ada pada warna dan sisik tubuhnya yang pudar karena efek air tidak sehat akibat jarang diganti, dibersihkan atau diganti dengan air tidak bersih maupun disebabkan kotoran. Baik itu feces ikan, sisa makanan, atau mucus yang akhirnya membuat penyakit Koi.

Kotoran berupa mucus atau lendir yang tebal ada pada ikan hias koi, fungsinya untuk melindungi tubuh koi agar terhindar langsung dari penyakit melalui kotoran air. Namun demikian, jika lendir itu jumlahnya sangat banyak, justru berdampak kurang baik atau buruk terhadap kualitas dan kebersihan ikan koi.


Penyebab mucus terlalu banyak selain koi yang tumbuh semakin tua atau dewasa, produksi mucus semakin banyak bisa juga diakibatkan dari jumlah ikan koi dalam satu tempat yang terlalu banyak.

Sehingga saat menaruh ikan koi pada tempat tertentu, sebaiknya Anda harus memperkirakan apakah ruang tersebut akan terlihat sesak yang membuat ikan tidak bisa bergerak bebas.

Untuk satu ruang tertentu hanya boleh diisi ikan koi dengan jumlah dikit, supaya terhindar dari mucus yang memperkeruh air dan menyebabkan penyakit pada koi.

Macam-Macam Penyakit Koi yang Wajib Diketahui

Nah, berikut ini adalah beberapa penyakit koi yang sewaktu-waktu bisa menyerang mereka. Yang mana, penyebabnya dikarenakan parasit serta non parasit.

Parasit itu jenis penyakit yang bagaimana? Jadi seperti adanya bintik putih (White spot), kutu ikan, jamur (Kapas putih) hingga cacing jangkar (Lernaea).

Sedangkan penyakit koi non parasit, itu salah satunya balon gas dan gelembung renang. Namun, di bawah ini adalah penyakit yang biasa menyerang ikan koi, diantaranya :

1. Penyakit Koi Parasit

a. White Spot

Ikan Koi terkena White Spot

Penyakit Koi ini ditandai dengan adanya bintik putih pada sisik ikan koi yang awalnya tumbuh di permukaan. Jika tidak ada penanganan, bisa jadi lama kelamaan akan merambah ke bagian tubuh lain seperti insang hingga sirip ikan.

Untuk mengetahui penyakit ini bisa dilihat dari titik tertentu yang terlihat seperti bintik-bintik putih dalam jumlah banyak, berarti itu bakterinya.

b. Kapas Putih (Jamuran)

Ikan Koi Terkena Jamuran (Kapas Putih)

Jika ada ikan koi yang sakit, sebaiknya dipisah dengan koi sehat. Sebab, khawatir bisa tertular ke ikan koi yang sehat. Penyakit koi kapas putih ini disebabkan karena ikan koi terluka, gigitan kutu ikan atau disebabkan air yang kotor. Sehingga, terkena jamur saprolegnia atau kapas putih.


c. Cacing Jangkar

Ikan Koi Terkena Cacing Jangkar

Penyakit ini termasuk parasit yang mudah menempel di bagian luar tubuh ikan koi maupun di insang koi. Cara kerja cacing ini dengan menghisap cairan yang terdapat pada tubuh ikan.

Baca Juga : Inilah Keuntungan Memelihara Ikan Hias. Yang Harus Kamu Ketahui

Sehingga koi menjadi kurus dan tidak berdaya atau lemas dalam waktu lama. Jika jumlah cacing sedikit, bisa diambil dengan pinset. Tapi, jika banyak atau tidak segera ditangani ikan koi akan mati bahkan justru mengenai koi lainnya.

d. Kutu Ikan

Mempunyai nama lain sebagai udang renik ini adalah penyakit yang menempel dengan cara membenamkan diri di bawah sisik ikan. Sehingga, bisa mengakibatkan daya tahan koi menurun dan terjadi infeksi.

2. Luka Gores

Apabila ikan koi bergerak terlau ekstrim atau mendadak mengenai permukaan tajam sehingga berakibat luka gores. Jika tidak ditangani dengan baik, luka gores tersebut dapat mengakibatkan infeksi.

3. Penyakit Lumpuh Pada Koi

Apabila terdapat koi yang berenang secara miring atau tubuhnya kaku, jika terlalu parah mengakibatkan gerakannya limbung. Penyakit ini disebabkan karena koi mengalami keracunan obat tertentu.

4. Cacar Ikan Koi

Penyakit ini disebabkan karena virus, sehingga muncul bercak berwarna putih dan terdapat lendir yang menghasilkan warna putih susu. Lama kelamaan akan menjadi abu-abu.

5. Terdapat Jamur Pada Mulut Ikan Koi

Ditandai dengan mulut koi yang berwarna putih seperti jamur, disebabkan bakteri tertentu. Jadi, pisahkan koi ini dengan koi lainnya untuk penanganan yang lebih lanjut supaya tidak terjadi penularan.

Baca Juga : Daftar Harga Ikan Koi di Pasaran

6. Penyakit Busuk Pada Sirip Ikan Koi

Disebabkan oleh bakteri Aeromonas Hydrophlia yang sifatnya parasit pada tubuh koi yang luka. Apalagi pada bagian yang rawan terluka seperti sirip dan ekor, disebabkan luka gores atau karena air kotor.

7. Penyakit Pada Punggung Ikan Koi

Penyakit ini mengakibatkan punggung ikan menjadi kurus, walaupun ikan masih bisa berenang. Hal ini disebabkan karena ikan koi mengalami pengurangan pada lemak dengan jumlah yang banyak. Sehingga, perlu asupan makanan khususnya makanan ikan hias dari sayuran seperti wortel dan lainnya

8. Jamur yang Menempel di Batang Insang

Akibat jamur parasit yang menyerang bagian insang, ikan koi mengalami kurangnya nafsu makan, malas bergerak dan menggerakkan insangnya. Hampir sama dengan yang lain, kondisi air kotor mengakibatkan penyebaran jamur tersebut lebih cepat serta pemberian makan secara berlebihan.

9. Dan Penyakit Ikan Koi Lainnya

Cara Menangani Penyakit Koi yang Harus Anda Pahami Penyakit Koi di atas dapat datang kapan saja. Terutama, bagi Anda yang merawat Koi secara sembarangan dan tidak tepat.

So, jika hal itu terjadi Anda harus menanganinya. Penanganan paling utama untuk dilakukan pada ikan koi yang sudah terindikasi penyakit secara keseluruhan, adalah sebagai berikut :

1. Segera isolasi bagian yang terkena penyakit. Pisahkan tempat dengan ikan koi yang sehat, supaya terhindar dari tertularnya penyakit yang sama.
2. Menjaga temperatur air yang menderita penyakit supaya tetap stabil.
3. Memberi oksigen pada koi yang cukup dengan memompa udara.
4. Jangan memberi makan ikan koi terlalu banyak, karena mengakibatkan penurunan nafsu makan dan dapat mengotori air.
5. Memberikan obat yang tepat untuk ikan koi, sesuai dengan penyakit yang diderita.

Baca Juga : Inilah Daftar Makanan Ikan Koi yang Bagus

Demikianlah beberapa penyakit yang bisa menyerang ikan koi kapan saja. Serta, cara penanganan penyakit koi secara umum yang bisa menjadi panduan bagi Anda dalam memelihara atau membudidayakan ikan koi.

Supaya berhasil dan terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan. Oke, sekian dari kami Pemirsa. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.


Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.