Makanan Ikan Mas Koki

Ikan mas koki merupakan salah satu hewan peliharaan favorit banyak orang. Untuk mendukung pertumbuhannya, tentu Anda harus memberikan makanan ikan mas koki yang tepat.

Hal ini bertujuan agar ikan menjadi cepat besar dan warnanya cantik. Pemberian makanan yang tidak sesuai bisa menyebabkan masalah yang fatal pada pertumbuhan ikan.

Ikan Mas Koki Oranda

Makanan ikan mas koki yang berkualitas, tentunya bisa mempercantik warnanya, para pembudidaya lebih memilih makanan berkualitas, meskipun harganya cukup tinggi.

Sebab, apabila ikan berwarna cantik dan sehat, tentu nilai jualnya akan lebih tinggi. Berikut ini adalah daftar Makanan yang Bagus untuk pertumbuhan dan pembentukan warna ikan koki :

Makanan Alami

Ikan mas koki bisa diberikan makanan alami dalam kesehariannya. Beberapa diantaranya sangat baik untuk pertumbuhan ikan, seperti halnya:

1. Cacing Sutra

Cacing Sutra

Untuk mendapatkan cacing sutra, Anda bisa membelinya di toko pakan ikan. Harganya terbilang ekonomis ketimbang pelet. Selain itu, cacing sutera juga bisa membuat warna ikan mas koki jadi lebih menarik.

Cacing sutra memiliki bentuk tubuh yang halus seperti sutra. Pakan ini bisa merangsang tumbuhnya jambul ikan mas koki. Sebelum diberikan pada ikan, sebaiknya cuci dahulu cacing ini.

2. Kutu Air

Kutu Air

Salah satu makanan alami yang disukai ikan mas koki adalah kutu air. Makanan ini cocok untuk diberikan pada ikan mas koki anakan.

Kutu air bisa diberikan untuk ikan berukuran 3-5 cm. Kutu air memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil.

Pakan alami ikan ini bisa merangsang pertumbuhan ikan mas koki. Sudah banyak yang membuktikan bahwa kutu air bisa menyokong dan memenuhi kebutuhan nutrisi ikan sehari-hari.

3. Cacing Darah

Cacing Darah

Cacing darah dapat mempercepat pertumbuhan ikan mas koki. Hal ini karena kandungannya yang kaya lemak dan protein. Harga cacing darah berkisar 10 ribu rupiah per kilo-nya.

Cacing darah disebut juga sebagai bloodworm. Anda bisa membelinya di toko terdekat dengan bentuk yang sudah dibekukan.

Baca Juga : Harga Ikan Koki

Pakan Ikan Mas Koki Pabrikan

Pakan pabrikan juga bisa dipilih untuk mempercepat pertumbuhan ikan mas koki. Selain itu, warna yang cantik juga menjadi salah satu tujuan diberikannya makanan ikan mas koki buatan pabrik.

Pakan yang paling baik adalah yang mengandung lemak, protein, karbohidrat, dan kalori. Merek berikut ini recommended untuk diberikan pada ikan koki kesayangan Anda:

1. Pakan Ikan Mas Koki – Agaru

Pelet ikan mas koki yang satu ini berguna untuk mempercepat pertumbuhan dan mempercantik corak ikan. Harganya agak tinggi yaitu Rp 7.000,- per ukuran 120 gram. Meski begitu, Agar dapat diandalkan agar ikan mas koki cepat besar.

Kandungan di dalam pakan Agaru cocok untuk melengkapi nutrisi yang dibutuhkan oleh ikan mas koki.

2. Pelet Ikan Mas Koki – Sakura

Sakura adalah pakan ikan hias koki yang layak untuk dipertimbangkan. Anda bisa mendapatkannya di toko dengan mudah. Kandungan gizinya seimbang sehingga efektif mempercepat pertumbuhan ikan. Harganya juga cenderung lebih murah yaitu Rp 4.000,- per 120 gr.

3. Pelet Ikan Mas Koki – Hikari Lionhead

Jenis pakan ini jauh lebih mahal pasalnya, fungsi Hikari Lionhead bisa menambah ukuran benjolan pada ikan mas koki. Disamping dapat mempercepat pertumbuhannya. Harga Hikari Lionhead per kilogram adalah Rp 37.500,-

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Koki

Nah, itu dia beberapa rekomendasi makanan ikan mas koki yang paling baik. Dengan memberikan pakan yang bergizi tinggi serta melakukan perawatan yang tepat.

Maka, ikan mas koki yang Anda pelihara akan lebih cepat tumbuh. Selain itu, warna yang cantik dan menarik juga bisa menambah nilai jualnya saat dibudidayakan. Demikian, semoga bermanfaat.

Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.