Cara Budidaya Ikan Mas Koki

Diposting pada

Ikan mas koki menjadi salah satu ikan hias yang sangat digemari di indonesia, maka tak heran jika banyak yang ingin mengetahu cara budidaya ikan mas koki yang cantik ini.

Karena memang peluang bisnis budidaya ikan hias seperti ini cukup menjanjikan.

Karena selain ikan hias ini memang sangat populer, harga ikan mas koki juga terbilang cukup mahal dan stabil.

Tentunya jika bisa menyediakan ikan mas koki dalam jumlah yang banyak, dapat menjadi pemasukan yang lumayan.

Budidaya Ikan Mas Koki

Nah berbicara masalah cara budidaya ikan mas koki, sebenarnya caranya cukup mudah, bisa juga dilakukan oleh seorang pemula.

Namun dengan catatan dalam melakukan proses budidaya harus dengan ketekunan dan ketlatenan, supaya bisa berhasil membudidayakan ikan hias ini dengan hasil yang maksimal.

Langkah Langkah Budidaya Ikan Mas Koki

Buat yang mau belajar membudidaya ikan koki, berikut langkah demi langkah yang harus kamu lakukan :


1. Siapkan Aquarium

Akuarium

Peralatan yang harus kamu siapkan pertama adalah aquarium, kami menyarankan aquarium dengan ukuran 80 cm x 40 cm x 40 cm.

Dengan ukuran aquarium ini, tentunya akan memudahkan kamu dalam merawat dan memantau kondisi ikan dan aquarium selama proses budidaya.

2. Memilih Jenis Ikan untuk Indukan

Memilih Indukan Ikan Mas Koki

Tentukan jenis ikan koki, yang akan kamu budidayakan, jika belum paham jenis jenis ikan mas koki, sebaiknya baca artikel ini.

Pilih salah satu jenis terlebih dahulu, jika kamu baru pertama kali membudidaya ikan hias.

Tips Memilih Indukan yang Berkualitas
– Ikan agresif, atau tidak loyo dan berdiam diri di dasar aquarium.
– Warna Ikan Cerah dan tidak ada bercak luka.
– Ikan sedang tidak terkena penyakit apapun.
– Fisik ikan lengkap atau tidak cacat sedikitpun.

3. Bedakan Indukan Koki Jantan dan Betina

Ikan Mas Koki Jantan dan Betina

Berikut beberapa perbedaan diantara keduanya :

Ikan Mas Koki Jantan
1. Ikan Mas koki jantan mempunyai perbedaan pada sirip. Kebanyakan ikan koki jantan akan memiliki sirip dengan bintik-bintik putih pada bagian sisi siripnya.
2. Kamu harus memperhatikan anus ikan mas koki. Pada ikan mas koki jantan, memiliki kecenderungan anus berpenampakan agak rata.
3. Pada ikan mas koki jantan, mempunyai bentuk tubuh secara keseluruhan yang berbeda dengan ikan mas koki betina. Ikan mas koki jantan akan cenderung ramping.


Ikan Mas Koki Betina
1. Untuk ikan mas koki betina tentunya berbeda dari ikan mas koki jantan. Pada bagian sirip ikan mas koki betina tidak akan ditemukan bintik-bintik putih pada sirip alias mulus.
2. Pada bagian anus, tentu saja ada perbedaan antara ikan mas koki jantan dengan ikan mas koki betina. Bentuk anus ikan mas koki betina akan lebih menonjol dibandingkan dengan ikan mas koki jantan.
3. Bentuk juga postur tubuh yang dimiliki oleh ikan mas koki betina juga berbeda dengan yang jantan. Ikan mas koki betina akan cenderung mempunyai bentuk tubuh bulat dan sedikit gendut. Hal ini dapat terlihat dengan jelas jika Kamu membandingkan kedua ikan secara langsung.

4. Mengawinkan Indukan Ikan

Ikan Mas Koki Fantail

Taruh indukan ikan koki ke dalam aquarium yang sudah dipersiapkan sebelumnya, sebaiknya tambahkan tanaman enceng gondok.

Penambahan tanaman ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan pada ikan saat melakukan prosesi perkawinan, serta bisa menjadi tempat menaruh telur telur yang sudah dibuahi nantinya.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan tanaman air lainnya, dan juga bisa menambahkan kakaban / media khusus untuk menempatkan telur telur ikan.

1 Ekor ikan koki jantan, mampu membuahi 2 Ekor ikan koki betina, untuk kamu yang baru pertama kali mencoba, sebaiknya cukup kawinkan 1 ekor jantan dan 2 ekor betina, kedepannya kamu bisa membudidayakan sampai 5 ekor jantan dalam 1 waktu.

Telur telur ikan mas koki, nantinya akan dikeluarkan oleh ikan betina dan akan dibuahi oleh ikan pejantan, pembuahan ini biasa disebut pembuahan eksternal.

5. Perawatan Anakan / Burayak Ikan Mas Koki

Burayak Ikan Koki

Telur telur yang telah dibuahi oleh ikan pejantan, akan menetas menjadi larva ikan, kurang lebih sekitar 2 – 4 hari.

Karena banyaknya telur yang dikeluarkan ikan, tentu tidak semuanya berhasil menetas, telur telur yang tidak menetas, sebaiknya diambil, supaya tidak membusuk dan mengotori aquarium.

Setelah telur tadi sudah menetas dan berubah menjadi larva, kamu tidak perlu langsung memberikan anakan ikan koki makanan.

Hal ini karena anakan ikan tersebut masih memiliki cadangan makanan, yaitu berupa buntalan kuning mirip seperti kuning telur di area perut larva ikan.

Asupan makanan ini dapat memenuhi kebutuhan ikan, selama kurang lebih 3 – 4 hari.

Setelah habis, maka kamu perlu memberinya makanan, untuk larva ikan sebaiknya kamu memberikan makan berupa kuning telur rebus.

Setelah usia ikan menginjak 14 hari, bisa mulai kamu berikan pakan cacing sutra, namun harus disaring terlebih dahulu.

Dalam memberikannya, cukup berikan sedikit demi sedikit, perkirakan pakan yang diberikan bisa langsung habis. Karena sisa sisa makanan tersebut dapat mengotori air dan membuatnya menjadi keruh.

Selalu kontrol kondisi air aquarium, karena larva ikan masih sangat sensitif dengan kondisi air yang tidak stabil.

Baca Juga : Makanan Ikan Koki Supaya Cepat Besar

Demikian tadi artikel tentang Cara Budidaya Ikan Mas Koki yang dapat kami sampaikan.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan semoga bisa berhasil membudidayakan ikan koki sendiri di rumah ya.


Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.