Harga Bibit Ikan Lele

Lele merupakan jenis ikan air tawar terpopuler dan paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat indonesia hingga saat ini.

Karena peminatnya dan juga permintaan pasar yang sangat tinggi, banyak orang yang terjun untuk memelihara ikan lele untuk dijual lagi, selain itu harga ikan lele juga relatif stabil.

Bibit Ikan Lele

Nah, sebelum melakukan pemeliharaan kamu perlu membeli bibit ikan lele terlebih dahulu. Kamu bisa membeli bibit / benih ikan lele ke pembudidaya ikan lele.

Namun, sebelum itu kamu harus mengetahui harga pasarannya terlebih dahulu dan berikut di bawah akan kami bahas harganya :

Harga Bibit Ikan Lele Eceran per Ekor

UkuranHarga /ekor
2-3 cmRp 200
2-5 cmRp 250
5-6 cmRp 260
6-7 cmRp 280
7-8 cmRp 300
8-9 cmRp 350
9-10 cmRp 370

Harga Bibit Ikan Lele per Box

UkuranIsi /boxHarga /box
2-3 cm8.000 ekorRp 1.160.000
3-4 cm6.000 ekorRp 1.220.000
3-5 cm5.000 ekorRp 1.230.000
4-6 cm4.000 ekorRp 1.260.000
5-7 cm3.000 ekorRp 1.320.000

Daftar harga di atas merupakan detail harga yang kami dapatkan dan di tempat lain harganya bisa berbeda, namun tidak berbeda jauh.

Ciri Ciri Bibit Ikan Lele yang Berkualitas

Jika ingin membesarkan ikan lele, pastikan kamu memilih bibit bibit ikan yang berkualitas, berikut beberapa ciri ciri ikan lele yang berkualitas :

1. Pergerakan Ikan Lincah

Sebelum memutuskan membeli bibit lele, sebaiknya perhatikan pergerakan ikan, pilihlah ikan yang bergerak agresif, jangan ikan yang sering berdiam diri.

2. Bibit dalam kondisi sehat / tidak terlihat gejala sakit

Cek secara detail bibit ikan, pastikan tidak ada gejala atau tanda tanda ikan sedang sakit. Karena jika ikan sudah sakit sakitan dari kecil, biasanya pertumbuhan ikan lambat, bahkan bisa berujung kematian.

3. Ukuran bibit ikan harus seragam / sama.

Hal ini juga sangat penting dan harus diperhatikan, kesetaraan ukuran ikan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pemeliharaan ikan, karena apabila ada beberapa ikan yang ukurannya jauh lebih bisar biasanya akan memicu kanibalisme yang mengakibatkan kegagalan budidaya lele.

4. Fisik ikan harus sempurna

Nah, yang satu ini juga tak kalah penting, cek fisik ikan, ambil sampel beberapa benih ikan yang akan kamu beli, pastikan fisik / organ ikan lengkap atau tidak mengalami kecacatan.

5. Mata ikan cerah / tidak kusam / tidak merah.

Salah satu cara yang paling mudah untuk mengetahui ikan sedang terkena penyakit atau tidak adalah dari matanya.

Biasanya ikan yang terindikasi penyakit adalah matanya merah, namun merah disini berbeda dengan warna merah yang bawaan lahir, kamu harus bisa membedakan mata merah bawaan lahir dengan mata merah karena penyakit.

Demikia artikel tentang harga bibit ikan lele terbaru dan ciri ciri bibit ikan lele yang berkualitas dan layak untuk dipelihara, semoga dapat bermanfaat..

Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.