Warna Ikan Neon Tetra Pudar

Diposting pada

Ikan Neon Tetra merupakan jenis ikan yang cantik dan sangat mempesona, kecantikan warna ikan ini ditambah dengan sisiknya yang bisa menyala.

Namun apa jadinya, jika warna ikan neon tetra pudar? Tentunya membuat bingung bukan, karena pastinya keindahan ikan akan berkurang.

Ada banyak faktor kemungkinan yang menjadi penyebab pudarnya warna ikan neon tetra, entah itu karena dari lingkungan, pakan yang diberikan ataupun karena ikan stres.

Apabila dibiarkan, terkadang memudarnya warna ikan ini dapat memicu resiko kematian, untuk itu meskipun sebenarnya tidak terlalu berbahaya namun patut untuk diwaspadai.

Aapabila kamu memiliki gejala warna ikan neon tetra yang tiba tiba pudar dan tidak secerah biasanya, kamu bisa mendiagnosa penyebabnya apa.

Warna Ikan Neon Tetra Pudar

Di bawah ini ada beberapa faktor yang kemungkinan menjadi penyebabnya.

1. Ikan Stress

Faktor pertama yang umumnya terjadi adalah karena ikan stress, biasanya karena ikan digabungkan dengan ikan hias lain yang ukurannya lebih besar atau digabung dengan ikan yang agresif.


Karena jika ikan yang hidup bersama ikan neon tetra lebih besar dan agresif tentunya ikan neon akan merasa terganggu dan mengakibatkan stress, salah satu dampaknya warna ikan menjadi kusam dan kurang menarik / pucat pasi.

2. Air Kurang Bersih

Kualitas air akuairum sangat mempengaruhi kehidupan ikan neon, salah satunya adalah mengganggu kesehatan sisik ikan.

Ada banyak faktor yang mengakibatkan air di dalam akuarium, mulai dari pemberian pakan secara berlebihan, air lama tidak diganti, dan lain sebagainya.


Untuk mengurangi kotornya akuarium, sebaiknya kamu menambahkan ikan yang bisa membersihkan lumut dan kotoran ikan, kamu bisa membacanya pada artikel ini.

3. Cahaya yang Berlebih

Meski cahaya akuairum dapat menambah keindahan di dalam akuarium, namun jika dinyalakan terus menerus secara berlebihan dapat mengganggu ikan.

Sebaiknya atur jadwal menyalakan dan mematikan lampu akuarium, serta untuk mengurangi efek radiasi lampu, disarankan untuk menambah tumbuhan air atau hiasan lainnya yang dapat digunakan untuk berlindung ikan.

4. Akuarium Terlalu Sempit

Ikan Neon Tetra merupakan ikan yang agresif, maka jika ditempatkan di akuarium yang kecil dan sempit akan mengganggu kehidupannya.

Terlebih ikan neon merupakan ikan hias yang suka hidup bergerombol dalam jumlah banyak, jadi sebenarnya dapat disimpulkan ikan neon tidak bisa hidup dalam akuarium kecil dan sempit.

Pastinya jika dipaksakan dapat mengakibatkan ikan stres dan memudarnya warna ikan karena merasa tidak nyaman berada di sana.

Baca Juga : Ikan Hias Kecil yang Suka Hidup Bergerombol

5. Pemberian Pakan yang Tidak Berkualitas

Ikan neon merupakan ikan yang cukup sensitif perihal makanan, apalagi mulut ikan ini kecil, jadi jangan memberikan makanan yang ukurannya besar.

Selain itu neon tetra juga pilih pilih dalam makanan, tidak semua jenis makanan mau dimakan olehnya.

Pemilihan makanan yang berkualitas dan disuka ikan adalah pilihan terbaik, jika kamu tidak ingin ikan sakit, salah satunya adalah sisik kusam / memudarnya warna sisik ikan.

Demikian artikel tentang Gejala Penyakit Warna Ikan Neon Tetra Pudar, semoga bisa bermanfaat dan mengantisipasi ikan kamu terkena masalah serupa.


Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.