Perbedaan Ikan Nemo Air Tawar dan Laut

Pasti kalian sudah sangat familiar dengan nama ikan hias yang satu ini, ya Ikan Nemo (Clownfish) atau yang lebih akrab disebut ikan badut.

Ikan ini memiliki corak dan warna yang begitu cantik, banyak sekali orang yang terpikat jika melihat keindahan ikan hias yang satu ini.

Dan mungkin kamu saat ini sedang berniat memelihara ikan nemo. Nah sebelum itu, ada baiknya kamu mengetahui perbedaan ikan nemo air tawar dan air laut.

Ikan badut air tawar atau dari hasil budidaya biasanya kemungkinan kematian ikan lebih kecil daripada ikan badut liar (ikan hias dari laut).

Di indonesia sendiri saat ini sudah banyak yang berhasil membudidayakan ikan hias yang cantik ini. Dan tentunya ikan nemo yang langsung didapatkan dari alam liar dengan ikan nemo yang diperoleh dari hasil budidaya memiliki perbedaan.

Dan pada kesempatan ini Suka Ikan akan membahasnya secara detail perbedaan fisik dan sifat diantara keduanya. Baiklah langsung ke topik pembahasan, berikut ini :

Perbedaan Antara Ikan Nemo Air Tawar dan Laut

Ikan Hias Nemo

1. Warna dan Pola Sisik Ikan

Ikan yang diperoleh dari alam liar biasanya memiliki warna yang lebih terang dan sisik yang bagus dan rapi.

Sedangkan ikan hasil pembudidayaan, biasanya warnanya juga bagus, namun tidak secerah ikan hasil tangkapan dari laut, bahkan terlihat kusam, namun seiring berjalannya waktu warnanya bisa cerah kembali, kamu bisa memberi makan ikan nemo dengan pakan yang berkualitas.

2. Tingkat Stres Ikan

Ikan clownfish hasil tangkapan liar lebih kebal dai penyakit, namun terkadang ikan dari tangkapan laut akan mengalami stres.

Karena harus melewati berbagai proses, mulai dari pengangkapan, pemilihan ikan hingga perjalanan pengiriman ikan ke para penjual ikan hias.

3. Tingkat Agresif Ikan

Biasanya ikan hasil penangkaran, memiliki tingkat agresif yang rendah, dan ikan yang diperoleh dari alam liar biasanya akan sangat agresif, hal ini karena di alamnya dia terbiasa hidup di alam terbuka dan tidak terbatas lingkup aquarium saja.

4. Umur Ikan

Jika kamu membeli ikan nemo di penagkaran atau ikan hasil pembudidayaan, kamu bisa yakin bahwa usia ikan masih mudah atau remaja.

Akan tetapi, jika kamu membeli ikan nemo yang didapatkan dari penangkapan di alam secara langsung, kita tidak mengetahui usianya.

Dan bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan ikan yang sudah tua. Dan tentu jika ingin mendapatkan ikan nemo yang umurnya masih panjang kamu bisa membeli ikan nemo air tawar atau hasil dari pembudidayaan, yang memang masih berusia muda.

5. Serangan Penyakit

Dari segi kekebalan tubuh, memang ikan nemo dari laut lebih kebal, karena dia hidup di alam bebas, namun meskipun begitu tidak menutup kemungkinan, ikan yang didapatkan dari alam tidak terjangkit penyakit.

Berbeda dengan ikan nemo yang didapatkan memang benar benar dari hasil pembudidayaan, yang sudah pasti sering dilakukan pengecekan kesehatan dan bisa lebih meyakinkan memang sang ikan tidak terkena penyakit.

6. Tingkat Kematian Ikan

Perlu digaris bawahi lagi, bahwa ikan badut dari hasil penangkapan di alam liar sudah melewati perjalanan yang cukup panjang.

Jadi tidak menutup kemungkinan karena proses perjalanan yang panjang tersebut membuat ikan menjadi stres dan kemungkinan setelah kamu pelihara ikan tersebut ikan tidak bisa bertahan lama.

Berbeda dengan ikan hasil penangkaran yang biasanya lebih adme ayem, dan biasanya jika akan dipelihara lagi jauh lebih mudah, karena ia sudah terbiasa hidup di air tawar.

Namun itu semua balik lagi ke kualitas ikan yang akan dibeli, sebaiknya kamu membeli ikan nemo di tempat yang terpercaya dan bisa memberikan ikan yang sehat.

Baca Juga : Harga Ikan Nemo

Nah demikian perbedaan antara ikan nemo air tawar dengan ikan nemo air laut, beserta kelebihan dan kekurangannya jika ingin memeliharanya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.