Ikan Hias Air Laut

Salah satu peliharaan favorit banyak orang adalah ikan hias, kebanyakan orang memilih peliharaan ini karena perawatannya yang tidak terlalu merepotkan, daripada memelihara binatang lain. Selain memelihara ikan hias air tawar, banyak juga orang yang tertarik untuk memelihara ikan hias air laut.

Namun untuk memelihara ikan hias laut, tak semudah memelihara ikan air tawar, ada banyak aspek yang harus diperhatikan.

Untuk pembahasan cara merawat ikan hias air laut, akan dibahas di artikel lain nantinya, untuk saat ini simak terlebih dahulu jenis jenis ikan hias air laut berikut ini :

Jenis Jenis Ikan Hias Air Laut

1. Ikan Nemo (Badut)

Ikan Nemo (Badut)

Pastinya kalian sudah tidak asing dengan ikan laut yang satu ini, ya ikan ini cukup populer karena kesuksesan film “Finding Nemo” animasi kartun dari Disney.

Di indonesia ikan ini lebih akrab disebut ikan badut, namun nama aslinya adalah ikan Clownfish. Saat ini harga ikan nemo sekitar Rp 25.000 per ekornya untuk ukuran sedang.

Baca Juga : Harga Ikan Nemo

2. Ikan Yellow Tang (Botana Kuning)

Ikan Yellow Tang (Botana Kuning)

Ikan hias yang satu ini memang sangat cantik dan tak heran banyak yang mencari jenis ikan ini.

Untuk harganya masih cukup tinggi, per ekornya ikan botana kuning biasanya dibanderol dengan harga sekitar Rp 50.000

3. Ikan Dottyback

Ikan Dottyback

Rekomendasi ikan hias selanjutnya adalah ikan Dotty Back (bicolor), ikan yang ukurannya kecil dan hanya memiliki 2 warna saja.

Warna ikan yang kontras tentunya akan menambah keindahan di dalam akuarium kamu. Sifat ikan ini bisa agresif, tergantung kondisi akuarium.

Untuk harganya masih bisa dibilang cukup murah jika dibandingkan dengan ikan lainnya, yaitu sekitar Rp 20.000 per ekornya.

4. Ikan Firefish

Ikan Firefish

Pilihan ikan hias air laut yang cantik selanjutnya adalah Ikan Firefish, ikan yang memiliki bentuk tubuh panjang dan kurus.

Warna tubuhnya merah terang, otanye dan atau magenta, membuat ikan ini sangat cantik untuk dijadikan penghias akuarium kamu.

Untuk harganya, meskipun ukurannya kecil harganya lumayang tinggi, sekitar 70.000 an per ekornya.

5. Ikan Podangan (Pomacentrus sp.)

Ikan Podangan (Pomacentrus sp.)

Ikan Hias kecil ini merupakan ikan laut tropis dan sangat cocok untuk menghiasi akuarium, terlebih ikan ini cukup mudah dipelihara.

Di indonesia ikan ini masih cukup sedikit peminatnya, dan untuk harganya sendiri tidak terlalu mahal kok, per ekornya hanya dijual sekitar Rp 15.000 saja.

6. Ikan Blue Tang (Botana Biru)

Ikan Blue Tang (Botana Biru)

Meskipun sejenis dengan Botana Kuning yang sudah disebut di atas tadi, namun harga ikan Botana Biru lebih mahal, per ekor nya dijual seharga Rp 100.000.

7. Ikan Dori

Ikan Hias Dori

Sama seperti ikan nemo, ikan Dori juga menjadi cukup populer di indonesia, karena adanya film animasi kartun yang dirilis Disney dengan judul “Finding Dory”.

Setelah populernya film animasi tersebut di indonesia permintaan ikan dori di indonesia meningkat. Dan saat ini harga ikan dori yang sudah cukup umur sekitar Rp 200.000 per ekornya.

8. Ikan Napoleon

Ikan Napoleon

Ikan laut ini saat ini sudah mulai langka, harga ikan napoleon hias juga lebih mahal daripada ikan napoleon konsumsi, karena nelayan harus bisa mengangkap ikan dalam keadaan hidup dan tanpa luka.

Bahkan harga ikan ini yang masih cukup kecil harganya bisa mencapai Rp 500.000, kira kira berapa kalau sudah dewasa?

9. Ikan Mandarin (Synchiropus Splendidus)

Ikan Mandarin (Synchiropus Splendidus)

Ikan hias air laut ini memanglah kecil, namun warnanya sangatlah indah, ikan ini sangat populer karena keindahan warna dan bentuk badannya.

Untuk harganya tidak terlalu mahal lah untuk mendapatkan keindahan ikan yang istimewa seperti ini, harganya hanya dibanderol sekitar Rp 35.000.

10. Ikan Keling Merah

Ikan Keling Merah

Ikan yang bentuknya cukup ini juga sangat cocok untuk dijadikan penghias akuarium kamu loh. Berbeda daripada ikan lainnya, tentunya akan membuat keunikan tersendiri di dalam akuarium kamu.

Untuk harganya sendiri juga tidak terlalu mahal, hanya dijual seitar Rp 35.000 saja untuk ukuran medium.

11. Ikan Bunglon Pasir

Ikan Bunglon Pasir

Ikan hias air laut ini selain cantik, ternyata juga rajin bersih bersih loh. Ya ikan ini termasuk ikan hias yang dapat membantu membersihkan akuarium kamu loh.

Untuk harganya sendiri ikan, masih sama dengan ikan lain, sekitar Rp 35.000 saja per ekornya.

Daftar Harga Ikan Hias Air Laut Berbagai Jenis

Jenis Ikan HiasHarga
Ikan Nemo (Badut)Rp 25.000
Ikan Yellow Tang (Botana Kuning)Rp 50.000
Ikan DottybackRp 20.000
Ikan FirefishRp 70.000
Ikan Podangan (Pomacentrus sp.)Rp 15.000
Ikan Blue Tang (Botana Biru)Rp 100.000
Ikan Hias DoriRp 200.000
Ikan NapoleonRp 500.000
Ikan Mandarin (Synchiropus Splendidus)Rp 35.000
Ikan Keling MerahRp 35.000
Ikan Bunglon PasirRp 35.000

Referensi Harga : Tokopedia.com dan situs terpercaya lainnnya.

Demikian artikel mengenai ikan hias air laut. Aapakah Kamu tertarik memeliharanya? Kira kira mana ikan yang ingin kamu pelihara?

Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.